Sunday, May 13, 2012

Vampibots Annual List 2011: Top 10 Film Shots

Well, it's better late than never. Ini adalah salah satu list yang sebenarnya termasuk dalam rangkaian Vampibots Annual List 2011. Sebenarnya sudah saya persiapkan sejak lama, tetapi berhubung belum tersedianya file gambar yang high definition, sulit bagi saya untuk membagi opini tentang shot-shot dalam film yang menurut saya meninggalkan kesan yang begitu mendalam #eaaa If you haven't known already, post ini terinspirasi oleh Kris Tapley dari blog In Contention, yang setiap tahunnya juga mengeluarkan Top 10 Shots versi nya sendiri. Berikut adalah shot-shot yang menurut saya begitu memorable dari film-film tahun 2011.

And before you comment, I know and I'm sure that I've missed a lot of great images from so many movies. Saya pikir saya hanya bisa mendapatkan sedikit saja gambar-gambar yang saya anggap memiliki kesan tersendiri tersebut, eh ternyata saya terpaksa harus menyingkirkan beberapa shot pilihan dari film-film seperti THE GIRL WITH THE DRAGON TATTOO, WAR HORSE, HUGO, MELANCHOLIA, MARTHA MARCY MAY MARLENE, RISE OF THE PLANET OF THE APES, TAKE SHELTER dan tentunya masih BANYAK lagi. Seperti Kris Tapley, saya memilih shot-shot ini bukan hanya dari segi artistik saja (based on my average taste :p), tetapi juga tentang bagaimana shot dalam scene tersebut dibangun serta 'cerita' dibalik shot tersebut. Tetapi unlike Kris, saya bukan lah seorang profesional dalam bidang technical, composition, dll. Saya hanya merasa shot-shot di bawah ini meninggalkan bekas yang membuat saya memikirkannya bahkan lama setelah selesai menonton. The whole scene from the shot is not really the factor, walaupun ada beberapa yang juga mempengaruhi. PS: beberapa gambar mungkin belum dalam kualitas yang benar-benar jernih, jadi, bear with me if some of them are not that clear :) So without further ado, here they are....


#10
Taken from MONEYBALL
Cinematography by Wally Pfister

Pilihan ini sebenarnya lebih ke arah fotografi nya sih. Warna kontras lapangan baseball berwarna hijau dan sebuah sosok kecil di dalamnya. Entah mengapa saya menangkap kesendirian yang dialami oleh Billy Beane (Brad Pitt) dalam gambar ini. Kesendirian yang ia rasakan dalam pekerjaannya maupun dalam social life. Gorgeous.



#9
Taken from THE ARTIST
Cinematography by Guillaume Schiffman

Setelah tahu bahwa karirnya sebagai aktor hancur, Guy Valentin (Jean Dujardin) tanpa sengaja melihat dan membayangkan dirinya dalam balutan sebuah tuksedo lengkap yang terpajang di sebuah etalase toko. Guy seakan seperti bertemu sebuah mesin waktu yang membawanya ke era keemasannya.



#8 
 Taken from BULLHEAD (RUNDSKOP)
Cinematography by Nicolas Karakatsanis

There's a reason why this picture is used as one of the film's poster. Sebelum kita menonton, dan bahkan sebelum kita tahu apa yang menimpa Jacky (Matthias Schoenaerts) ketika ia kecil, kita mungkin akan menyangka bahwa ini hanya sebuah adegan work-out biasa. Tetapi setelah kita mengetahui dan mengenal dirinya lebih dalam, saya melihat adegan dan shot ini menjadi sebuah shot yang heartbreaking karena saya melihat ketangguhan sekaligus sisi rapuh dari dirinya.



#7
Taken from THE TREE OF LIFE
Cinematography by Emmanuel Lubezki

This film has lots and lots of beautiful and striking images. Itu yang membuat susah untuk memilih satu saja. Banyak shot yang begitu memorable bagi saya, tetapi mungkin yang satu ini yang paling berkesan. Setiap shot seolah memiliki maksud tersembunyi yang diselipkan oleh Malick. Begitu banyak yang saya bisa tangkap (secara amatir) dari gambar ini. Sesuai atau tidaknya dengan persepsi Malick, sepertinya bukan masalah. Toh Tree of Life memang film dengan multitafsir yang berbeda-beda ke setiap orang yang menontonnya.



#6
Taken from MISSION: IMPOSSIBLE - GHOST PROTOCOL
Cinematography by Robert Elswit

Disini Ethan Hunt (Tom Cruise) harus berhadapan dengan another impossible mission; memanjat Burj Khalifa tanpa tali. Dengan hanya menggunakan sepasang sarung tangan canggih, Hunt pun mulai merayap. And this is the start of one of the most exciting action sequences of 2011.



