Wednesday, March 5, 2014

5th VAMPIBOTS ANNUAL LIST: 20 Most Anticipated Films in 2014

Happy New Movie Year!! Setelah lepas dari awards season yang melelahkan beberapa bulan kemarin, saatnya 'benar-benar' menyambut tahun 2014 yang tentunya memiliki pilihan-pilihan film yang tak kalah menariknya dari tahun 2013 berikan. First of all, dari 13 film yang saya nantikan tahun kemarin, saya berhasil menonton setidaknya 12 film yang ada. Satu film diundur penayangannya, 4 film berhasil masuk ke dalam Top 20 versi saya, sebagian lain cukup memuaskan dan ada pula yang mengecewakan. Tahun ini saya sepertinya sulit untuk memilih hanya 14 saja (maksudnya biar pas dengan tahun 2014 #cheesy, I know), maka saya membulatkan jumlahnya menjadi 20. Here they are....

There are TONS of other films I might have missed and overlooked here. Film-film yang saya pilih di bawah adalah film-film yang saya PALING nantikan kehadirannya di tahun ini. Walaupun sebenarnya jumlah film yang saya nantikan mungkin lebih dari 100, seperti dalam artikel The Playlist ini (but nobody got time for dat). Film-film 2013 yang dirilis luas belakangan atau diundur seperti THE WIND RISES, LIKE FATHER LIKE SON, THE MONUMENTS MEN, atau film yang sudah saya tonton seperti THE LEGO MOVIE harus saya exclude dalam list ini. Again, there are soooooooo many films that I'd include into my list, but I only have 20 spots. Jadi silahkan yang ingin menambahkan film-film yang dinanti, comments away!

Here are the top 20, in alphabetical order.......

ANIMAL RESCUE (Michaël R. Roskam) | TBD | Yang menarik perhatian saya terhadap film ini pertama-tama Animal Rescue adalah adaptasi dari cerita karya Dennis Lehane. You don't know him? Tapi pasti tahu Mystic River, Shutter Island hingga Gone Baby Gone yang ditulis olehnya kan? All of them turned out to be amazing films. Dan kisah crime drama tentang seorang pemilik bar yang tanpa sengaja menolong seekor anjing milik seorang gangster ini akan diangkat oleh Roskam, sutradara film Belgia, Bullhead, yang juga menjadi salah satu film favorit saya di tahun 2011 kemarin. Ditambah lagi dengan cast Tom Hardy, Noomi Rapace serta mendiang James Gandolfini, membuat film ini benar-benar saya nantikan.

BIG HERO 6 (Don Hall & Chris Williams) | November 7 | Dengan one-two punch lewat Wreck-It Ralph dan Frozen dalam dua tahun belakangan, rasanya Disney sudah siap mengambil alih kembali kejayaannya di dunia perfilman animasi, setelah selalu di bawah bayang-bayang Pixar. Diadaptasi dari miniseries milik Marvel (after Disney bought it a few years ago), Big Hero 6 akan bercerita tentang grup superhero yang tinggal di sebuah alternate universe kota hybrid San Fransokyo. Belum dibeberkan secara resmi siapa saja yang menjadi pengisi suara, but the first teaser footage is enough to get me pumped up.  

BIRDMAN (Alejandro González Iñárritu) | TBD | Tahun 2013 kemarin kita melihat sutradara Latino berjaya di box office dan awards season, apakah tahun ini sang rekan satu rumpun juga akan mengulang sukses? Iñárritu kita kenal sebagai sutradara dengan film-film berat dan bleak (Amorres Perros? 21 Grams? Babel?), jadi agak cukup kaget juga ia ingin mengambil ranah komedi di film terbarunya ini. Dengan jajaran cast yang impresif (Michael Keaton, Naomi Watts, Emma Stone, Zach Galifianakis, Edward Norton, among others), Birdman akan bercerita tentang seorang aktor film action yang pamornya tengah redup berusaha untuk tampil di Broadway.

