Friday, May 11, 2012

Review: The Avengers (2012)

Plot: Tesseract, sebuah sumber energi luar biasa, yang sedang diteliti oleh sebuah agency bernama S.H.I.E.L.D yang dikepalai Nick Fury (Samuel L Jackson), tiba-tiba dicuri oleh dewa yang terasing bernama Loki (Tom Hiddleston). Loki ingin menggunakan Tesseract untuk membuka portal dari bumi ke dimensi lain, tempat dimana sebuah army alien, Chitauri, menunggu untuk menyerang bumi. Fury, bersama agen-agennya Natasha Romanoff / Black Widow (Scarlett Johansson), Clint Barton / Hawkeye (Jeremy Renner), merekrut Tony Stark / Iron Man (Robert Downey Jr), Steve Rogers / Captain America (Chris Evans), Bruce Banner / Hulk (Mark Ruffalo) serta kakak Loki, Thor (Chris Hemsworth) untuk bahu membahu menghentikan rencana Loki.

Review: "Has everybody seen Inception?" tanya Robert Downey, Jr dalam press conference The Avengers di Comic-Con 2010 lalu. Ia menyatakan bahwa Inception adalah film paling ambisius yang pernah ia tonton selama ini. But being a witty as he is, ia menambahkan, "Wait a goddamn second... Marvel Studios is going to take all of their top super heroes and they’re going to put them all together in The Avengers, THAT'S the most ambitious movie". Well, he had a point. The Avengers sendiri (perlu saya jelaskan?) adalah sebuah tim yang terisi dari sekumpulan superhero-superhero dari komik-komik di bawah naungan Marvel Studios.  Joss Whedon, yang kita kenal sebagai mastermind serial tv Buffy The Vampire Slayer serta Firefly ini bertanggung jawab menulis script serta menyutradarai The Avengers. The Avengers, secara kualitas, menurut saya awalnya adalah sebuah gambling yang cukup besar (untuk urusan pemasukan sih gak perlu ditanya lagi). Perlu cerita yang sesuai dengan masing-masing karakter (not to mention the A-list stars who's going to play them) agar film ini tidak hanya sukses finansial saja, tetapi diiringi juga dengan kualitas cerita yang tidak cetek, mengingat film ini berpotensi menjadi film ter'besar' dan seperti yang dikatakan Downey Jr, ter-ambisius yang pernah dibuat. Saya sendiri sebenarnya bukan lah fans berat komik-komik Marvel (masa kecil saya direnggut manga :p). Apa yang saya tahu tentang Marvel, saya pelajari dari film-film adaptasinya. Jadi saya disini memposisikan sebagai penikmat filmnya saja.

Jalan cerita The Avengers sendiri bagi saya berada di tengah-tengah. Maksudnya, tidak kosong-kosong banget dan gak kacangan, tetapi juga dibuat serta diolah sedemikian rupa sehingga tidak terlalu rumit dan kompleks. Ceritanya lebih mudah dicerna, jika ingin dibandingkan dengan cerita The Dark Knight misalnya. Awalnya ada sedikit keraguan, apakah Joss Whedon akan memberikan takaran yang adil bagi setiap karakter? Saya awalnya menduga bahwa Tony Stark / Iron Man lah yang akan banyak di-ekspos disini, referring to the already gigantic earnings from both of Iron Man films. Atau malah lebih condong ke Black Widow atau Hawkeye yang belum memiliki film individu nya sendiri. Nyatanya, dan untungnya, Joss Whedon benar-benar memberikan porsi tiap karakter begitu pas dan tepat dalam film ini. Tidak ada yang terlihat di-anak-emaskan ataupun tertinggal. Baik karakter yang 'lama' ataupun yang baru diperkenalkan memiliki back story yang sepadan. Belum lagi interaksi antar karakter yang juga seimbang. All the actors performed their characters really well. Tapi bagi saya yang lebih stand out itu Mark Ruffalo sebagai Hulk dan Robert Downey Jr sebagai Iron Man. Ruffalo memberikan kesan yang lebih 'manusiawi' untuk Hulk. And also it's not really Robert Downey Jr's fault if he always stole the scene with his fun performance as Iron Man :p. Joss Whedon juga menyelipkan begitu banyak jokes ringan yang benar-benar memancing tawa, menambah serunya film ini. Sebenarnya pada bagian cerita nya saya masih memiliki sedikit komplain sih, tetapi mengingat film ini memang film 'fantasy' sih ya akhirnya gak diambil pusing. 

