Saturday, September 19, 2009

"I've never been sick, I've never been injured... what do I do now?"

Unbreakable (2000) bercerita tentang David Dunn (Bruce Willis) seorang security guard yang baru saja selamat dari kecelakaan kereta yang menimpanya. Anehnya, David adalah satu-satunya yang selamat dari kecelakaan tersebut dan tanpa luka sedikit pun. Seorang kreator komik, Elijah Price (Samuel L. Jackson) tiba-tiba datang ke dalam kehidupan David dan menanyakan David kapan terakhir kali David sakit & terluka? Pertanyaan yang ternyata tak bisa dijawab olehnya, bahkan istrinya Audrey (Robin Wright-Penn) dan anaknya Joseph (Spencer Treat Clark). Elijah yang juga mengalami kelainan pada tulangnya dan membuatnya cacat memiliki teori bahwa David adalah real-life superhero. Tapi apakah benar David adalah wujud dari superhero yang sesungguhnya? Apakah superhero itu benar ada?

Well, I think...
  1. Sebuah film yang unbelievably good. The story was awesome, great, and gripping. Sang penulis, Shyamalan yang juga duduk di kursi sutradara memang, hands down, jago nulis cerita2 out of the box. Tapi itu dulu. Shyamalan yang sekarang, yang dulu gw idolakan, udah basi semua idenya.
  2. Masalah superhero disini bukan lah seperti yang gw bayangkan sebelumnya. Memang sedikit unbelievable untuk mempercayai tokoh David, yang tidak pernah sakit maupun terluka (bahkan selamat dari kecelakaan yang membunuh semua penumpang kecuali dirinya). Tetapi setiap superhero itu pasti memiliki kelemahan, bagi David, kelemahannya adalah air (karena ia pernah hampir tenggelam di kolam renang dan menyebabkan ia phobia air).
  3. Di sepanjang film, sering sekali kamera diambil dari refleksi cermin. Atau kaca. Bahkan posternya pun menggambarkan kaca yang pecah. Ternyata hal tersebut memiliki arti sendiri (yang sebenernya gw artiin sendiri sih hahaha). Smart. Tonton saja sendiri.
  4. Pengambilan2 gambar dalam film ini juga menarik. Dalam satu adegan dalam kereta, kamera mengambil gambar David dan seorang wanita yg duduk disebelahnya dari belahan kursi di depannya (bingung? gw jg bingung hahaha). Selain itu pemakaian handheld disini cukup efektif sekali menurut gw. Lebih gimana gitu hahaha
  5. Endingnya cukup mencengangkan. Khas Shyamalan *uhuk*. Yang juga menegaskan bahwa film ini adalah tentang pencarian jati diri tokoh2 utamanya. *SPOILER* David seorang hero, serta Elijah, archenemy nya. Sayang ya gw udah tau duluan jadi sama sekali gw ga bisa ngerasain element of surprise nya. Tapi sebenernya sih orang kayaknya bisa nebak2 gitu (sotoy).
  6. Menonton film ini mengingatkan gw, dan mungkin sebagian dari kalian, oleh film The Sixth Sense, film Shyamalan sebelumnya yang jg mendapat Oscar buzz cukup besar pada saat itu. Faktor atmosfir filmnya, musiknya, Bruce Willis, handheld yang dipake serta twist ending. Bahkan ada beberapa adegan yang mirip2 dikit. Karena itulah menurut gw kenapa film ini menjadi lebih basi (ibaratnya udah diduluin gitu) dan di under-rated oleh sebagian orang. Padahal dari segi cerita lebih menarik Unbreakable. Walaupun eksekusi akhirnya lebih memorable The Sixth Sense. Oiya dan juga faktor Philadelphia..
So, the conclusion...
Film yang menarik. Cerita nya intriguing walaupun memang sedikit unbelievable. Atmosfir gelap yang ditampilkan begitu real dan dapet banget. Akting maupun musik pun tidak mengecewakan. Bisa saja menjadi film favorit gw, karena memang tipe film gw banget. Tapi entah kenapa ada beberapa bagian yang tampaknya terlalu bertele-tele dan di lebih-lebihkan. Serta faktor dari The Sixth Sense tadi. Gw jg sudah terlanjur membandingkannya dengan The Sixth Sense. Kalau saja gw nntn Unbreakable dulu mungkin penilaian gw akan sedikit berbeda. Mungkin. Tapi gw sangat terhibur dengan film ini. Nice one, Shyamalan. Btw, I miss the old you. Go back being smart kick-assin story-teller please.

8/10

Touchstone Pictures
Directed by: M. Night Shyamalan
Cast: Bruce Willis, Samuel L. Jackson, Robin Wright-Penn, Spencer Treat Clark

2 comments:

  1. Sukaaaaaa banget ma film ini, terutama sinematografi dan artistiknya. Perhatikan saja,gambar-gambarnya dibuat layaknya gambaran dalam komik. Film Bruce Willis yang paling aku suka. Akting dia di film ini OK.

    ReplyDelete
  2. @gilasinema: wah saya aja gak merhatiin sedetail itu mas hahaha iya memang kalo artisitik nya bagus, bruce willis jg mainnya oke

    ReplyDelete