BOYHOOD (Richard Linklater) | TBD | Film ini sudah berhasil memberikan penghargaan Best Director buat Linklater di Sundance Film Festival awal tahun 2014. Bagaimana tidak, ketika kita tahu Linklater membuat film ini dalam jangka waktu 12 tahun lamanya. Rentang waktu tersebut juga menjadi inti cerita film ini: tentang tumbuh kembang seorang anak (Ellar Simon) dan keluarganya (Ethan Hawke dan Patricia Arquette) dalam waktu 12 tahun pula. Talking about ambitious. Dengan 'gimmick' tersebut, rasanya Boyhood amat sangat pantas untuk ditunggu.

CHILD 44 (Daniel Espinosa) | TBD | Awalnya, saya hanya menunggu film ini karena faktor Gary Oldman semata, walaupun sepertinya ia hanya pemeran pendukung. Melihat cast lainnya, ternyata cukup menarik juga: Tom Hardy, Noomi Rapace, Joel Kinnaman, Vincent Cassel, Paddy Considine. Film ini di-setting pada zaman Uni Soviet masih berdiri dan dipimpin oleh Stalin, seorang agen berusaha untuk mencari pembunuh berantai yang memburu anak kecil. The Playlist menyebut source material dalam film ini layaknya Chinatown bertemu dengan Zodiac. How exciting! 

DAWN OF THE PLANET OF THE APES (Matt Reeves) | July 11 | Rise of the Planet of the Apes adalah salah satu kejutan manis di tahun 2011, bahkan sempat masuk ke dalam Top 20 saya di tahun tersebut. So it's a no-brainer pick. Walaupun kehilangan sutradara Rupert Wyatt, tetapi Matt Reeves (Cloverfield, Let Me In) sepertinya memiliki prospek menjanjikan dalam menghasilkan sekuel yang tak kalah baik dari predecessor-nya (judging by the trailer anyway). Lalu absennya James Franco (thank God), juga tergantikan dengan Jason Clarke, Gary Oldman (!!) dan Keri Russell. So far, so promising.

THE DISAPPEARANCE OF ELEANOR RIGBY (Ned Benson) | TBD | Salah satu faktor penarik film yang dibintangi Jessica Chastain dan James McAvoy ini adalah dimana film ini memiliki 2 versi point of view tentang hilangnya sang titular character, dilihat dari karakter Eleanor serta suaminya. Kedua film memiliki masing-masing durasi 90 menit dan sampai sekarang masih belum jelas bagaimana Weinstein Company akan mendistribusikan film ini. Apakah dipisah dan masing-masing menjadi stand-alone piece, atau digabung dengan durasi hampir 3 jam, atau diedit dan dicampur aduk menjadi selang-seling di dalamnya. It's a great and risky move. But an intriguing one indeed. And how many of you have missed the prescence of Jessica Chastain on screen? *raises hand*

FOXCATCHER (Bennett Miller) | TBD | Track record Bennett Miller dengan Oscar sudah 2/2, dengan Capote dan Moneyball (the only 2 feature films he ever directed) berhasil meraih nominasi Best Picture. Apakah ia akan meneruskannya dengan Foxcatcher? Ketika ia berhasil memberikan Oscar kepada Phillip Seymour Hoffman serta nominasi kepada Brad Pitt dan Jonah Hill, Foxcatcher juga menjadi ajang pembuktian apakah Steve Carrell akan masuk ke jajaran prestis nomine Oscar mendatang. Carrell berperan sebagai John du Pont, seorang milyuner yang berteman dengan duo wrestler bersaudara (Channing Tatum & Mark Ruffallo). 

GODZILLA (Gareth Edwards) | May 16 | Godzilla (1998) was a big mess. Saya masih ingat betapa besarnya hype untuk film ini dulu ketika saya masih SD, lots of my friends had a godzilla backpack (lol). Salah satu yang membuat saya sangat excited dengan remake tahun 2014 ini adalah bahwa setidaknya film ini tidak mungkin lebih jelek daripada versi Emmerich. Somehow, saya sangat optimis dengan hal itu. Plus, lihat jajaran cast-nya yang cukup menjanjikan. Ada up-and-newcomer muda macam Aaron Taylor-Johnson (Kick-Ass) dan Elizabeth Olsen, beloved actor seperti Bryan Cranston hingga Oscar-nominees David Strathairn, Ken Watanabe, Juliette Binoche, hingga Sally Hawkins. And God, that trailer looks badass. 

