Sunday, June 6, 2010

"This isn't 'good cop, bad cop'. This is fag and New Yorker"

Film ini bercerita tentang Harry Lockhart (Robert Downey, Jr), seorang kriminal rendahan dari New York. Tanpa sengaja, di suatu pengejarannya oleh polisi, ia terdampar di sebuah audisi aktor. Sebelumnya, di saat pengejaran, rekannya tewas tertembak. Hal itu membuatnya sedih dan menumpahkan perasaannya dalam 'audisi' tersebut. Akibat dari itu, sang produser mengundangnya ke LA untuk turut bermain dalam filmnya sebagai seorang private detective. Dengan alasan mendalami perannya, diutus Perry 'Gay Perry' Van Piers (Val Kilmer), seorang private detective asli untuk membantu Harry.
Tanpa sengaja di suatu pesta, Harry bertemu dengan teman semasa kecil serta long-time crushnya, Harmony Faith Lane (Michelle Monaghan). Harmony bekerja sebagai artis kecil-kecilan yang juga tanpa sengaja diundang ke pesta tersebut. Suatu malam, Perry mengajak Harry untuk ikut dalam suatu investigasi yang berujung ketika mereka menyaksikan usaha pembunuhan seorang wanita ke dalam mobil yang tenggelam. Akibat dari itu, mereka berdua terlibat dalam spionase yang ternyata berhubungan dengan adik dari Harmony dan anak konglomerat.

Film yang disebut-sebut sebagai 'Most Overlooked Film in 2005' ini memang memiliki aspek-aspek plus yang membuat film ini sangat amat seru untuk dinikmati. Dibuka oleh opening yang cukup artistik dan perkenalan sang tokoh utama sebagai narrator film ini yang cukup menggelitik. Suasana komedi yang dibangun di awal film membuat film ini terasa sangat menjanjikan from the very first minute. Untungnya, selama film ini berjalan, humor yang ada tidak menurun, bahkan makin lucu dan berkualitas. Salut kepada Shane Black yang menulis naskah dan turut menyutradarai film ini. Semua dialog mulai dari one-liners sampai interaksi antar tokohnya luar biasa lucu. Lucu nya gak slapstick dan terkesan murahan. Ceritanya pun ditulis dengan lumayan baik dan tidak membosankan. Gw masih teringat-ingat salah satu adegan favorit gw dari film ini ketika si karakter Harry menemukan mayat di kamar mandi apartemennya. You should see it for yourself what did he do to the corpse! Lucu banget! Dan juga pas Harry tanpa sengaja menembak seseorang karena salah hitung peluang di pistolnya hahaha

Dialog-dialog yang brillian itu sepertinya akan hambar kalau tidak diperankan dengan baik, and thanks to the cast which got it right. Robert Downey Jr. sepertinya memang pas memainkan karakter komedi seperti ini. Agak mirip dengan karakternya di Iron Man dan Sherlock Holmes, walaupun dalam film ini, Harry Lockhart tidak bisa dikatakan 'pintar'. Sedikit khawatir sebenarnya kalau akhirnya ia akan terjebak dengan stereotip seperti ini. Di antara film-film itu menurut gw Downey paling bagus main di film ini. Chemistry yang dibangunnya dengan Val Kilmer maupun Michelle Monaghan tidak bisa disepelekan. Gw tidak terlalu familiar dengan film-film Kilmer yang lain kecuali Batman Forever, tapi gw yakin sepertinya aktingnya di film ini adalah penampilannya yang terbaik. Sebagai partner-in-crime Harry, karakter Perry yang dimainkan Kilmer juga sama-sama lucu dengan dialog sarkastisnya. And Monaghan? She's pretty hot. Penampilannya juga tak kalah bagus. Dirinya juga gak terkesan hanya 'pemanis' bagi duo Harry dan Perry, tapi turut melengkapi petualangan mereka.

Cerita detektif dengan sedikit nuansa noir adalah salah satu tema yang paling gw suka. Film ini menampilkan cerita misteri yang lumayan seru untuk ditonton. Suspense nya cukup membangun tense dan beberapa twistnya juga disampaikan dengan baik. Narasi yang dilontarkan oleh karakter Harry Lockhart (walaupun sedikit) juga membuat film ini unik dan makin kocak. Tapi di beberapa bagian rasanya kok agak terlalu ribet ya. Is it just me? Di beberapa scene dalam film ini juga terasa sedikit too awkward dan agak janggal dan terkesan hanya tempelan saja. Ketidakjelasan klise beberapa poin juga sedikit mengganggu sih. Walaupun banyak sekali film ini menyindir ke-klise-an film-film sejenis, tapi unsur 'accidentally' yang ada di film ini juga terasa sedikit sangat kebetulan banget. Yah after all, this is just a movie. Untungnya secara garis besar, kekurangan film ini tidak terlalu berarti akibat poin-poin plus yang gw sebut.

Seperti yang gw sebutkan di atas film ini dianggap sebagai 'Most Overlooked Film In 2005' memang benar adanya. Selain memang memiliki komedi yang berkualitas, ceritanya yang walaupun agak ribet tapi tetap saja masih bisa dicerna. Film ini juga memiliki sedikit aura mainstream yang sebenarnya mampu mengundang massa kalo menurut gw. Agak aneh juga film dengan bintang-bintang yang cukup dikenal harus dirilis secara limited membuat keuntungannya hanya 4 juta dollar. Sayang banget, film-film cerdas dan entertaining seperti inilah yang harusnya lebih banyak dibuat.

Witty and incredibly fun movie. Sebagai film komedi, film ini sangat berhasil membangun atmosfir humor yang seru dan kocak, sebuah film yang seru untuk ditonton ulang. Cerita detektifnya pun membuat gw semangat menerka-nerka jawaban misteri yang harus dipecahkan karakternya. Di luar kekurangan-kekurangan film ini, Kiss Kiss Bang Bang harus gw akui adalah satu dari sedikit film komedi thriller crime original yang sangat menyegarkan. Naskah yang menghibur dengan humornya serta penampilan castnya yang bermain dengan baik berhasil menutupi poin-poin minus dari film ini. Coba agak sedikit diperbaiki di beberapa aspek, film ini akan menjadi masterpiece. Tapi dengan hasil yang seperti ini sudah lebih dari cukup untuk sebuah tontonan segar. Favorit? Tentu saja.

(****)

Warner Bros. Pictures
Cast: Robert Downey Jr., Val Kilmer, Michelle Monaghan, Corbin Bernsen
Written by: Shane Black, Brett Halliday
Directed by: Shane Black

*sepertinya akan mengganti format penilaian menjadi sistem 5 bintang*

No comments:

Post a Comment

Post a Comment