Wednesday, May 25, 2011

64th Cannes Film Festival: Winners

Cannes Film Festival bisa dibilang sebagai salah satu (atau yang paling malah) festival film paling prestigious di dunia perfilman. Di bagi dalam beberapa segmen, diantaranya In Competition, Un Certain Regard, dll. Film-film dari kategori paling bergengsi, In Competition, diisi oleh film-film dari sutradara-sutradara kenamaan dari berbagai penjuru dunia, dengan tema dan genre yang cukup beragam. Tahun ini ketua dewan juri untuk In Competition diketuai oleh aktor Robert DeNiro. Untuk Cannes tahun ini, dewan juri memilih film The Tree of Life karya Terrence Malick sebagai peraih 'best picture' atau dalam festival ini disebut juga 'Palme d'Or' aka Golden Palm. Tree of Life sendiri adalah salah satu film yang sepertinya paling ditunggu-tunggu selain faktor sutradara, pemeran-pemerannya (Brad Pitt, Sean Penn, dll) hingga masa produksinya yang beberapa tahun belakangan ditunda-tunda melulu.

Ketika terdengar kabar bahwa Tree of Life, yang tahun lalu gagal masuk dalam jajaran film pengisi kompetisi Cannes, akhirnya akan ikutan tahun ini, langsung saja publik mengatakan bahwa Tree of Life menjadi film yang paling di most-anticipated pada ajang ini. Dengan promosi yang gencar (dan cukup artistik), Tree of Life memang benar-benar membuat penasaran. Ketika akhirnya di-premier, ada sedikit distraction ketika muncul suara 'booo' dari penonton yang akhirnya membuat masyarakat twitter ragu dengan film ini. Tapi ketika review mulai berdatangan, kebanyakan beraura positif. Keraguan beberapa pihak bahwa ToL tidak akan menang Palme d'Or pun terjawab ketika akhirnya film ini lah yang keluar sebagai juara. Early Oscar predictions pun mulai berdatangan, walaupun nasib pemenang Palme d'Or sangat sangat sangat minim sekali berbicara banyak dalam ajang Oscar. Kita lihat saja nanti.

Selain ToL yang juga akan masuk daftar film yang paling gw tunggu-tunggu, ada beberapa film lainnya yang juga sepertinya membuat gw tertarik untuk menyimak. Yang paling gw tunggu-tunggu mungkin adalah filmnya Lynne Ramsay dengan bintang Tilda Swinton, We Need To Talk About Kevin yang bercerita tentang seorang ibu yang bergelut dalam emosi setelah anaknya terlibat dalam kasus massacre di sekolahnya. Penampilan Tilda Swinton juga disebut-sebut sebagai early frontrunner untuk penghargaan Best Actress Oscar tahun depan. Ngomong-ngomong Best Actress, dalam Cannes FF ini pemenangnya adalah Kirsten Dunst untuk film Melancholia. Pemenang yang paling membuat gw seneng karena memang udah nge-fans sama Dunst dari dulu :p semoga dari sini doi mulai banyak ngambil peran-peran serius. Berbicara filmnya, Melancholia juga kayaknya lumayan menarik, tentang bagaimana kakak beradik menghadapi situasi end-of-the-world ketika planet besar Melancholia hendak membentur bumi. Ngomong-ngomong Melancholia, sutradaranya, Lars von Trier menuai kontroversi ketika ia bercanda mengenai simpati nya terhadap Nazi, membuatnya diusir dari festival tersebut. Untungnya filmny masih boleh ikut kompetisi dan Dunst bisa menang.

Best Actor Cannes FF tahun ini direbut oleh Jean Dujardin untuk film The Artist. Sebuah film hitam-putih... dan termasuk silent-film! Salah satu surprise crowd pleasure ini udah di-pick-up sama The Weinsten untuk wide-release nya. Pemenang Best Director jatuh kepada Nicholas Winding Refn untuk film Drive. Film ini juga menjadi salah satu film yang paling gw tunggu. Selain karena salah satu klip-nya yang bener2 bikin penasaran (so intense!!) juga penampilan Ryan Gosling dalam klip tersebut yang keren banget, ditambah Carey Mulligan, gw jadi makin penasaran sama film yang satu ini. Lalu ada film karya Pedro Almodovar, The Skin I Live In, tentang seorang dokter yang merencakan balas dendam terhadap penjahat yang memperkosa anaknya. Dibintangi oleh Antonio Banderas, film ini juga (dari apa yang gw baca) banyak mendapatkan review yang positif. Lalu ada Sleeping Beuty yang dibintangi Emily Browning yang sepertinya mungkin menjadi sebuah guilty (&kinky) pleasure haha lalu ada juga Martha Macy May Marlene yang dibintangi Elizabeth Olsen (adik Olsen sisters), walaupun gak masuk In Competition, tapi kayaknya bagus tuh.

Berikut daftar beberapa pemenang Cannes Film Festival yang ke-64:
Palme d’Or: The Tree of Life (Terrence Malick)
Grand Prix (runner-up): (tie) The Kid with the Bike karya (Jean-Pierre and Luc Dardenne, Belgia) dan Once Upon a Time in Anatolia (Nuri Bilge Ceylan, Turki)
Jury Prize: Polisse (Maiwenn, France)
Best Actor: Jean Dujardin (The Artist, France)
Best Actress: Kirsten Dunst (Melancholia, Denmark)
Best Screenplay: Footnote (Joseph Cedar, Israel)
Camera d’Or (First feature award): Las Acacias (Pablo Giorgelli (Argentina)
Palme d'Or for Short Film: Cross Country karya Maryna Vroda (Ukraina)
Un Certain Regard winner: Arirang (Kim -Ki Duk) & Stopped on Track (Andreas Dresen)

Lebih lengkapnya, bisa dilihat disini, atau disini.
PS: Foto 1: banner Cannes FF tahun ini dengan icon foto aktris Faye Dunaway. Foto 2: produser Tree of Life menerima Palme d'Or on behalf of Malick yang mereka deskripsikan sebagai pribadi yang 'shy' didampingi aktris Jane Fonda (kanan) yang memberikan penghargaan. Foto 3: the beautiful Kirsten Dunst dan penghargaan Best Actress nya untuk Melancholia.

1 comment:

  1. reviewnya bagus min :D yang mau baca review film terbaru lainnya, bisa langsung ke http://gostrim.com/category/movie-review/ selamat membaca :)

    ReplyDelete