Tuesday, September 15, 2009

"Don't hate my son.. I won't stand it!"

Madeo (2009) atau Mother bercerita tentang seorang pria dengan mental yang sedikit terbelakang, Do-jun (Won Bin) yang menjadi tersangka utama kasus pembunuhan seorang siswi SMU di kota kecil di wilayah Korea Selatan. Ibunya (Kim Hye Ja), seorang single-mother yang sangat cinta kepada anaknya, berusaha keras untuk membuktikan bahwa putranya tidak bersalah. Dengan usaha nya sendiri pun, ia mulai menyelidiki kebenaran dibalik kasus ini. Usaha nya bisa dibilang tidak mudah; bukti-bukti yang sedikit, polisi dan detektif yang tidak koperatif, krisis ekonomi yang membuatnya tidak dapat menyewa pengacara, dan juga behavior Do-jun yang makin mempersulit pemecahan kasus ini.

Well, I think...
  1. Just FYI: Film ini akan mewakili negara Korea Selatan dalam entry calon nominasi Best Foreign Language Film di ajang Oscar taun depan, mengalahkan film yang lebih banyak dipromosikan, Thirst.
  2. Inti ceritanya bisa dibilang sangat simple, to the point. Tapi film ini menawarkan kadar thriller dan misteri yang cukup menegangkan. Lumayan seru jg melihat perjuangan sang Ibu melakukan apapun untuk membuktikan anaknya tidak bersalah.
  3. Lanjut dari poin di atas, ada beberapa bagian yang sebenernya rada-rada bikin bosen dan kurang jelas (atau karena DVD abalan yg gw beli ini ya? hahaha).
  4. Hands down, akting2 yang ada di film ini rata-rata memiliki kualitas yang baik. Apalagi peran sang Ibu, Kim Hye-Ja, aktris veteran Korea ini mampu membawakan perannya dengan baik, membuat gw sangat simpati dengan tokoh yang ia perani. Won Bin? Walaupun tidak se-excellent bgt, tapi aktingnya sebagai orang dengan mental terbelakang cukup meyakinkan.
  5. Apa yang sangat gw suka dari film ini adalah scene2 serta shot2 yang diambil. Those are serious sh!ts. Entah apa yg membuat gw tertarik. Semua dibikin dengan artistik dan sangat detail. One of the best camera movements I've ever seen. And its Korean!
  6. Bong Joon-Ho, sutradara film ini disebut-sebut sebagai salah satu sutradara dengan prospek masa depan yang gemilang. Sebelumnya, Joon-Ho sempat menyutradarai film paling sukses di Korea Selatan, The Host (yang entah kenapa gw ga begitu suka). Melihat Madeo, I couldn't agree more. GO ASIAN DIRECTORS!
  7. Walaupun tone nya juga gw suka, dark brown gitu, tapi mungkin ada beberapa bagian yg terlalu gelap (atau lagi2 karena DVD abal yg gw beli??)
  8. Gw masih kurang jelas dengan endingnya. Ada beberapa bagian jg yg gak gw ngerti. Ini semua gara2 DVD yg gw beli kualitasnya blom bagus! Subtitlenya masih agak2 aneh dan ilang2 sendiri. Mana bahasa Korea lagi, kalo Inggris sih masih bisa ngerti hahaha Gw pengen banget beli yg udah bagus ASAP!
So, the conclusion...
Salah satu film Korea terbaik yang gw pernah tonton (yaiyalah film Korea yg gw tonton dapat dihitung dengan jari), setelah Tae Guk Gi. Artistically speaking, film ini bagus banget shot2nya yg diambil. Score nya juga oke. Akting jg sangat bagus. Ceritanya keren banget; simple tapi ga simple jg (bingung kan?). Suspense nya dapet banget, walaupun gw rasa suka agak keseringan hahaha. Boleh lah dicoba, kali aja menang Oscar taun depan hahaha (Amin aja lah)

7.8/10

Magnolia Pictures
Directed by: Bong Joon-Ho
Cast: Kim Hye-Ja, Won Bin, Jin Goo, Yoon Je-Moon, Jeon Mi-Seon

2 comments:

  1. Kayaknya ada film yang sejenis ceritanya, tapi dari Hollywood. Saaya lupa judulnya. hehehehe

    ReplyDelete
  2. @dark chocolate: iya sih agak sedikit familiar hahaha tapi saya jg lupa hehe

    ReplyDelete