Friday, July 31, 2009

"Adventure is out there!"

Up (2009) adalah film ke-10 kerja sama Walt Disney Pictures dan Pixar Animation. Bercerita tentang Carl Fredricksen (Edward Asner), seorang lansia yang memiliki mimpi menjadi seorang petualang dan memiliki rumah di air terjun Paradise Falls, Amerika Selatan. Sayang, istrinya yang juga memiliki mimpi yang sama terlanjur meninggal duluan. Ketika rumahnya akan diambil oleh pengusaha real estate dan akan mengirim Carl ke rumah jompo, Carl memiliki ide 'gila' untuk menerbangkan dirinya beserta rumahnya dengan ratusan balon menuju Paradise Falls. Perjalanan Carl tidak berjalan dengan mulus, selain adanya kehadiran Russel (Jordan Nagai), seorang anak pramuka yang accidentally terbawa ikut, terjebak awan hujan, sampai terlibat dalam perburuan burung langka.

Things I noticed...
  1. Sh!t, Disney/Pixar has done it again! Sebuah tipikal film Disney/Pixar (seterusnya D/P aja ya biar lebih singkat) yang sangat2 entertaining, touching & penuh makna, at the same time! Selain itu animasinya jg gak perlu diragukan lagi lah, udah tingkat dewa banget.
  2. The story was (as I said in the first point) really amusing. Pinter banget deh kalo masalah cerita. The jokes were light-hearted, funny and (yes) entertaining. Banyak banget adegan2 yang sangat kocak, dengan lawakan2 yang sebenarnya simple tapi entah kenapa dengan sangat briliannya, mampu mengocok perut.
  3. Masih tentang cerita, the movie has some of got-you-teary-eyed moments. Lagi-lagi tipikal Disney/Pixar. Entah kenapa porsi di film ini cukup banyak ya hahaha tapi mungkin gak akan ada yg ngalahin kesedihan adegan ketika boneka Jessy dilupakan pemiliknya diiringi lagu When She Loved Me di film Toy Story 2.
  4. Menurut gw, dalam film ini, karakter2nya sangat likeable (kalau dibandingkan dengan karakter di Wall-E). Apalagi karakter Russel yang annoyingly funny! Seorang anak yang cukup ambisius ini sering bgt bikin gw ketawa. Sama juga seperti Dug, si anjing. Dengan alat translate-nya yg bisa membuat nya merespon apa saja juga bikin ketawa hahahaha
  5. Dibandingkan dengan film-film D/P lain, porsi 'adventure' film ini terasa cukup banyak. Maksudnya yang lebih berbahaya gitu. Bayangin aja anak kecil di tengah hutan dan tebing2 gitu + ada puluhan anjing. Jadi lebih 'menyeramkan' lah, soalnya selama ini kayaknya film2nya D/P cenderung save. Atau karena kali ini tokoh utama nya manusia ya? Di wilderness lagi.
  6. Di beberapa adegan mungkin ada yang terlalu 'kebetulan' dan 'impossible'. Tapi ya namanya juga film.. Animasi lagi. Walaupun dari D/P juga boleh dong ber-kreatif ria hahaha
  7. Agak susah juga kalo judulnya cuman 2 huruf begini. Nyebut, orang2 suka salah denger, nyari info di internet juga selain di situs2 macem imdb atau movie site gitu rebek hahaha tapi title nya lumayan nonjok lah.
  8. Just FYI: film ini juga mencetak sejarah sebagai film animasi pertama dan (masih) satu2nya film animasi yang menjadi opening film untuk Festival Film Cannes 2009 beberapa bulan yang lalu.
  9. Dibandingkan dengan Wall-E, mungkin film ini memiliki pesan yang lebih 'ringan'. Tapi tetap bermakna. Salah satu nya mungkin (dan yg paling gw suka) adalah untuk tidak terlalu obsesi dengan sesuatu (ini gw ngambil sendiri sih intinya, tau deh bener atau enggak hahah) SPOILER AHEAD! Ditunjukkan dengan kata2 Ellie, mendiang istrinya kepada Carl untuk 'go make new adventures', atau enggak nanti he'll end up like Charles Muntz, seorang petualang yang terlalu terobsesi menemukan burung langka tsb dan membuatnya menghalalkan segala cara.
So, the conclusion...
Salah satu summer movies terbaik taun ini (walaupun telat 2 bulan tayang di Indonesia tapi masih itungan Summer nih hahahaha). Sebuah tayangan yang menghibur, sedih, dan penuh dengan makna2 terpendam di dalamnya. Film keluarga yang sepertinya pilihan yang sempurna di awal2 masuk sekolah ini (sebelum terjun terlalu jauh ke belajar). Agak susah gw kalo harus membandingkan film-film D/P, karena semua rata2 jauh diatas standard kualitasnya. Selain Toy Story yang sangat iconic tersebut, serta Finding Nemo & Wall-E yang superb, film2 D/P menurut gw sama kualitasnya, ya at least seimbang lah. Dengan ini, menurut gw, Up akan turut melengkapi D/P dengan koleksi Academy Awards untuk Best Animated Feature taun depan. Amin.

8.9/10

Walt Disney Pictures - Pixar Animation
Directed by: Pete Docter
Voices by: Edward Anser, Jordan Nagai, Christopher Plummer, John Ratzenberg, David Kaye

PS: Mungkin film ini adalah film terakhir yg gw tonton di bioskop, setidaknya untuk beberapa bulan ke depan. Maklum udah kelas XII harus belajar buat segala final exams + ptn enroll tests dan ngehemat duit hahaha

2 comments:

  1. bagus sih. cuma gua masih lebih suka finding nemo dan Wall-E. Menurut gua, talking dogs merusak film ini. :D

    ReplyDelete
  2. wah kalo menurut saya bang talking dogs nya kocak bgt hahaha iya sih walaupun aneh hehehe

    ReplyDelete