GONE GIRL (David freakin Fincher) | October 3 | Why did I put this film into the list? Like you feel the need to ask??? It's a David Fincher film!! Diangkat dari novel laris karya Gillian Flynn (yea I'm currently reading it, tapi gak selesai-selesai somehow...), Gone Girl, seperti judulnya, bercerita tentang sebuah kasus hilangnya istri dari seorang penulis. Kalau yang sudah baca novelnya, mungkin agak khawatir dengan bagaimana Fincher menerjahkan 2 struktur storyline yang muncul di novel, so I'm more excited! Dengan jajaran cast yang cukup beragam, seperti Ben Affleck, Rosamund Pike, Neil Patrick Harris (?) dan Tyler Perry (???), hadirnya Fincher di kursi sutradara membuat rasa penasaran saya terhadap film ini sangat lah tinggi. Fight Club, Se7en dan The Social Network termasuk ke dalam all-time favorite films saya. Walaupun adaptasi The Girl with the Dragon Tattoo di tahun 2011 kemarin agak cukup underwhelming, Fincher tetap menjadi sutradara yang karya-karyanya SELALU saya nantikan.

THE GRAND BUDAPEST HOTEL (Wes Anderson) | March 7 | Wes Anderson makes the most charmingly eclectic films in history. Rushmore, Fantastic Mr. Fox, Moonrise Kingdom hanya segelintir contoh film-filmnya yang quirky. Dan sepertinya ciri khasnya tersebut akan kita kembali saksikan dalam The Grand Budapest Hotel. Bercerita tentang kehidupan di sebuah hotel legendaris, tentang seorang lobby boy yang berteman dengan concierge di tengah-tengah kasus pembunuhan yang terjadi di tempat tersebut. That ensemble cast (Ralph Fiennes, Bill Murray, Jason Schwartzman, Edward Norton, Tilda Swinton and Owen Wilson, Saoirse Ronan, Jude Law, Lea Seydoux, Mathieu Amalric, F. Murray Abraham) is to die for!

HOW TO TRAIN YOUR DRAGON 2 (Dean DeBlois) | June 13 | Jikalau saja, film pertama How to Train Your Dragon tidak dirilis di tahun yang bersamaan dengan Toy Story 3, pasti film tersebut tidak jatuh dibayang-bayang Woody dkk. Karena bagi saya, HTTYD adalah animasi terbaik dari DreamWorks. And that score is just amazing. Berbeda dengan franchise Shrek yang rasanya jelas sekali ingin memeras keuntungan, sekuel HTTYD ini dirilis hampir 4 tahun setelah film pertama. Hal ini memberikan saya harapan bahwa setidaknya sekuelnya telah dipersiapkan matang-matang. Can't wait!

THE IMITATION GAME (Morten Tyldum) | TBD | Tyldum mungkin tidak begitu dikenal awam, tetapi filmnya thrillernya, Headhunters, sempat masuk ke dalam film favorit saya di tahun 2012 kemarin. Film ini adalah film biopik dari seorang ahli matematika legendaris bernama Alan Turing di masa Perang Dunia II. Naskah gubahan Graham Moore ini berhasil menduduki peringkat pertama The Black List di tahun 2011. Dengan dibintangi oleh Benedict Cumberbatch sebagai Turing, ditemani pula oleh Keira Knightley dan Matthew Goode, membuat saya berharap bahwa Imitation Game pada akhirnya menjadi apa yang diinginkan oleh The Fifth Element yang flop tersebut. 

INTERSTELLAR (Christopher Nolan) | November 7 | Siapa yang tak kenal sutradara ini? Bisa dibilang Nolan adalah sutradara ter-populer dan ter-mainstream, yang tetap mampu menarik perhatin para kritikus. Lewat trilogi Batman dan Inception, Nolan membuktikan bahwa film summer tak mesti 'kosong'. Dan seperti tradisi film-filmnya, film terbarunya, Interstellar, pun ditutup rapat-rapat hingga kini. Secuil sinopsinya pun rasanya tidak begitu banyak membantu, tentang fenomena wormhole yang membuka jalan ke dimensi yang lain. Matthew McConaughey kembali membentangkan sayap McCoinassance nya disini, ditemani oleh Jessica Chastain, Casey Affleck, David Oyelowo, Ellen Burstyn, Topher Grace, dll. Let's see whether Nolan will bring us another mind-bendingly awesome film again or not.

