Friday, September 18, 2009

"Oh my God, Shin, Kate is dead!"

Phobia 2 (2009) adalah sekuel dari film horror Thailand 4Bia (2008). Sama seperti pendahulunya, Phobia 2 juga akan menawarkan lebih dari satu cerita dalam 1 suguhan film. Pada sekuelnya ini, terdapat 5 cerita horror pendek: 1. seorang troubled boy yang ketika terpaksa mengikuti pengtahbisan menjadi biksu akan merasakan karma akibat perbuatannya; 2. seorang lelaki yang diopname di sebuah public room rumah sakit karena kecelakaan dengan seorang kakek yg *seharusnya* sudah brain-dead; 3. dua orang backpackers Jepang yang menumpang truk dengan muatan misterius; 4. penjual mobil-mobil second bekas kecelakaan yang harus menerima kenyataan bahwa ada hal-hal yang *aneh * pada mobil-mobil jualannya; 5. dan yang terakhir adalah kru film yg sedang shooting film horror terpaksa melanjutkan shooting walaupun sang pemeran hantunya diketahui sudah meninggal.

Well, I think...
  1. Ya karena ini ada banyak cerita jadi gw ngebahasnya satu persatu aja ya.. Dimulai dari cerita pertama. Dibandingkan dengan cerita lainnya, cerita dengan judul Novice ini mungkin yang tidak terlalu seram. Mungkin memang ditaruh di awal gara2 itu ya. Dari segi atmosfir sih seharusnya ini yg paling serem, karena settingnya memang di hutan2 gitu. Inti ceritanya bagus dan *SPOILER* hantu nya tidak terlalu menakutkan.
  2. Cerita kedua, yaitu Ward. Tingkat kesereman nya udah mulai naik disini. Walaupun set nya si situ2 aja, tapi itu yg ngebuat cerita ini makin serem. Tapi entah kenapa gw ga terlalu suka cerita nya, apalagi endingya *SPOILER* mirip Skeleton Key. Dari semua, cerita ini yg paling ga jelas & ga terlalu bagus.
  3. Cerita ketiga dengan judul Backpackers juga makin menaikkan adrenalin. Udah ah, gw kasih tau aja. Jadi yang ketiga itu tentang zombie2 gitu (asal muasalnya gak gw kasih tau). Ini jg termasuk yang paling serem. Walaupun siang bolong (agak gak masuk akal sih) tapi gila aja kalo bener2 dikejar puluhan zombie segitu banyak.
  4. Cerita keempat yang dikasih judul Salvage adalah yang paling serem menurut gw. Penampakannya paling banyak disini (dan macem2). Endingnya pun sangat tragis. Udah suasananya gelap trus banyak mobil2 kosong pula. Makin nampol bgt kan?
  5. Cerita kelima dengan judul In The End was the BOMB! Favorit gw banget! Hilariously scary! Bagi yang udah nntn 4Bia, inget cerita In The Middle? Keempat aktor yang dengan sukses menghibur kita itu balik lagi disini (tentunya dengan cerita yang berbeda). Ceritanya paling bagus, kocak dan natural banget aktor2nya. Dengan ending terbaik & sangat twisted serta tingkat kengerian yang juga mampu mengimbangi komedinya membuat gw suka banget sama cerita kelima ini.
  6. Overally, kalau dibandingkan sama 4Bia, Phobia2 memiliki cerita yang lebih berbobot dan juga lebih bagus. Walaupun beberapa part memang terlihat kayak dipanjang-panjangin jadi sedikit bosen juga. Dari segi setting, shot2 yg diambil, musik juga kayaknya lebih bagus sekuelnya. Kudos for that!
  7. Phobia2 juga memiliki more disgusting scenes dibandingkan pendahulunya. Jadi siap2 jijik aja ya bagi yang gak kuat hahahaha tapi ini jauh lebih baik daripada cerita kedua (lupa judulnya) di 4Bia dengan special effect yang ancur itu.
  8. Sedikit sotil ya.. Kalo di 4Bia itu ada cerita yang berhubungan sama cerita lainnya. Kalo di Phobia2 ini kayaknya sih (setau gw) gak ada. Cuman, kayaknya semua cerita berhubungan dengan mobil/kendaraan. Kayaknya sih itu yg jadi benang merahnya. Ga tau jg sih, ngasal hahaha
So, the conclusion...
Sebuah film horror yang fresh dan cukup menghibur. Di tengah gempuran horror2 Indonesia yang hampir semuanya sampah itu, terus horror Jepang yg juga lagi gitu2 aja, ditambah lagi horror Amerika yg lagi hobi remake/reboot, film ini mampu menyegarkan gw. Seperti kata mbak Gabby Hakim di reviewnya, bahwa enak jg nntn film horror kayak gini. Dengan durasi yang gak terlalu pendek dan gak terlalu panjang juga membuat filmnya tidak bertele-tele. Ceritanya walaupun tidak bisa dibilang original2 banget, tapi ya lumayan 'beda' dari horror2 yg udah ada. Lupakan dulu semua kekurangan film ini yg mungkin bakal lo perhatiin, just watch it and get addicted to fear........ and yes, its better if you watch it in theater.

7.5/10

GTH Pictures
Directed by: Paween Purijitpanya, Visute Poolvoralaks, Songyos Sugmakanan, Parkpoom Wongpoom, Banjong Pisanthanakun
Cast: Sorry I'm just too lazy to search it hahaha no offense but those are freakinly weird names.

6 comments:

  1. huaaaa belom nonton! In The Middle tuh yang cerita camping itu bukan? hahahaha. Aduh harus nonton nih gw, segera!

    ReplyDelete
  2. hahaha.. sedikit beda dengan gue yaa riz! gue entah kenapa sedikit teriak2 di bagian rumah sakit itu.. maklum ceweeekkkk *suka lebay klo nonton film setan* apalagi rumah sakit khan kynya bikin parno banget gitu.. haha..
    tp emang bener deh, cerita kelima was the BOMB! suka banget sama aktor2 yang lucu ituuu.. haha..

    ReplyDelete
  3. riiiz cerita ke 4 nggak bgt gituu. kayak agak2 freak dan maksa hahaha tp yowislah.. great review!! :))

    ReplyDelete
  4. @dani: iya dan hahaha ayo nntn! lumayan lhooo

    @gabby: iya mbak hahahaa temen2 saya jg beda2 pendapatnya hehe memang cerita ke5 gila bgt ya....

    @ilma: hahahaaha tapi entah kenapa gw paling takut sama cerita ke4 maaa!!! wkakakaka

    ReplyDelete
  5. @dani: iya dan hahaha ayo nntn! lumayan lhooo

    @gabby: iya mbak hahahaa temen2 saya jg beda2 pendapatnya hehe memang cerita ke5 gila bgt ya....

    @ilma: hahahaaha tapi entah kenapa gw paling takut sama cerita ke4 maaa!!! wkakakaka

    ReplyDelete
  6. tp cerita ketiga yg backpackers paling ga jelas sih...

    ReplyDelete