Mungkin yang menjadi faktor mengapa The Avengers bagi saya berhasil menjadi sebuah tontonan yang begitu menghibur adalah, well, apalagi kalo bukan sejumlah superhero-superhero 'kesayangan' banyak moviegoer dan fanboy dikumpulkan ke dalam sebuah film. Isn't it one of the biggest fanboy's dreams ever? Dibandingkan dengan film-film superhero tunggal lain, kita hanya melihat kemampuan solo dari karakter tersebut. Yaah mungkin paling pol ngeliat aksi sang villain lah. Tetapi The Avengers memiliki 6  karakter heroes berbeda yang jelas memiliki charms dan skills masing-masing. Entah itu ketangguhan Steve Rogers dan Thor, 'mata elang' milik Cint Barton, acrobatic fighting dari Natasha Romanoff, atau the smashing Hulk. It's always fun to watch variety of powers like that, that's why X-Men is one of my favorite superhero films. Ditambah lagi dengan karakter lain yang tak kalah menghibur seperti Nick Fury,  Agent Maria Hill (Colbie 'Robin Scherbatsky' Smulders) dan Agent Phil Coulson (Clark Gregg). Dan tak lengkap pula film superhero tanpa action yang spektakuler. I must say, the action sequences here were bombastic! Begitu banyak adegan aksi yang sangat exciting untuk disaksikan. Dimulai dari awal film kita sudah disuguhkan adegan action yang sudah mendebarkan, menuju ke tengah-tengah film dimana porsi aksi dibawa ke udara hingga ketika The Avengers akhirnya mulai bekerja bersama demi kedamaian dunia. Long story short, action (dan humor) dalam film ini benar-benar menjadi poin penting mengapa film ini bisa begitu menghibur. 

Overview: For a summer blockbuster film, The Avengers maybe one of the most enjoyable ones. Memang masih belum sempurna-sempurna banget, karena saya masih merasa ada beberapa 'boring moments' walaupun jumlahnya sedikit, tetapi dengan perpaduan action serta komedi yang pas dan ditata dengan apik, The Avengers menjadi sebuah film summer yang super exciting dan begitu asik untuk dinikmati. Joss Whedon really brought justice to each and every character, memberikan porsi yang seimbang bagi tiap karakter untuk unjuk gigi terhadap kemampuan mereka masing-masing. One of the most ambitious films ever made? One of the best summer films ever? One of the best films of the year? Mungkin ya, mungkin tidak, mungkin belum. But right now, I have to say, this film is pure bliss.

(Click image to see Rating's Guide)
The Avengers (2012) | Action, Adventure, Sci-Fi | Rated PG-13 for intense sequences of sci-fi violence and action throughout, and a mild drug reference| Cast: Robert Downey, Jr., Chris Evans, Mark Ruffalo, Chris Hemsworth, Scarlett Johansson, Jeremy Renner, Tom Hiddleston, Clark Gregg, Cobie Smulders, Samuel L Jackson | Screenplay and directed by: Joss Whedon

4 comments:

  1. udah nonton !
    gilak keren banget nonton 3D , apalagi IMAX yah ??
    quarter pertama agak boring mungkin karena perkenalan cerita yah tp suka banget karena tiap Superhero.nya dikasih porsi yang sama rata ,
    terutama sama ability Black Widow and Hawkeye yg blm tau cz gak dikasih film biopic.nya ,
    FUN-TASTIC !!

    ReplyDelete
  2. Setuju, awal2 memang kurang nendang karena lebih di fokusin ke karakter masing2, tapi jadinya semua karakter punya porsi yang pas, bikin untung Black Widow dan Hawkeye yg bisa tetep nunjukkin kekuatan mereka walau gak ada filmnya :)

    ReplyDelete
  3. kok cuma B+? booo
    setuju sih sama @farizrazi
    tapi from the actors-plot-effect-dll utah top deh..
    emang ada epilogue keduanya ya ?
    kmaren gw tungguin kok juga keburu dimatiin ><

    ReplyDelete
  4. for a 'summer film', it's THAT good, tapi bagi gw ini bukan masterpiece :) kalo ngeliat di internet sih ada, pernah bbrp kali di post di youtube tapi selalu langsung di block haha di epilogue kedua, ditayangin mereka lagi pada makan di restoran shawarma yang diomongin sama Stark

    ReplyDelete