Sunday, January 10, 2010

"It's the hunger. The hunger for an alternative, and the refusal to accept a life of unhappiness"

Little Children (2006)
Sarah Pierce (Kate Winslet) adalah seorang ibu rumah tangga yang kurang bisa bergaul dengan ibu-ibu rumah tangga lainnya dengan kehidupan rumah tangga yang hambar. Setiap hari nya, Sarah mengajak anak perempuannya ke taman bermain, bersama dengan ibu-ibu lainnya yang hobi bergosip dan mengamati Brad Adamson (Patrick Wilson), seorang stay-at-home dad. Dari perkenalannya, Brad yang jujur mengakui bahwa saat ini ia menganggur dan sudah gagal 2x dalam ujian menjadi pengacara nya, membuat Sarah merasa terpikat dengan Brad. Diketahui juga, istri Brad, Kathy (Jennifer Connely) adalah seorang pembuat dokumenter sukses dan lebih memperhatikan anaknya dibandingkan dengan Brad. Dari percakapan-percakapan biasa antara Sarah dan Brad, muncuk ketertarikan satu sama lain yang membawa mereka ke dalam affair.
Masih di daerah perumahan Brad dan Sarah, seorang napi pedofilia, Ronnie (Jackie Earle Haley) baru saja dikeluarkan dari penjara setelah hanya 2 tahun didekam disitu. Ronnie yang kembali ke rumah Ibu nya ditolak dan dikucilkan oleh warga sekitar yang khawatir akan membahayakan anak2 mereka. Teman Brad, Larry (Noah Emmerich) adalah orang yang paling menunjukkan keberatannya terhadap kembalinya Ronnie dengan terus mengawasinya 24/7, yang ternyata juga memiliki masa lalu yang kelam.

This review might contain spoilers
Awalnya sedikit ragu mau nonton film ini karena ceritanya yang gw anggep kayaknya ngebosenin. Yah ternyata memang sedikit ngebosenin sih di beberapa bagian hahaha Hubungan Sarah dan Brad dalam film ini diceritakan tidak dengan hitam dan putih. Jelas lah kalo perselingkuhan itu sama sekali bukan tindakan yang terpuji, walaupun dengan alasan yang 'logis' pun.
Film ini sangat kuat di bagian akting kalau menurut gw. Ceritanya yang mengalir cenderung lambat terobati dengan performa aktor-aktornya. Kate Winslet lagi-lagi bermain total disini. Selain penampilannya yang oke, Winslet gak ragu lagi memamerkan tubuh polosnya dan beradegan panas lagi. Salah satu scene stealer mungkin tokoh Ronnie dan Ibu nya yang dimainkan oleh Jackie Earle Haley dan Phyllis Somerville. Haley yang diganjar nominasi Oscar bermain dengan sangat baik disini.
Gw sebenernya gak terlalu mengerti apakah sebenarnya hubungan antara cerita Sarah-Brad dan Ronnie, selain memang mereka tinggal di daerah yang sama dan faktor 'anak-kecil' yang menghubungkan mereka. Apa yang gw tangkap dari film ini adalah; making choices. Dalam film ini Sarah menyadari bahwa ternyata ia memilih suami yang salah, yang menuntunnya ke kehidupan yang membosankan serta menjadi ibu yang kurang baik. Begitu juga dengan Brad, ia juga menyadari bahwa ia telah menghabiskan masa kuliahnya dalam suatu subjek yang ia kurang minati. Lalu juga dengan keputusan Larry terhadap Ronnie di akhir kisah. Seperti yang disebutkan di ending film ini; 'You couldn't change the past. But the future could be a different story. And it had to start somewhere' bahwa pilihan kita sekarang bakal berdampak buat kehidupan kita nanti.

Film ini memang sebuah film drama yang karakter2nya sedikit kompleks dan beralur lambat. Tapi permainan akting dalam film ini memang patut diacungi jempol. Walaupun judulnya berunsur Children, jangan salah mengira karena film ini sarat dengan mature contents yang lumayan banyak. Dari sebuah hubungan perselingkuhan yang memang sebenarnya tidak bisa dibenarkan juga, ternyata film ini memiliki pesan yang cukup bagus (berdasarkan apa yang gw tangkep sih).

(***1/2)

New Line Cinema
Cast: Kate Winslet,Patrick Wilson, Jennifer Connelly, Gregg Edelman, Noah Emmerich,, Jackie Earle Haley, Phyllis Somerville
Written by: Todd Field, Tom Perrotta
Directed by: Todd Field

No comments:

Post a Comment