Tuesday, December 22, 2009

"Celebrate the magical night of Halloween"

Trick 'R Treat (2009)
Bercerita di sebuah malam Halloween, dimana orang-orang (umumnya di wilayah Amerika & Eropa) memakai kostum dan anak-anak kecil mendatangi rumah ke rumah meminta permen sembari meneriakkan; 'trick or treat'. Alkisah seorang suami istri yang baru saja pulang untuk merayakan Halloween. Sang istri dengan sengaja meniup lilin pada hiasan buah labu Jack-O-Lantern yang menurut tradisi adalah bad luck. Ketika sang istri mulai membereskan dekorasi Halloween, ia terganggu oleh sosok misterius yang mencoba membunuhnya. Di lain sisi, ada juga seorang kepala sekolah yang memiliki sebuah 'kebiasaan' aneh; segerombol pelajar yang iseng melewati malam Halloween di sebuah tempat jatuhnya bus yang melegenda; sekelompok wanita muda yang salah satunya dibuntuti oleh vampir; dan yang terakhir, seorang pemuda tua yang dihantui oleh anak kecil berkepala bulat yang ditutupi oleh sarung. Semua kejadian tersebut terjadi di malam Halloween yang sama dan saling berhubungan satu sama lain.

Film ini memakai metode multiplot seperti film Phobia, Babel bahkan Love Actually, dengan 4 cerita inti serta ditambah 1 cerita opening, kesemuanya berhubungan. Film ini sebenernya udah lama gw cari, dan gw udah liat posternya udah lama (bahkan di poster yang lama tulisannya rilis 2007!). Film ini menurut gw enak banget ditonton. Entah kenapa kayaknya beda aja dari film-film horror kebanyakan. Memang sama seperti review dari Horror Pop Corn, film ini agak gak jelas target penontonnya. Sebenernya secara garis besar film ini seperti film anak-anak ataupun remaja (karena banyak banget peran anak-anaknya), serem pun sebenernya gak begitu. Lelucon-leluconnya pun terasa gak begitu lucu buat orang dewasa (kayaknya). Tapi film ini menampilkan sedikit tingkat gore yang tinggi dan juga materi dewasa.
Untuk cerita nya sendiri sepertinya gw udah sering denger (baca: agak-agak klise). Tapi yang gw gak habis pikir adalah naskah nya dengan sangat cerdas memutar segala klise dengan benang merah yang keren banget dan ending setiap cerita yang twisted & gak ketebak! Salah satu kekuatan film ini adalah ketika gw berteriak "OOOOH HOLY SHIIIT" *mungkin gak gw ucapin kata2 itu jg sih* di setiap ending. Nicely done! Favorit gw adalah cerita ke-3 yang ada Anna Paquin nya, lo pasti gak bakal duga endingnya. Salah satu faktor film ini sedikit fresh ya karena sedikit aktor-aktor terkenal yang main disini (dan bagus!). Selain Anna Paquin, Dylan Baker dan Brian Cox.

Sebagai sebuah film yang bertema Halloween, gw bilang ini cukup bagus. Seharusnya ini yang gantiin franchise Saw sebagai annual Halloween movie. Jujur seru banget kalo tiap taun ada film-film horror kayak gini di Halloween. Walaupun di beberapa sisi agak lemah ceritanya, tapi tunggu sampe endingnya yang bener2 gila! Jokes-jokes yang ditampilkan juga gak garing-garing banget sebenernya. Not a masterpiece and not an A-grade movie, but a pretty nice one!

(***)

Bad Hat Harry Pictures
Cast: Dylan Baker, Anna Paquin, Brian Cox, Quinn Lord, Lauren Lee Smith
Written and directed by: Michael Dougherty

1 comment:

  1. really really want to watch this one! kenapa ya gak dirilis rilis secara formal di amrik, padahal konsepnya aja ud keren banget!

    ReplyDelete