INHERENT VICE (Paul Thomas Anderson) | December 12 | Ini menjadi film kedua dalam list ini dimana sebuah kisah misteri/detektif yang disutradarai oleh salah satu sutradara terbaik di jamannya (the other one was Gone Girl). Anderson (let's call him PTA from here) is one hell of a director. There Will Be Blood, Boogie Nights, Magnolia, Punch-Drunk Love semua memiliki cerita yang beragam, tetapi secara sekilas, kita tahu bahwa film itu adalah film PTA. He's just got his own distinctively cool style. Inherent Vice diangkat dari novel karya Thomas Pynchon yang bercerita tentang detektif yang hobi menghisap ganja bernama Larry 'Doc' Sportello (Joaquin Phoenix) yang sedang menginvestigasi kasus hilangnya mantan pacarnya. Dari info yang saya dengar, novelnya cenderung bergenre komedi. Penasaran dengan twist yang akan dibawa oleh PTA disini.

MIDNIGHT SPECIAL (Jeff Nichols) | Fall | Lewat Take Shelter dan Mud, Nichols telah berhasil membuktikan kepada saya bahwa ia adalah salah satu sutradara menjanjikan di generasinya. Michael Shannon pun, yang hadir di dua film tersebut hadir kembali dalam film yang digosipkan sebagai film sci-fi ini. Berceria tentang sepasang ayah dan anak yang dikejar-kejar oleh pemerintah ketika mereka menyadari bahwa sang anak ternyata memiliki kekuatan supernatural. Bintang yang juga hadir meliputi Joel Edgerton, Kirsten Dunst dan Adam Driver. Setelah coming-of-age yang manis dalam Mud, saya tentunya penasaran apakah Nichols akan memberikan rasa father-son bonding yang tak kalah sweet pula dalam film ini?

NOAH (Darren Aronofsky) | March 28 | Kalau boleh jujur, sebenarnya trailer yang telah dikeluarkan untuk mempromosikan film ini terasa agak mengecewakan bagi saya. Tetapi dengan nama Aronofsky di dalam adaptasi kisah biblical nabi Nuh dan bahteranya ini, serta jajaran cast macam Russell Crowe, Jennifer Connely, Emma Watson dan Logan Lerman, saya masih tetap menanti-nantikan apa yang akan diberikan oleh sutradara Black Swan ini. Apakah nantinya menjadi se-sukses film balerina tersebut atau jatuh ke divisive judgment a la The Fountain? Let's see in a few weeks, eh?

TWO DAYS, ONE NIGHT (Dardenne Brothers) | Spring | To be honest, saya memang belum menyaksikan semua film-film karya Jean-Pierre dan Luc Dardenne. Tetapi lewat The Kid with a Bike, saya benar-benar jatuh cinta dengan gaya penyutradaraan duo sutradara langganan Cannes ini. Kali ini, the Dardennes menggaet Marion Cotillard dalam sebuah drama dimana seorang istri dibantu suaminya mencari rekan-rekan mereka yang rela mengorbankan bonus pekerjaan mereka agar sang istri ini tidak kehilangan pekerjaannya. 

UNBROKEN (Angelina Jolie) | December 25 | I actually just found out about this film a few weeks ago. Bercerita tentang kejadian nyata seorang atlit olimpiade yang tertangkap oleh tentara Jepang pada masa Perang Dunia II. Walaupun dibintangi oleh pendatang baru Jack O'Connell, film ini di-backing oleh nama-nama besar macam Roger Deakins untuk sinematografi; William Nicholson, Richard Lagravanese dan Coen Brothers untuk dalam penulisan skrip; Alexandre Desplat yang menulis score-nya; dan oh, satu lagi: Angelina Jolie di kursi sutradara. 

VERONICA MARS (Rob Thomas) | March 14 | Let's put aside Fincher's, PTA's, and Nolan's films for a while. Veronica Mars is my *most* anticipated film of the year. I don't even know the plot by the way, tetapi saya sudah menantikan film adaptasi salah satu serial TV favorit saya ini sejak tayangan ini dibatalkan setelah mengudara hanya 3 season saja. Veronica Mars, the tv series, bercerita tentang seorang murid SMA (Kristen Bell) yang juga anak seorang polisi, menguak kebenaran kematian dari sang sahabat. And along the way, juga turut menjadi seorang detektif yang menginvestigasi berbagai macam crime di lingkungan sekolah dan kotanya. It's basically Buffy: The Detective. And it's amazing. Agak skeptis sebenarnya dengan adaptasi ini (looking at you, Arrested Development), but the amount of happiness to see the Neptunes gang back again exceeds my doubts. So that's that.

