Thursday, December 24, 2009

2009: At The Movies

Forget all of the Oscar buzz! Mengingat sebagian besar film-film yang diganjar sebagai yang terbaik tahun ini diluar jangkauan (baca: gak masuk Indonesia dan DVD nya masih jelek). Gara-gara mas Awya dan om GilaSinema bikin list-list begini jadi pengen deh. Tapi apa daya, film-film yang gw tonton masih bersifat mainstream dan belom sebanyak mereka hahaha lagian jg ini dibuat buat seru-seruan aja hehehe Jadi list-list dibawah gw buat dari apa yg udah gw tonton aja dan gw jamin pasti beda banget sama list-list kritikus film luar hahaha So here they are.....

2009's MOST SATISFYING MOVIES
The Best & Most Enjoyable Flicks This Year
*more like the best of the Summer -___-*

10. Harry Potter and the Half-Blood Prince
This might be a bit boring for some (or most) of you, tapi gw tetep suka! Love all the gloomy new atmosphere and the comedies were better. Kesalahan fatal dalam film ini hanyalah anti-klimaks.
9. Drag Me To Hell
Walau dibalut dengan lawakan yang cenderung sedikit komikal, tapi tidak membuat film ini jadi cupu. Perseteruan dengan sang nenek pun menjadi adegan pertarungan yang sangat menghibur.
8. The Hurt Locker
Film perang selalu identik dengan ledakan dimana-mana dan adegan baku tembak yang menegangkan. Tidak dengan film ini yang lebih menegaskan kepada kehidupan tentara-tentara itu sendiri. Memang sudah banyak film yang sejenis, tapi entah kenapa film ini terasa begitu nyata dengan kamera handheld dan angle-angle yang fantastis.
7. Up
Setelah keberhasilan Wall-E tahun lalu, sulit rasanya ngebayangin kalo Disney/Pixar akan memberikan satu masterpiece lagi. Ternyata gw salah. Walaupun temanya lebih ringan daripada Wall-E, tapi film ini sangat menghibur dengan animasi yang halus plus cerita yang seru+mengharukan.
6. Avatar
Seperti yang gw bilang di review film ini, Avatar adalah film termegah saat ini. Special effect nya yang luar biasa bukan cuman nilai jual Avatar, tapi juga dengan cerita yang cukup bagus. Tapi sebagus apapun cerita dan akting, semua orang pasti akan terpana dengan keindahan effect planet Pandora dan isinya.

5. Inglourious Basterds
Sempat membuat gw sangsi akibat sambutan yang biasa saja di Cannes, film ini terasa menendang gw. Dengan alur yang mendebarkan khas Tarantino, ditambah dengan penampilan cast yang brilian (kecuali Brad Pitt) membuat film ini menjadi salah satu film paling seru tahun ini.
4. Zombieland
Bosen gak sih sama film tentang zombie? Gw yakin pendapat lo akan berubah setelah nntn film ini. Dengan alur cerita yang klise, film ini ternyata mampu menghibur gw dengan jokes-jokes segar yang membuat gw terpingkal-pingkal. Performa akting aktor-aktris nya pun juga turut memperbagus film ini.
*3 besar film ini yang paling susah gw tentuin, karena menurut gw semua nya cocok jadi nomer 1...*
3. (500) Days Of Summer
Bingung mau mulai darimana. Penceritaan yang tidak biasa dengan cerita yang lumayan unik juga menjadi nilai positif film ini, selain faktor Zooey Deschanel yang notabene adalah aktris tercantik menurut gw. Film ini dipenuhi kata-kata yang bagus2, jokes-jokes ringannya pun oke banget dan pas, alunan musik yang asik juga jadi nilai plus. Ending juga gak biasa serta jauh dari kesan klise. Best rom-com this year and one of the best ever.
2. Star Trek
Sebuah reboot yang gila banget. JJ Abrams benar-benar telah memperkenalkan kembali dunia Star Trek ke gw (dan dunia, mungkin). Karakter-karakternya yang multiras memang unik banget, yang mainin juga pas banget. Alur yang dituturkan seru dan bikin betah nonton banget. Merinding tiap kali liat endingnya.
1. District 9
Sebuah sleeper hit musim panas lalu. Dari teasernya pun udah ketauan sebenernya, this movie was going to be awesome. Dengan cerita yang out-of-the-box, yang membuat kita, manusia adalah antagonis, betapa menegangkannya nasib Wikus yang difitnah dan harus mencari cara agar mengembalikan tubuhnya yang mulai berubah menjadi alien. Debut yang luar biasa fantastis dari Sharlto Copley sang aktor dan sutradara Neil Blomkamp. Di set seperti film dokumenter, yang membuta film ini terasa nyata, ditambah dengan special effect yang gak kacangan, plus ending yang luar biasa..... (tonton sendiri), membuat gw menobatkan film ini sebagai film paling memuaskan yang gw tonton tahun ini.

