Thursday, December 3, 2009

"Football is a beautiful game, Austin. And it needs to be played beautifully"

The Damned United (2009)
Inggris awal dekade 70an, Brian Clough (Michael Sheen) beserta asistennya Peter Taylor (Timothy Spall) adalah seorang manager dan coach dari klub sepak bola di kota kecil bernama Derby County. Sebelumnya, Derby County adalah klub kecil yang tidak memiliki prestasi gemilang. Sampai ketika Derby kedatangan tamu istimewa, Leeds United, salah satu klub besar pada saat itu. Selama ini Leeds memang memiliki reputasi dalam permainannya yang kasar. Ketika bertanding melawan Derby, Brian tidak terima bahwa timnya dicurangi, ditambah lagi sikap arogan manajer Leeds, Don Revie (Colm Meaney). Sejak saat itu ia bertekad untuk mengalahkan Leeds, hal yang sedikit sulit mengingat Derby ada di ujung 2nd Division, sedangkan Leeds di puncak 1st Division. Membeli pemain-pemain mahal pun dilakukannya, tanpa menggubris komentar dari sang chairman Sam Longson (Jim Broadbent).
Film ini dituturkan secara bolak-balik. Di awali pada tahun 1974, dimana ia direkrut menjadi manager Leeds Utd menggantikan Don Revie yang menjadi manager timnas Inggris. Serta adegan-adegan flashback ketika ia masih di Derby, perjuangannya membawa Derby ke 1st Division sampai masa-masa ia meninggalkan Derby.

Di dalam benak gw pertama kali adalah bahwa film ini akan berbicara banyak tentang olahraga sepak bola. Terus gw jg mikirnya film ini akan menceritakan cerita klise tentang manager/pelatih baru yang awalnya dibenci oleh timnya lalu dengan segala filosofi bijak yang ia bawa plus teknik yang baru membuat ia kemudian menjadi pahlawan baru bagi anak-anak didiknya. Ternyata gw salah. Film ini bukanlah tipikal film-film seperti Remember The Titans atau semacamnya. Pertandingan-pertandingannya pun banyak yang di skip. Lalu film ini becerita tentang apa?
Film ini ternyata berisi tentang pelajaran bermakna tentang ambisi dan obsesi. Salah satu tokoh di film ini sempat berkata (tapi gw lupa kata-kata pastinya hahaha) bahwa di satu sisi kita memang sangat perlu memiliki obsesi, karena dengan itu kita jadi termotivasi buat jadi lebih baik. Tapi ketika obsesi itu udah mengontrol kita, banyak hal-hal yang gak enak bakal menimpa kita. Seperti ambisi Brian Clough ingin mengalahkan Leeds.
Sedikit spoiler disini. Film ini bahkan tidak menitikberatkan di poin ketika Brian dengan sangat sukses membawa Derby menuju titik cerah. Tapi lebih ditonjolkan perjuangannya untuk mengalahkan Leeds dan tentu saja sang manager Don Revie serta ambisi berlebihan yang ia miliki ketika ia menjadi manager Leeds. Film ini tidak menyajikan bagaimana Brian mensukseskan Derby, tapi bagaimana Brian jatuh akibat obsesi yang yang kelewat besar untuk mengalahkan Leeds. Sampai dia harus memutuskan hubungan dengan sahabatnya sendiri.

Walaupun alurnya maju-mundur, film ini berjalan dengan sangat mulus bagi gw. Diawali dengan beberapa pertanyaan, dengan hadirnya flashback-flashback itulah pertanyaan-pertanyaan diawal mulai satu-persatu terjawab. Tetapi menurut gw yang menjadi kelebihan dalam film ini adalah Michael Sheen yang berperan sebagai Brian Clough. Aktingnya begitu menawan disini. Sekilas sedikit mengigatkan gw dengan Tom Hanks campur Tim Curry di beberapa bagian (hahaha ngaco). Tapi serius, sepertinya kalau bukan Michael Sheen yang main, Brian akan terasa hambar. Hal serupa juga gw rasakan kepada tokoh Peter Taylor yang diperankan Timothy Spall. Sang Petter Pettigrew dalam film Harry Potter ini gw rasa begitu pas berperan sebagai sidekick Brian yang sabar.
Film ini memang tidak terlalu banyak menampilkan adegan pertandingan bola yang spektakuler. Mungkin ini akan sedikit membuat para fans olahraga ini sedikit kecewa. Tetapi film ini menceritakan tentang bagaimana menjadi coach sebuah tim sepak bola, yang sama sama krusial dengan pemain itu sendiri. Dari sini gw juga belajar bahwa jadi manager atau coach itu juga gak segampang itu. Sama seperti pekerjaan sutradara dalam menghasilkan film.

Film ini adalah film tentang sepakbola terbaik yang pernah gw tonton (yah walaupun adegan tandingnya dikit). Pesannya yang sangat dalam dengan sangat cerdas diselipkan dalam suka-duka sang manager. Penampilan pemainnya pun sangat baik. Michael Sheen sangat pas berperan sebagai Brian Clough dengan segala besar mulutnya itu. Menjadi tokoh yang disatu sisi kita cinta tapi di sisi lain juga kita benci sama dia. Pemain lain pun juga begitu baik memerankan perannya. Agak lucu sih sebenernya bagi gw mendengar aksen-aksen Inggris disini hahaha gak kebiasaan. Salah satu film paling inspiring tahun ini. Totally recommended.

Naskah: 8/10 - Pemain: 8/10 - Ending: 8.5/10 - Overall: 8/10

BBC Films
Cast: Michael Sheen, Timothy Spall, Colm Meaney, Jim Broadbent, Stephen Graham, Billy McDonald, Brian McCardie, Giles Alderson
Written by: Peter Morgan (screenplay), David Pearce (novel)
Directed by: Tom Hopper

2 comments:

  1. aaaaaa makin cinta sama VAMPIBOTS. udah lama ga buka, jadi keren banget. gue pindahin deh link VAMPIBOTS ke bagian 'GIFTED MINDS'! :D

    dan soal The Damned United, mantap. tone-nya juga adem.

    ReplyDelete
  2. hahahah terimakasih banyak bang Djaffri!

    ReplyDelete