Thursday, October 28, 2010

Review: 4 Months 3 Weeks and 2 Days (2007)

Plot: Romania, 1980an. Film ini bercerita tentang dua orang mahasiswi, Otilia (Anamaria Marinca) dan Gabita (Laura Vasiliu). Dua orang roommate tersebut hendak merencanakan satu hal yang mampu membahayakan keselamatan mereka: aborsi. Aborsi adalah hal yang sangat haram dilakukan, apalagi ketika masa kepemimpinan Komunis di Romania. Yang melakukan serta orang-orang yang membantu proses tersebut pasti akan terseret ke penjara. Diceritakan, Gabita yang tengah hamil meminta bantuan Otilia untuk turut mendampinginya dalam 'aktifitas' tersebut. Rencana yang terkesan matang dipikirkan nyatanya tidak berjalan semulus yang mereka harapkan.

Reviews: 4 Months 3 Weeks and 2 Days (selanjutnya lebih baik singat dengan 4 Months saja) adalah film peraih Palme D'Or atau Golden Palm, penghargaan tertinggi pada perhelatan Cannes Film Festival tahun 2007 lalu. Film ini ditulis dan disutradari oleh Cristian Mungiu. Rasanya sulit dibayangkan film yang minim dialog dan bertema -sangat- suram ini bisa memberikan suatu cinematic experience yang sangat poignant in a depressing way. But it did. Apa yang membuat film ini terasa sangat suram? Bisa dibilang naskah nya yang kuat. Minimnya dialog ditambah dialog-dialog awkward di awal film lalu berlanjut dengan adu mulut dan negosiasi dengan Mr. Bebe (orang yang mereka tugaskan untuk mengaborsi), sampai adegan-adegan akhir yang cukup menegangkan.

Mungkin yang menjadi suatu poin paling kuat dari 4 Months adalah akting yang sangat baik dari Marinca sebagai Otilia. Walaupun inti film ini adalah aborsi yang akan dilakukan oleh Gabita, Otilia lah yang difokuskan. Bagaimana ia, sebagai seorang teman, ikut membantu dan mengorbankan nyawa, waktu, pikiran (even her body) agar aborsi tersebut berhasil. Sempet muncul pertanyaan besar; mengapa Otilia sangat amat eager membantu Gabita? Ada hutang apakah Otilia terhadap Gabita sampai-sampai ia harus rela meminjam uang dan berbohong kepada pacarnya? Dialog outburst dengan kekasihnya lah yang mengungapkan alasannya mengapa. Suatu alasan yang sepertinya benar2 menohok dan relevan mengingat keadaan negaranya pada saat itu.

Melanjutkan poin diatas, permainan karakter Otilia yang dimainkan dengan sangat baik 'membantu' penonton juga ikut merasakan gelisah. Dari ketika terjadi suatu konflik kecil dengan Mr. Bebe (orang yang mereka tugaskan untuk mengaborsi) sampai ketika ia terpaksa harus meninggalkan Gabita untuk mengikuti ulang tahun ibu pacarnya. Gerak-gerik dan tingkah lagu Otilia pada saat pesta tersebut yang gundah gulana terasa sangat nyata, membuat gw juga ikutan khawatir. Kalau jadi dia sih, gw juga gak bakalan konsen sama apa yang ada disekeliling gw. Selain Otilia, karakter lain juga bermain dengan cukup baik. Benar-benar ingin meninju Mr. Bebe atas tingkah bejatnya ketika niat aslinya mulai terbuka. Apakah memang itu rencananya dari awal, gak tau juga sih.

Seperti yang gw bilang, film ini bertema cukup gloomy, tentu saja warna-warna yang dipakai sangat gelap. Setting yang dipakai juga bisa dibilang hanya disitu-situ saja. Student hostel dengan atmosfir suram dan hotel yang juga ikut-ikutan suram (mostly because of the dialogues). Ada satu hal yang sempat menarik perhatian gw dari film ini. Beberapa shot-shot identik dimana karakter Otilia digambarkan berdiri (atau berjalan menjauh) di sisi kiri kamera yang sempat ditampilkan dalam adegan-adegan yang berbeda. Mungkin artinya adalah tentang rasa kesendirian dan ketakutan yang dirasakan oleh Otilia (sotoy.com) atau ada maksud lain ya? Hahaha

Well, sebagai sebuah tontonan, 4 Months jelas bukan untuk konsumsi semua orang. Menghibur? Depends. Bagi gw ini adalah film yang cukup ditonton sekali saja. It doesn't mean it's no good, it's really great actually, with the whole great story and amazing acting, film ini memang pantas dipuji. Dapat dikatakan Mungiu benar-benar berhasil membuat sebuah film yang sangat nyata dan real impactnya. Tapi hmmm cukup ditonton sekali aja buat gw film-film depresif seperti ini hahaha

(****)

Mobra Films
Language: Romanian
Cast: Anamaria Marinca, Laura Vasiliu, Vlad Ivanov, Alexandru Potocean, Ion Sapdaru
Written & Directed by: Cristian Mungiu

1 comment:

  1. Wah, film Romania ini salah satu film favoritku dekade lalu. :)
    Film Romania terakhir yang kutonton, "Eu cand freau sa fluier, fluier," juga keren sangat.

    ReplyDelete