The front-runners: Watchmen, Coraline, The Damned United, Departures
Dan dengan catatan gw belom nntn: Where The Wild Things Are, The Fantastic Mr. Fox, Up In The Air, A Single Man (dan semua yang berbau Oscar deh), The Princess and the Frog, dan masih banyak lagi *maunya apaan sih? hahahha*

SPECIAL AWARD!
MOST DISAPPOINTING *film yang gw sangka bagus, tapi malah jauh dari harapan*
Paranormal Activity yang melempem dan boring sepanjang film
KambingJantan yang kembali membuat gw antipati kepada film Indonesia

SURPRISINGLY GOOD *film yang gw sangka jelek, malah seru banget jadinya*
Inglourious Basterds blame the Cannes media hahahhaa
Coraline gw kira bakal basi dan ngebosenin, ternyata oke juga

BEST & WORST CINEMATIC EXPERIENCE
Best: Star Trek lebih ke masalah personal sih, bayangkan sebulan ditunda penayangan tambah bikin penasaran, terus nonton bareng sekelas. Pulang sekolah jam 14.00 tapi film main jam 14.15. Bel bunyi, semua langsung ngibrit ke mobil (sebelumnya udah dibagi siapa naik siapa). Jalan macet, jadi ngomel dijalan, tapi akhirnya jadi juga. Salah satu kenangan terbaik di SMA (bahkan gw masukin YearBook :D)
Worst: Watchmen this is a hard movie to digest. Dan Cilandak 21 bener2 bikin emosi ketika di awal-awal film ada sedikit gangguan, tiba-tiba film nya mati. Tiba-tiba ada petugasnya yang dateng ke depan layar dan ngumumin kalo mesin mereka yang 1 rusak dan kira-kira bakal terjadi kayak gitu kurang lebih 8x. WTF??? Untungnya mereka 'melanggar', jadinya 6x doang. Pas nonton bukannya asik mantengin filmnya, malah nungguin dan ngitungin berapa kali mat.

BEST SOUNDTRACK
Where The Wild Things Are Lagu dari trailernya pun (Wake Up - The Arcade Fire) udah keren banget, totally uplifting. OST nya All Is Love yg dinyanyiin Karen O juga gak boleh dilewatin!
(500) Days Of Summer semua lagu dari film ini enak-enak banget. Dimulai oleh Us nya Regina Spektor yang enak banget, terus juga Sweet Disposition dari The Temper Trap yg ternyata vokalisnya orang Indonesia (!!)

BEST POSTER
Teaser Angels & Demons
Theatrical Away We Go
Character Harry Potter and the Half-Blood Prince

BEST QUOTESAll of them from (500) Days Of Summer)

UNFORGETTABLE MOMENTS
WTF Scene The fat guy being torn into two - Dead Snow
Tear-jerker Ellie's dying - Up
Funniest opening texts of (500) Days of Summer

*probably be updated anytime soon, or not*

Well.. segini aja sih yg mau gw share. Overall, 2009 cukup lumayan film-filmnya. Nothing too special tahun ini (tidak seperti tahun kemaren yg ada The Dark Knight). Semoga di 2010 film2nya makin asik lagi!

15 comments:

  1. hahahaha...coba Watchman nontonya gak pake halangan, pasti gak bakal masuk worst ya.
    District 9 memang keren banget.

    ReplyDelete
  2. iya nih padahal filmnya berat om hahaha

    ReplyDelete
  3. eh, worst cinematic experience bukan berarti worst movie kan? watchmen bagus juga lo hahaha.
    anyway spelling coraline nya salah tu yang di list 'The front-runners' :D

    ReplyDelete
  4. wahaha gue barusan dikasih link website ini sama temen dan menurut gue ini sangat keren!

    lo berani ngasih komen lo sendiri tentang film yang lo tonton, meskipun hal itu berarti berbeda dengan yang selama ini beredar di rottentomatoes, imdb, dan movie critics website lainnya! great!

    nice writings there!

    oiya, coba deh tonton film2 tipe film festival such as antichrist (2009), the diving bell and the butterfly, old boy (atau judul lainnya "The Mature") those movies juga sama2 bagusnya seperti film2 mainstream lainnya :P

    btw, gue add blog lo ke blogroll gue ya? thanks!

    ReplyDelete
  5. @adit: iya kok bukan berarti worst movie.. tapi gara2 nntnya waktu itu terganggu agak sedikit berdampak sama penilaian jg hahaha oiya salah! thank you udah dikoreksi :)!

    @angga: wes makasih ya! sebenernya suka jg nntn film2 kelas festival, tapi *masih* lebih sering nntn yg mainstream hehehe oke saya link jg!

    ReplyDelete
  6. suasana pas nonton emang berpengaruh banget yaa ris sama penilaian akhir film.. aku juga pernah tuh nonton terganggu, jdnya ga enjoy.. >.<

    ReplyDelete
  7. @gabby: iya kan mbak, jadi agak susah mencerna maksud film.. mungkin kalau ditonton ulang bakal jadi lebih bagus

    ReplyDelete
  8. avatar emang keren :) nice review! gue link ya? check mine movie-klik.blogspot.com hehehe

    ReplyDelete
  9. *subjektip no jutsu*

    Harry Potter is the best! jahaha..

    ReplyDelete
  10. @Ranggita: thanks! nanti di link balik!

    @weww: hahaha memang kalo udah favorit biasanya suka subjektif

    ReplyDelete
  11. If there is an award for movie reviewers, they should consider you as a candidate, mate!

    Viva la VAMPIBOTS!

    Ga nyesel gue meletakkan lo di jajaran 'Gifted Minds' blog gue.

    ReplyDelete
  12. @djaffri: I'm thrilled, sire! But there are still a lot of bloggers who are better than me though hehehe other than that, thank you!

    ReplyDelete
  13. 2009 banyak ketinggalan film bagus. versi saya, Mary&Max untuk yg terbaik di 2009.. nice post

    ReplyDelete
  14. @pepito: sayang bgt saya belom nntn Mary&Max yg katanya memang bagus.. hehe makasih ya!

    ReplyDelete
  15. aku agak reserved buat district 9. soalnya film pendeknya (yag jadi acuan film panjangnya) lebih bagus sih...

    hal yang sama buat film 9, yang versi pendeknya jauh lebih bagus dari film panjangnya.

    ReplyDelete