Wednesday, August 26, 2009

"There's a lot of secrets in District 9.."

District 9 (2009) bercerita tentang kedatangan alien berbentuk serangga (in this movie they were called 'prawns' -udang-) ke bumi. Sudah lebih dari 2 dekade bangsa alien tersebut 'mendarat' di kota Johannesburg, Afrika Selatan. Atas perintah Pemerintah dan sebuah organisasi MNU (Multinational United), alien2 tersebut diasingkan di daerah kumuh yang diberi nama District 9, tepat dimana pesawat mereka melayang. Karena masyarakat di daerah tersebut mulai merasa risih dengan kehadiran para alien itu, MNU memutuskan untuk mengevakuasi para alien2 itu dan akan dipindahkan ke tempat lain. Dalam proses evakuasi tersebut, agen MNU, Wikus Van De Merwe (Sharlto Copley) tanpa sengaja terkena suatu cairan aneh yang lama kelamaan membuatnya bermutasi menjadi bangsa prawn tersebut.

Well, I think...
  1. Gw sebenernya udah mulai terpancing dengan film ini, sejak poster2 coming soon nya mulai bermunculan di internet. It was intriguing and made me curious about what the fuss was all about. Then, it was on the top of the box office. Makin penasaran lagi deh. Rating di imdb maupun di Rotten Tomatoes jg bagus. Setelah nunggu seminggu, akhirnya gw nntn jg. My thought: IT WAS AWESOME!
  2. Film ini seakan menampar segala ke-klise-an film2 alien lain. Dimulai dari pemilihan tempat tujuan UFO, bukan lagi di kota2 besar di Amerika, maupun di Eropa, tapi di Johannesburg, AfSel. Alien2 disini juga tidak ditampilkan dengan penuh kepintaran ataupun dengan teknologi yang canggih, tetapi seakan menjadi 'tikus' yang mengganggu lingkungan.
  3. Jalinan cerita yang disuguhkan sungguh menarik. Adegan-adegan yang ditampilkan selalu membuat gw penasaran apa yang akan terjadi selanjutnya. No wasted scenes, sepertinya.
  4. Penggunaan kamera handheld yang memang disengaja karena ingin membuat film ini seperti film dokumenter terkadang memang sedikit mengganggu, tapi overall, cukup rapi dan gak bikin risih banget.
  5. Hats off sepertinya harus ditujukan kepada sang pemeran Wikus, Sharlto Copley. Bisa dibilang, hampir sepanjang film, cuman dia aja yg ada. Cukup berani memang film ini tidak memakai pemain2 yang terkenal. Akting Copley disini gw bilang keren banget. Pas! Melihat filmografinya aktingnya yang baru 2, membuat gw makin terkagum dengannya. Selain akting, dia juga pernah menjadi sutradara bahkan penulis. Kudos for you Copley!
  6. Hats off yang kedua tentu untuk sutradaranya, Neil Blomkamp yang juga turut menulis ceritanya. Kepercayaan Peter Jackson sang produser ternyata ga sia2.
  7. Porsi action dan drama (walaupun lebih condong ke drama) disini cukup seimbang dan pas lah menurut gw. Sentilan2 humor dalam film ini, walaupun sedikit tetapi cukup bisa menghibur karena penempatannya yang sesuai.
  8. Violence di film ini cukup banyak. Sangat mengganggu buat orang2 dibawah umur maupun yang ga kuat adegan gore. Sebenernya ga banyak2 amat sih, cuman dibilang sedikit jg enggak hahaha
  9. Gw pernah baca dimana gitu (atau gw salah baca dan ngasal sendiri hahaha) kalau film ini sebenernya jg dilatar belakangi oleh isu apartheid yang dulu jg pernah terjadi di Afrika Selatan. Memang sih, dalam film ini, alien2 tersebut, bisa dibilang tidak mengganggu, tapi karena perbedaan itulah mereka diasingkan dan disiksa. Sama nasibnya dengan kaum kulit hitam dulu (tapi siapa jg yg mau temenan ama alien serangga gitu?? LOL)
  10. A BIT OF A SPOILER HERE!!! Endingnya sebenernya termasuk open ending, tapi di adegan akhir sebenarnya ada sedikit *clue* yang mungkin bisa membuat penonton menebak akhir kisah film ini. Kalau memang tebakan gw dengan Anda sama, betapa sedihnya ending film ini.... Gw bener2 terharu kalo ternyata tebakan gw benar
So, the conclusion...
Sebuah film yang surprisingly great. Film science fiction tentang alien yang sangat berbeda dengan film2 alien lain. Ceritanya bagus banget! Mengharukan melihat perjuangan Wikus ataupun alien2 yang terperangkap di District 9. Efek yang dipakai juga bagus. Akting Sharlo Copley jg oke banget. Porsi action dan drama maupun (sedikit sentilan) komedi ditampilkan dengan pas yang membuat kita yang nonton gak bosen sampai film ini selesai. Ditambah pula ending yang..... silahkan nonton sendiri hahaha this is officially a very MUST-SEE!! Totally recommended!!!

9/10

Tristar Pictures
Directed by: Neil Blomkamp
Cast: Starlo Copley, Vanessa Haywood, Louis Minnaar

7 comments:

  1. Wah, kamu lupa nulis kalo keunggulan film ini adalah adanya cast-cast non bintang dan penonton bisa nerima dengan apa adanya karena digarap dengan bagus(tapi nama peter jackson kayaknya jadi magnet). Hemm mungkin konsep begini (mudah-mudahan) bakalan diaplikasikan untuk film-film besar lain. Enggak perlu Tom Cruise atau Will Smith buat bikin film yang atraktif, menghibur dan laris.

    ReplyDelete
  2. Curang lu nonton deket rumah gue ga nungguin gue pulang dulu. ckck. Oh anyway riz, viral marketing film ini juga mantep banget, sampe ada web2 MNU dan blog nya si alien. fuck emang jenius tea ni film

    ReplyDelete
  3. pengen banget nonton film ini tapi masih belum kesampean juga :(

    ReplyDelete
  4. @hakimicture: udah saya singgung dikit kok mas di poin tentang sharlto copley hahaha memang gak perlu pake nama2 besar buat menyukseskan film!

    @prima: hahaha abis gw ga punya waktu lagi sih prim dan kebetulan pada mau nntn hari itu... emang gila viral marketingnya

    @miss novi: cepetan nntn mis! sebelum udah ga ada lagi hehe

    ReplyDelete
  5. di bogor belum tayang nih padahal udah ga sabar pgn nntn hehehe

    ReplyDelete
  6. hehehe udah nntn Riz!! tapi lewat dvd bajakan sih.

    Anjritt keren abis tuh film! langsung masuk film2 favorit sepanjang masa...n lgsg di review juga :)

    Pengen nntn lagi kalo ada waktu luang

    ReplyDelete
  7. bagus emang filmnya. cuma gue geli ama aliennya kayak belalang sembah gitu sih HIH (belalang-o-phobia)

    ReplyDelete