Other noteworthy titles: UNTITLED CAMERON CROWE HAWAII PROJECT (Cameron Crowe / Bradley Cooper, Rachel McAdams, Bill Murray, Emma Stone), THE DOUBLE (Richard Ayoade / Jesse Eisenberg, Mia Wasikowska), WHILE WE'RE YOUNG (Noah Baumbach / Ben Stiller, Naomi Watts, Adam Driver, Amanda Seyfried), NYMPHOMANIAC (Lars von Trier / Charlotte Gainsbourg, Stellan Skarsgard, Shia LaBoeuf, Uma Thurman),  KNIGHT OF CUPS (Terrence Malick), ANIMAL RESCUE (Michaël R. Roskam /  Tom Hardy, Noomi Rapace, Matthias Schoenaerts), INTO THE WOODS (Rob Marshall / Meryl Streep, Anna Kendrick, Johnny Depp), CAROL (Todd Haynes / Cate Blanchett, Rooney Mara), FAR FROM THE MADDING CROWD (Thomas Vinterberg / Carey Mulligan, Michael Sheen, Matthias Schoenaerts), THE LOBSTER (Yorgos Lanthimos / Jason Clarke, Lea Seydoux, Ben Wishaw), A MOST WANTED MAN (Anton Corbijn / Phillips Seymour Hoffman, Rachel McAdams, Willem Dafoe), ST. VINCENT DE VAN NUYS (Theodore Melfi / Bill Muray, Naomi Watts, Melissa McCarthy), TRANSCENDENCE (Wally Pfister / Johnny Depp, Kate Mara, Morgan Freeman), UNDER THE SKIN (Jonathan Glaxer / Scarlett Johansson), THE HUNGER GAMES: MOCKINGJAY PART 1 (Francis Lawrence / Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson), SILS MARIA (Olivier Assayas /  Juliette Binoche, Chloe Moretz, Kristen Stewart, Daniel Bruhl), THE RAID 2 BERANDAL (Gareth Evans), THE HOBBIT: THERE AND BACK AGAIN (Peter Jackson), X-MEN: DAYS OF FUTURE PAST (Bryan Singer),  MEN, WOMEN, AND CHILDREN (Jason Reitman), SERENA (Susanne Bier) + and the list goes on and on and onnn.......... and seriously I must have missed some titles.

So that's it. That's a wrap! Terima kasih bagi siapa saja yang sudah mengunjungi, membaca, dan berbagi komen dalam post-post 5th Vampibots Annual List. I can't thank you guys enough. It's been an amazing year for films (let's be real, every year is amazing). Semoga di tahun 2014, kualitas film semakin meningkat dan tingkat kepuasan juga makin terpenuhi. I have an important news I'd like to share to you in a couple days/weeks. But for now.... that's all folks!!

6 comments:

  1. Nice list! Btw saya notice dua hal:

    1. Animal Rescue disebut dua kali (masuk list top 20, dan diulang pula di "other noteworthy titles")
    2. The Fifth Element yang disebut di akhir penjelasan The Imitation Game mungkin maksudnya "The Fifth Estate" kali ya? Filmnya si Cumberbatch?

    Hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh terima kasih banyak koreksinyaaaa :) *malu* nanti saya ganti kalo sempet hehe

      Delete
  2. Sin City 2: A Dame To Kill by Robert Rodruguez? Only Lovers Left Alive by Jim Jarmusch?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya gak begitu nungguin 2 film itu sih.. mungkin Only Lovers Left Alive, tapi Sin City was not my cuppa tea. Let's see, mungkin sekuelnya bagus :)

      Delete
  3. Wah banyak juga ya listnya!! Sampay saat ini saya cuma nungguin Dawn of Planet of The Apes sama Transcendence.

    ReplyDelete
  4. Agak miris juga gone girl ditunggu karna cuma ada nama David Fincher ;p tapi bener sih

    ReplyDelete