Saturday, January 11, 2014

5th VAMPIBOTS ANNUAL LIST: Best Posters

Selamat datang di entry pertama dalam jajaran 5th Vampibots Annual List; Best Posters! Seperti yang saya selalu katakan, poster film adalah salah satu yang selalu saya tunggu kehadirannya; baik film yang benar-benar saya antisipasi atau tidak (makanya saya selalu suka nongkrong di situs IMP). Walaupun originalitas dan keunikan mungkin sudah mulai pudar dalam poster-poster film sekarang ini, tetapi ternyata masih banyak yang mampu mencuri perhatian saya. Tahun ini, ada sedikit hal yang berbeda. Saya membagi Best Posters menjadi dua kategori besar; Teaser dan Theatrical. Serta saya juga membubuhkan beberapa Honorable Mentions yang tak kalah catchy. Without further ado, here are my picks for last year's best posters!


HONORABLE MENTIONS
MOST UNSETTLING POSTER — WOULD YOU RATHER

BEST IMAX POSTER — THE HUNGER GAMES: CATCHING FIRE

BEST PROMOTIONAL CAMPAIGN — YOU'RE NEXT
*Poster-poster ini kabarnya dipasang di beberapa bus stop atau pajangan poster yg tertutup kaca. Maksudnya untuk memberikan kesan bahwa saat kita melihat poster 2 film ini (yang sama-sama dari satu production house, CMIIW), ada bayangan para villain dari You're Next yang lagi ngeliatin dari balik kaca. Now, that's creepy.


TEASER
Runner-ups: THE BLING RING, THE HOBBIT: THE DESOLATION OF SMAUG, SPRING BREAKERS, THE WORLD'S END, YOU'RE NEXT

#5 — SIDE EFFECTS
Didesain layaknya sebuah resep obat, teaser poster Side Effects ini sesuai dan pas banget menggambarkan filmnya sendiri yang memang mengangkat tema dunia farmasi. 


#4 — ONLY GOD FORGIVES
Neon lights. Mysterious & classy. Nuff said.


#3 — THE SECRET LIFE WALTER MITTY
There's just something incredibly intriguing & imaginative (like the movie itself) in these strings of posters. Salah satunya yang ini, dimana sang titular character, dengan muka innocent-nya lagi asyik berdiri di punggung ikan hiu (hiu apa bukan ya?).


#2 — STOKER
Semenjak poster ini dirilis akhir tahun lalu, saya sudah menebak bahwa poster ini pasti akan hadir di list saya. Poster yang bernafaskan art-goth ini terasa pas menyeimbangkan antara simplicity dan over-the-top. And yes, it's captivating too.


#1 — THE WOLVERINE
Wow. Ini juga menjadi kasus dimana saya jatuh cinta pada pandangan pertama sama posternya. The Wolverine bukan lah film yang saya nantikan (bahkan jauh dari sempurnya hasilnya). Tetapi lewat poster ini, kesan Japanese yang memang menjadi setting filmnya sendiri, dicampurkan dengan begitu indah dan artistik ke dalam teasernya. It's Wolverine in Japanese. Pretty straight-forward, no? But boy did they do a fine job translating it into a one-sheet poster. A+!


THEATRICAL
Runner-ups: BLACKFISH, BLUE IS THE WARMEST COLOR, HER, THIS IS THE END, TRANCE

#5 — AUGUST: OSAGE COUNTY
This poster has flaws, yes (looking at you, bad typography!). Tetapi saya selalu suka ketika sebuah gambar dari filmnya sendiri (not sure, karena blm nonton hehe) dijadikan poster. And that's really an interesting image, don't you think?


#4 — MAN OF STEEL
Dari sekian banyak theatrical poster untuk film reboot Superman ini, yang satu ini benar-benar mencuri perhatian saya. Bukan karena design yang heboh macam poster-poster superhero lainnya, tetapi karena dengan poster ini, sebuah poster sederhana mampu berbicara banyak tentang tokoh yang menjadi sentral ceritanya. *Ignoring JJ-Abrams-lens-flare realness*


#3 — THE HEAT
Senang melihat film Summer dengan bintang-bintang besar ini mendapatkan treatment sebuah homage untuk film-film aksi di tahun 80. Cheesily fun!


#2 — AIN'T THEM BODIES SAINT
Oh I just loooove the color, the shot, the font, the emotion. LOVELY!


#1 — STOKER
Kudos for whoever assigned to do the promotion for Stoker. Setelah muncul juga di daftar Teaser terbaik buat saya, yang Theatrical-nya pun ternyata juga tidak kalah indah. Saya sangat suka melihat eeriness yang ditampilkan disini. Tak lupa juga dengan brilliant use of mirror reflection. Sulit untuk berpanjang lebar menjelaskan mengapa poster ini menduduki peringkat pertama. Let the image (and Mia Wasikowska's sexy yet fierce gaze) do the talking.


So what's your favorite movie posters of last year, guys? Comments away!

8 comments:

  1. Wah, kita ada 4 poster yang sama ya dengan list saya. :)
    Itu Stoker yang teaser hampir masuk sih.
    Btw, nice list.

    ReplyDelete
  2. Great list, Riz! Kreatif nih skrg dipisah-pisahin, emang banyak bgt sih ya yg bagus taun lalu. Tp sayang nih taun ini kita gak ada yg sama, wkwkwk. Kalo gw buat list gw jadi Top 10, Side Effects sama Bodies Saints tuh pasti masuk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanksss! Ya mungkin gara2 banyak pilihan2 yg bagus jg ya haha

      Delete
  3. Wah, udah dikelompokin2 yah riz, kadang rada ngga ingat juga mana yang teaser mana yang theaterical, tapi emang banyak yang bagus2, kayak Stoker, atau imo THG yang punya IMAX ataupun theaterical-nya yang keren.

    anyway, list kita emang mirip :))

    ReplyDelete
  4. Saya paling suka no.2!!! keren banget.

    ReplyDelete
  5. Nice picks here Fariz. I like the Man of Steel one that you chose, the Wolverine one is cool too but wish I loved the movie. Oy I haven't seen the WOULD YOU RATHER before but it's VERY unsettling indeed.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you! I didn't really like The Wolverine too, but that poster is really amazing :)

      Delete