Tuesday, July 7, 2009

"Frankly, my dear, I don't give a damn"

Gone With The Wind (1939) di set di Amerika pada masa Civil War berlangsung. Scarlett O'Hara (Vivian Leigh) adalah seorang wanita yang gemar merayu. Ia mencintai seorang pemuda bernama Ashley Wilkes (Leslie Howard). Sayangnya, Ashley akan menikahi saudaranya, Melanie Hamilton (Olivia de Havilland). Patah hati, Scarlett terpaksa menerima lamaran saudara Melanie, Charlie, sebelum Charlie pergi berperang. Keadaan berubah ketika kubu South mulai kalah dan Charlie terbunuh. Ketika ia melihat daerah tempat tinggalnya sudah hancur, Scarlett berusaha untuk memperbaikinya lagi. Rasa cinta nya yang masih ada untuk Ashley pun menutupi bahwa ia juga sebenernya mencintai Rhett Butler (Clark Gable), pemuda yang juga menyimpan hati pada Scarlett.

Things I noticed...
  1. Itu sinopsis diatas mungkin agak susah dijelaskan dan memang ribet banget. Gila ya filmnya lama bener. Sampe ada intermission segala, udah kayak nonton teater aja. Sama kayak pas nonton The Seven Samurai. Oiya, berarti GWTW is officially the oldest movie I've ever watched! (norak)
  2. Cerita nya sih sebenernya simple. Drama romantis biasa (sotil) cuman dijadiin panjang aja. Berliku-liku banget dah cerita nya, udah kayak sinetron hahaha
  3. Seru nih ngeliatin character2 developmentnya. Apalagi tokoh si Scarlett. Bingung mau menentuin kalo dia itu sebenernya protagonis atau antagonis. Muka si Vivian Leigh ini agak mirip Suzanna sih (+aura oldies nya menambah kemiripan).
  4. Vivian Leigh gokil banget mainnya! Bagus banget dia mainin tokoh Scarlett. Clark Gable malah biasa aja (lagi2 sotil). Scene stealer memang sih Hattie McDaniel yang jadi Mammy, maid keluarganya Scarlett. Katanya sih McDaniel adalah aktris kulit hitam pertama yang menang Oscar, eh iya ga sih? Males browsing hahaha
  5. Suka bingung jg ya orang jaman dulu kalo ngomong berat2 banget bahasanya hahaha ungkapan2nya banyak banget deh. Apalagi baju2 nya. Orang mau keluar rumah aja harus pake dress gede2 banget hahaha tidak bermaksud mengejek.
  6. Gila ini shot2 nya keren2 bener! Gak tau deh nih asli atau di studio, tapi pas adegan2 twilight, langitnya tone nya asik2 banget. Terus juga cinematographynya gak asal2an. Keren betul.
  7. Selain bahasa & baju nya, banyak juga ya yang bisa dipelajari dari film ini. Maksudnya keadaan Amerika di taun2 segitu. Lucu banget gw ngeliatin cewek2 pada tidur siang di tengah2 break pesta. Err ini agak susah dijelasin sih. Terus masih banyak lagi deh.
  8. Di taun segitu kayaknya penggunaan chromakey udah berlaku. Yah walaupun masih kasar tapi cukup oke juga, untuk ukuran film taun segitu.
  9. Just FYI: judul postingan ini adalah salah satu quote paling terkenal dalam sejarah perfilman. Dan telah dinobatkan AFI sebagai quote paling memorable sepanjang masa.
So, the conclusion...
Sebuah film yang bagus. Bisa ditangkap bahwa film epik ini bukan produksi main2. Semua aspek dalam film ini bisa dikatakan dikerjakan dengan sempurna. Film yang disutradarai Victor Fleming ini mendapat 8 piala Academy Awards (+2 special awards). Akting2nya bagus, shot2 oke, naskah bagus, musiknya juga bagus. Yah memang agak lama sih. Penonton2 jaman sekarang kan suka yang praktis, jadi mungkin bisa 'sedikit' bosen sama ini (iya, gw juga). Film yang sering disebut sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa ini memang bener2 film klasik.

8/10

6 comments:

  1. beli aja djaf, lumayan jg filmnya, lumayan lama maksudnya hahaha

    ReplyDelete
  2. Shot-shotnya memang bikin kagum. Gak kebayang jaman segitu udah canggih bener SDM - nya.
    Gak terlalu suka dengan karakter Scarlett yang sedikit berlebihan :)

    ReplyDelete
  3. nyari dimana sih? kok nyari ga pernah nemu ya? thanks :)

    ReplyDelete
  4. Huahhahaha! Iya Riz, ternyata gak saya saja yang ngerasa Vivian Leigh itu mirip Suzanna! Gak nyangka dari awal film saya langsung bengong, nih cewek mirip sapa ya, kok wajahnya sedikit horror, eh langsung ketawa waktu inget Suzanna! Tp emang filmnya lama banget….. tp saya cukup bisa nikmatin. Kebawa suasana karena ini film penting kali ya… hehehe.

    ReplyDelete
  5. waw maaf ya baru liat comment2nya skarang!

    @gilasinema: iya setuju kalo shot2nya gila!!

    @adisti: hmm waktu itu gw nemu di poinsquare, cari aja disitu mungkin masih ada hehehe

    @awya: iya!! mirip banget sama suzanna! hahahaha memang lama ya, saya aja harus dua hari nntnya, saking ngantuknya hehehe

    ReplyDelete