#5
Taken from DRIVE
Cinematography by Newton Thomas Sigel

So this one's probably the most romantic out of my selections. Dalam sebuah scene dalam lift yang begitu mencampuradukkan emosi ini memperlihatkan perpindahan dari sebuah suasana romantis menjadi brutal. Coba bayangkan apa yang ada di dalam pikiran si Driver (Ryan Gosling) dalam shot ini; the affection he felt towards Irene (Carey Mulligan), the urge to protect her & her son, the 'feeling' that he hasn't felt for a long time, and how the hell he's gonna beat the sh*t out of that hitman standing next to them.



#4
  Taken from THE DESCENDANTS
Cinematography by Phedon Papamichael

Alex (Shailene Woodley) thinks and acts like a bad girl. Setidaknya dari caranya berhadapan dengan sang ayah (George Clooney). Ketika mendapatkan kabar menyedihkan tentang ibu nya, ia kemudian 'bersembunyi' dan melampiaskan emosi nya di dalam kolam renang. Seperti sebuah private moment yang ia butuhkan untuk menunjukkan sisi vulnerable yang jarang ia perlihatkan kepada ayahnya.


#3
Taken from THE IDES OF MARCH
Cinematography by Phedon Papamichael

Satu-satunya shot saya yang juga berada pada shot pilihan milik Kris Tapley. Tapley sepertinya sudah menjelaskan shot ini dengan sangat baik. Dan saya setuju. Gambar di atas sepertinya menyimbolkan filmnya sendiri, tentang dunia dibalik sebuah kampanye politik. Di batasi oleh sebuah bendera Amerika, senator Mike Morris (George Clooney) sedang memberikan pidato kampanye. Di sisi lain, dua orang di balik semua game plan sang senator sedang beradu argumentasi.



#2
Taken from TINKER TAILOR SOLDIER SPY
Cinematography by Hoyte van Hoytema

Dalam shot ini kita akan melihat 'calon' pertemuan dari dua orang mata-mata yang sudah  memiliki 'nama' dan prestasi yang cukup 'gemilang' di ranah profesinya. Dengan suasana yang begitu sunyi, Smiley (Gary Oldman), senior spy yang telah pensiun sudah merasakan adanya tamu tak diundang di dalam rumahnya. Ia sepertinya sudah merasakan kehadiran Ricki Tarr (Tom Hardy) yang juga dengan berhati-hati bergerak di belakangnya. Teliti, sensitif dan tanpa suara, begitu lah kerja mata-mata.



#1
Taken from SHERLOCK HOLMES: A GAME OF SHADOWS
Cinematography by Philippe Rousselot

Sebagai sebuah film, Game of Shadows itu bukan film yang bagus-bagus banget, cenderung mengecewakan malah. Tetapi ada satu scene --shot, to be exact-- yang sampai sekarang pun masih terus terbayang-bayang (lebay dikit). It's not really that 'artistic', dan kalau dilihat sekilas tidak begitu spesial. Tetapi ada atmosfir unsettling dan disturbing yang saya tangkap ketika melihat shot ini di layar lebar --dan layar laptop. Dalam shot ini, kita melihat Sherlock Holmes (Robert Downey, Jr) yang helpless setelah dirinya digantungkan oleh pengait yang (ditusuk dan) dikaitkan pada tubuhnya. Di belakangnya, kita melihat Moriarty (Jared Harris), the evil mastermind, memandang dirinya sendiri di kaca sambil bernyanyi. Dari shot tersebut, saya dapat melihat gambaran personality seorang Moriarty, yang notabene 'musuh terbesar' Holmes; narcissistic, sadism dan sedikit psycho


So finally, salah satu List yang saya telah siapkan dari sejak lama ini di-post juga. Agree with my choices? Or not? Silahkan komentarnya :)

8 comments:

  1. saya suka banget sama shotnya ides of march sama the tree of life .tapi memng benar the tree of life begitu banyak shot shot yang memorable salah satunya yang ada di blog ini punya sisi mediatif yang begitu dalam

    ReplyDelete
  2. @rizal: iya, scene Ides of March tuh udah langsung suka pas pertama kali liat :) Tree of Life terpaksa bgt harus cuman milih 1, padahal masih banyak yg juga bagus

    @Djaffri: it's really romantic-turned-brutal-wtf hahaha

    ReplyDelete
  3. sebenernya yg gw bingung kenapa scene di lift pas film drive paling bnyk divote orang yah, hehe, soalnya bg gw yg plg memorable disitu bukan ciumannya tapi nginjek kepalanya, hehe... tapi gw hampir setuju ma sebagian list diatas, cuma yang nomor 1 bener2 sangat tidak terduga sama gw, hehe... :D

    ReplyDelete
  4. wWah, ngumpulin scene-nya itu gmana bro? DVD ya? Film gw nggak ada nich... :(

    :D

    ReplyDelete
  5. @zerosumo: hehe yg bagian 'nginjek'nya jg memorable sih haha tapi saya lebih ngerasa shot pas si Driver nyium Irene itu ngena banget. Soalnya di adegan itu saya nangkep bahwa di si Driver itu pasti lagi punya banyak emosi yang dia rasain, antara mau mengekspresikan perasaan ke Irene sama gimana cara di 'ngehabisin' sang hitman :)

    @MRP: screencaps dari file download :)

    ReplyDelete