Saturday, July 25, 2009

"By believing, Peter. Just believe"

Finding Neverland (2004) adalah film yang diangkat dari kisah nyata James Matthew Barrie -or in short JM Barrie-(Johnny Depp), seorang penulis pertunjukan teater. Di tengah afternoon walk nya di sebuah taman, ia bertemu dengan Sylvia Davies (Kate Winslet) dan ke-4 anaknya; George, Jack, Peter dan Michael. Sylvia baru saja menjadi janda semenjak suaminya meninggal. Itu pula yg juga membuat Peter (Freddie Higmore) pendiam dan menjauhkan diri. Semenjak pertemuannya itu, James yang memang dasarnya orang yang penuh dengan imajinasi, menjadi dekat dengan anak2 tersebut. James bisa dibilang menjadi 'playmate' untuk mereka. Kedekatan James dengan keluarga Davies, membuat istri James, Mary (Radha Mitchell) cemburu. Pengalaman2nya bersama keluarga Davies lah yang menginspirasi James mengarang cerita yang pada akhirnya menjadi salah satu fairy tale paling terkenal didunia, Peter Pan.

Things I noticed...
  1. Asik, pilihan film gw akhir-akhir ini bagus2 banget hahaha setelah dibikin kagum dengan Donnie Darko, gw jg dibuat amazed dengan film ini. I actually thought the movie will be boring, but I made up my mind after seeing half of the movie. It was getting better by the minute.
  2. I think, one of the highest points from this movie is the acting, which is MARVELOUS! Johnny Depp emang gila!! Aksen scottishnya mantep banget! Dia kayaknya bisa akting jadi apa aja deh. Kate Winslet, as always; magnificent. Radha Mitchell disini kok agak mirip Helena Bonham Carter ya? Hahaha
  3. Selain mereka berdua, akting anak2nya juga bagus! Especially Freddie Highmore. Sebelom film ini, gw gak pernah ngeliat hal spesial dari dia. Tapi di film ini aktingnya keren bener. His best performance yet. Paling ok mungkin saat ia merusak properti2 'drama' buatannya ketika mulai menyadari kondisi ibunya. Dan juga di ending. Heartbreaking. He's probably the next A-list actor.
  4. James' imaginations looked really2 magical!. Mungkin sama kayak gw (dan beberapa orang), suka berkhayal-khayal sendiri hahaha bedanya ya si James ini lebih 'gila' hahaha seru ngeliatin hal2 yang ia khayal dan menjadi inspirasinya untuk Peter Pan, seperti membayangkan ibu dari Sylvia (yang galak) memiliki hook, bel yang bebas terbang (tinkerbell maksudnya), serta masih banyak lagi.
  5. Film ini membuat gw terharu. Banyak banget adegan2 yang bikin merinding and got me teary-eyed (gak nangis tapi hahaha). Gw jadi kayak anak kecil ketika melihat pertunjukan Peter Pan dan menyaksikan para pemainnya bisa 'terbang'. Serius itu seru paraaah!! Gak bisa diungkapkan deh wkakaka. Selain scene itu, masih banyak juga scene2 lain yang juga memorable.
  6. Scene di pertunjukan Peter Pan saat kamera nya ber 'terbang'an mengelilingi teater (yang mungkin maksudnya mirip fairies) keren bgt!! Skipping scenes between James' imaginations and the real world was executed neatly. Great editing!
  7. Entah mengapa, film ini dibanjiri dengan kata2 puitis (tapi gak lebay), inspiring (tapi tidak menggurui) serta menohok. Lahan quotes2 seru! Hahahaha ga penting. Kata2 paling bagus menurut gw ketika dialog antara James dan Sylvia, ketika Sylvia berusaha menyembunyikan penyakit yg dideritanya, James: "They can see it, you know. You can't go on just pretending" Sylvia: "Just pretending? You brought pretending into this family, James. You showed us we can change things by simply believing them to be different" James: "A lot of things, Sylvia. Not everything". Adegan tersebut membuat film ini menjadi lebih 'masuk akal'.
So, the conclusion...
Sebuah film yang sederhana tapi dengan cerita yang sangat bagus serta pesan yang sarat makna. Film yang cukup ringan, probably some people consider this is boring, but not me. Artistically okay, acting-wise juga oke. This movie got an Oscar fo Best Original Score, with 6 other noms, incl. Best Picture and Actor for Depp. Cerita nya sangat touching dan seru buat diikutin. Serius, kita pasti bakal mikir, 'Oh jadi gini toh dia nyiptain Peter Pan' hahahaha apa bgt. Film ini juga dipenuhi dengan shot2, musik, serta editing yang bagus. Memang bukan sebuah film masterpiece, tapi film ini sepertinya sayang untuk dilewatkan.

8/10

Miramax Films
Directed by: Marc Foster
Cast: Johnny Depp, Kate Winslet, Julie Christie, Radha Mitchell, Freddie Highmore, Joe Prospero, Nick Roud, Luke Spill

3 comments:

  1. iya filmnya bgus. aku nontonnya di sctv dulu ampe begadang. endingnya cukup mengharukan.
    ini satu-satunya film yg Johnny Depp tampil secara waras, hahahaha.

    ReplyDelete
  2. Sejak melihat Freddie Higmore akting nangis disini (ini penampilan keduanya dalam film layar lebar, aktingnya sudah terasah di banyak film televisi yang juga keren-keren. Kayaknya mengingatkan kita sama Haley Joel Osment cilik ya ?), saya sudah bisa meramal kalau dia bakal laris maen film. Selanjutnya bisa liat sendiri 'kan ?

    ReplyDelete
  3. @awya: iya, satu dari sedikit peran-nya yg cukup 'waras' walaupun tetep 'gila' jg kalo suka ngayal2 sendiri hahahaha

    @hakimicture: iya memang hahaha tapi semoga aja karirnya gak anjlok kayak haley joel osment...

    ReplyDelete