Monday, November 9, 2009

"No, my friends. This is now the United States of Zombieland"

Zombieland (2009)
Di-set di post apocalyptic Amerika, dimana negara adidaya tersebut sudah 'diambil-alih' oleh para Zombie. Jumlah manusia yang hidup pun bisa dihitung dengan jari. Colombus (Jesse Eisenberg) adalah seorang pria yang sedang dalam perjalanan menuju ke daerah rumah orang tuanya. Karena pertemuannya yang tidak sengaja dengan beberapa zombie, ia pun terpaksa berpergian dengan berjalan kaki. Di perjalanan, ia bertemu dengan seorang pria yang memberikannya tumpangan. Pria tersebut memiliki aturan untuk tidak memberikan nama masing-masing (dari situlah nama Colombus berasal, karena si tokoh utama ini mau pergi ke Colombus, Ohio), hanya dengan nama tujuan atau asal mereka. Maka dari itu Colombus memanggil pria tersebut Tallahasse (Woody Harrelson).
Di suatu supermarket terbengkalai yang mereka singgahi, mereka berdua bertemu dengan kakak beradik Wichita (Emma Stone) dan Little Rock (Abigal Breslin) *yang bisa diketahui bukan nama sebenarnya* yang ingin pergi ke taman ria Pacific Playland di LA yang berdasarkan rumor, tempat tersebut zombie-free. Ternyata, dua kakak beradik ini adalah penipu ulung dan berhasil mencuri kendaraan dan senjata Talahasse. Tetapi kemudian, Colombus dan Tallahasse bertemu lagi dengan Wichita dan Little Rock. Akhirnya mereka berempat memutuskan untuk bersama-sama pergi ke LA.

Film ini menurut gw cukup unik, banyak unsur-unsur menghibur dan gak biasa di dalamnya. Bisa dibilang dari segi cerita, film ini tidak terlalu sempurna, bahkan cenderung sudah basi karena ide 'zombie2an' sudah sering dipakai. Alur nya pun terkesan klise dari awal sampai akhir film. Tetapi, dengan cerdasnya, film ini menyelipkan humor-humor serta dialog-dialog yang berbeda dari film-film sejenis. Berbeda disini maksudnya entah kenapa jokes nya lebih ngena aja. Hal tersebut menambah poin keasyikan menonton karena dapat membuat gw (dan mungkin penonton lain) terhibur sepanjang film.
Hal lain yang juga menjadi hal yang menarik dalam film ini adalah list-list untuk stay alive di Zombieland yang di narasikan oleh tokoh Colombus. Ilustrasi-ilustrasi yang disajikan sangat lah artistik serta memancing tawa. Faktor pengulangan terhadap salah satu dari list pun tidak menjadikan gw bosen, tapi gw ngerasa film ini cukup konsisten terhadap list ini, walaupun sangat disayangkan bahwa gw semua dibacakan.
Lalu selain list tersebut, adegan2 slowmotion agak sering ditampilkan disini, apalagi di beberapa bagian dimana jika salah satu dari mereka menyerang zombie. Yang paling berkesan mungkin adalah bagian opening title film ini. Adegan-adegan slowmotion ketika zombie-zombie menyerang cukup mengesankan. Ditambah lagi dengan penempatan text yang sangat artistik.

Selain poin-poin di atas, thumbs up buat Jesse Eisenberg yang bermain sangat baik disini. Gw suka banget dengan pembawaan Colombus di film ini dan Eisenberg mampu memainkan perannya dengan sangat bagus. Abigail Breslin juga bermain cukup baik disini. Beda banget ngeliat dia di film ini dengan Breslin di film Little Miss Sunshine 3 tahun yang lalu.
Walaupun film ini bisa dikatakan bagus, tapi memang masih banyak kekurangannya. Selain faktor ke-klise-an ceritanya itu, juga masih terdapat holes di beberapa bagian cerita, yang tidak memberikan dampak yang terlalu berarti. Oiya ada satu aktor ternama yang jadi cameo dirinya sendiri lho disini.
Poin terakhir jelas di conclusion ceritanya. Walaupun endingnya tidak memberikan suatu penyelesaian, tetapi terdapat pesan yang cukup bagus buat dimaknai di ending yang dirasakan oleh tokoh Colombus. Dimana di saat sesulit apapun, di zamannya zombie berkuasa, it's good to have some friends around.

Film yang sempat disamakan dengan film Inggris yang memiliki tema sama dengan film ini, Shaun Of The Dead. Dua-duanya menurut gw memiliki faktor fun serta keunikan tersendiri. Bedanya adalah cara film2 tersebut melontarkan lawakannya. Shaun Of The Dead dengan jokes khas British, sedangkan Zombieland lebih khas Amerika. Tergantung selera masing-masing sih. Kalau gw sih suka dua-duanya. Karena pas ditonton, kedua film ini menghibur banget.
Keseluruhannya, Zombieland memang bisa dikatakan sebagai salah satu film terbaik tahun ini. Gak cuman bermodalkan cerita zombie dan tingkat gore slash fun yang tinggi, tapi jokes nya cerdas dan out of the box. Akting yang bagus serta terdapat pesan didalamnya. Sebuah fun movie yang sepertinya mampu menghibur di kala apapun.

Naskah:8/10 - Akting:7.5/10 - Ending: 7/10 - Overall:8/10

Columbia Pictures
Cast: Jesse Eisenberg, Emma Stone, Abigail Breslin , Amber Heard, Mike White
Written by: Rhett Reese, Paul Wernick
Directed by: Ruben Fleischer

1 comment: