Saturday, February 28, 2015

6th VAMPIBOTS ANNUAL LIST — Best Female Performances

Setelah sedikit terbengkalai dikarenakan banyaknya tugas saya yang menumpuk, akhirnya bisa melanjutkan Annual List ini. Kali ini giliran para wanita yang memberikan penampilan-penampilan terbaik di tahun 2014 lalu.


SUPPORTING ROLES
Runner-ups: Emily Blunt as Rita Vrataski EDGE OF TOMORROW, Kim Dickens as Detective Rhonda Boney in GONE GIRLRene Russo as Nina in NIGHTCRAWLER, Uma Thurman as Mrs. H in NYMPHOMANIAC VOL.1, Mia Wasikowska Ava in ONLY LOVERS LEFT ALIVE.

#5 — Naomi Watts as Lesley in BIRDMAN
Emma Stone mungkin berhasil meraih nominasi Oscar, tetapi bagi saya Watts, yang memerankan seorang aktris yang tak kalah 'desperate'-nya dengan Keaton's Thomson yang berhasil mencuri perhatian saya.


#4 — Jessica Chastain as Anna Morales in A MOST VIOLENT YEAR
One of best femme fatale characters last year. Nuff said. And damn she's so smoking hot in here.


#3 — Agata Kulesza as Wanda Gruz in IDA
Dengan eksterior yang terkesan liar dan keras, tak menyangka bahwa karakter ini ternyata memiliki rahasia yang menyedihkan. Dan Kulesza berhasil menghidupkan karakter yang rapuh ini.


#2 — Tilda Swinton as Mason in SNOWPIERCER
Everybody knows that Swinton is a queen of tranformation. Tetapi setiap karakter unik yang ia bawakan di film-film yang dibintanginya selalu memberikan kejutan. Tak terkecuali dengan karakter dalam film ini yang dibawakannya dengan porsi komedi dan satir yang pas.


#1 — Patricia Arquette as Olivia Evans in BOYHOOD
PeranArquette sebagai seorang single mother yang dilakoninya, literally, selama 12 tahun, mengingatkan saya kepada beberapa ibu pasien yang sering 'curhat' ketika saya dinas sebagai dokter muda. Segala bentuk kekhawatiran, keresahan dan ketegaran yang ditampilkan oleh Arquette benar-benar ditampilkan secara nyata dalam film ini. She knows she's not a perfect mother, but she's trying her best to be. Dan perjuangannya tertangkap dengan begitu indah disini. 

________________________________________________________________________________

LEADING ROLES
Runner-ups: Emily Foxler as Em in COHERENCE, Lisa Loven Kongsli as Ebba in FORCE MAJEURE, Tilda Swinton as Eve in ONLY LOVERS LEFT ALIVE, Kristen Wiig as Maggie in THE SKELETON TWINS, Reese Witherspoon as Cheryl Strayed in WILD.

#5 — Essie Davis as Amelia in THE BABADOOK
Davis dengan baik memerankan satu lagi karakter ibu yang memperjuangkan yang terbaik untuk anaknya, tak peduli dengan depresi berkepanjangan atau serangan makhluk halus sekalipun.


#4 — Julianne Moore as Dr. Alice Howland in STILL ALICE
Memang bukan penampilan terbaik dalam karirnya, tetapi Moore berhasil menampilkan ketangguhan seorang karakter yang semakin lama semakin berubah setelah digerogoti oleh Alzheimer. 


#3 — Scarlett Johansson as The Woman in UNDER THE SKIN
Kalau tahun lalu kita terpesona dengan suara Johansson, lewat film ini ia kembali unjuk gigi dengan sex appeal-nya. But hey, tidak hanya itu, bagi saya, dengan karakter yang sepanjang film tak begitu banyak mengeluarkan emosi, Johansson berhasil menyajikan performance yang begitu genuine.


#2 — Rosamund Pike as Amy Dunne in GONE GIRL
To explain how amazing Pike in this movie, would be considered as a spoiler. Yang jelas, Pike dengan piawai memberikan nafas kepada karakter kompleks dan penuh dengan 'wajah' ini.


#1 — Marion Cotillard as Sandra in TWO DAYS, ONE NIGHT
Sebagai wanita yang tengah melawan depresi dan keputusasaan serta harus memperjuangkan pekerjaannya, Cotillard tampil dengan begitu bersahaja. Tak hanya melawan dirinya sendiri untuk terus berusaha tak kembali terjun ke dalam jurang depresi, ia harus menahan malu dan judgment dari rekan-rekan kerja yang ia datangi untuk 'mengemis' pekerjaannya kembali. Dengan setiap emosi yang dikeluarkan, setiap kesedihan, kemarahan dan pancaran kebahagiaan sesedikit apapun, Cotillard tidak membiarkan karakter ini menjadi karakter yang one-sided, tetapi membuat kita bisa bersimpati terhadapnya. As far as this character goes, Cotillard succesfully and amazingly nailed it.

I still have some lists on my sleeves. Stay tuned!

4 comments: