Saturday, August 25, 2012

Review: Bernie (2012)

Plot: Bernie Tiede (Jack Black) adalah seorang asisten pemakaman di kota kecil bernama Carthage di Texas, US. Di lingkungan tersebut Bernie dipandang sebagai seorang yang baik hati, ramah, pandai bersosialisasi, caringpeople's person, in short. Bernie kemudian menjalin 'persahabatan' dengan seorang wanita tua yang kasar dan bersikap dingin bernama Marjorie 'Marge' Nugent (Shirley McClaine) setelah Marge kehilangan suaminya. Marge lambat laun semakin posesif terhadap Bernie dan membuat Bernie mengerjakan semua kebutuhan Marge. Hingga ketika Marge tak pernah muncul lagi setelah berminggu-minggu, Bernie pun kemudian dicurigai atas absennya Marge.

Review: Jack Black sepertinya sudah diketahui umum sebagai salah satu komedian yang cukup terkenal di Hollywood. Walaupun lebih dikenal sebagai aktor film-film komedi seperti di School of Rock (2003), Nacho Libre (2006), Tropic Thunder hingga film komedi hit Kungfu Panda (2008) serta sekuelnya (2011), Black juga tidak begitu asing dalam peran-peran yang lebih serius. Seperti yang bisa dilihat di King Kong (2005), The Holiday (2006) atau Margot at the Wedding (2007). Setelah School of Rock, Jack Black dipertemukan kembali dengan sutaradara Richard Linklater (Before Sunrise; Before Sunset), kini dengan sebuah film 'tragicomedy' berjudul Bernie. Bernie awalnya tayang perdana di festival film Los Angeles tahun 2011 lalu, tetapi kemudian baru dirilis di bioskop-bioskop US sekitar April tahun ini. Walaupun memiliki unsur comedy, Bernie ini termasuk dalam dark humor, melihat subject matter-nya yang cukup sensitif. Bernie diangkat dari sebuah kisah nyata yang terjadi di Texas beberapa tahun silam. Setelah kematian sang suami, Marge Nugent, seorang wanita berumur yang kaya diberi support moril oleh Bernie, seorang asisten pemakaman, yang mana memang sudah menjadi kebiasaan bagi Bernie yang ramah kepada setiap orang. Marge kemudian menjadi terlalu bergantung dengan Bernie dan menjadikannya asisten setiap kebutuhannya serta mengurung Bernie dan melarangnya beraktivitas sosial dengan organisasi ataupun dengan perkumpulan warga lainnya. Bernie memang terlalu baik untuk berkata tidak. Semua warga maklum, baik dengan kebaikan Bernie serta dengan sifat posesif Marge.

Gaya bertutur Bernie ini cukup berbeda, walaupun tidak bisa dibilang original juga; yaitu dengan menggabungkan beberapa interview dari penduduk kota Carthage tentang asal usul Bernie serta bagaimana hubungannya dengan sang janda milyuner tersebut. Linklater bahkan memakai warga asli Carthage untuk ikut berpartisipasi dalam film ini dan memberikan opininya terhadap Bernie dan kasus tersebut. Pengakuan dan cerita dari para warga tersebut lah yang bertindak layaknya 'narator' bagi film ini. Menurut saya yang ditampilkan oleh film ini adalah sebuah dilema tersendiri dan begitu mempertanyakan moral. Bernie adalah orang yang baik. Begitu yang dirasakan dan dipercaya oleh sebagian besar warga Carthage. He's not capable of of whatever he's allegedly done.  Bernie dikenal warga sebagai pribadi yang ramah, selfless serta selalu mendahulukan kepentingan publik dibandingkan masalah pribadi. Sedangkan Marjorie, dikenal sebagai 'straight-up bitch'. Seorang yang rude dan anti sosial. Sudah jelas lah ketika kasus mulai merebak dan Bernie menjadi tersangka, kepada siapa warga akan berpihak? Lewat kasus ini lah sidang Bernie dipindahkan jauh dari Carthage untuk memberikan verdict yang adil. Film ini juga sepertinya ingin menggarisbawahi masalah 'perception'. Ketika Bernie telah ditangkap dan memberikan pengakuan (not a spoiler, IMO), penduduk Carthage terbagi menjadi dua; warga yang simpati dan mengenal Bernie sebagai seorang 'angel' serta detektif  yang menangani kasus ini (Matthew McCounaghey) dan keluarga Marjorie yang menganggap Bernie tak lebih dari seorang pembunuh berdarah dingin. Omongan-omongan yang  keluar dari mulut para warga semua nya memuji kebaikan dan sedikit 'memaklumi' kesalahan Bernie, sedangkan sang detektif memberikan Bernie julukan 'angel...of death'

Walaupun ternyata kisah nyata nya tidak begitu 'ambigu' seperti ini (dalam film ini Bernie terlihat benar-benar baik), tetapi tetap saja Bernie mampu mengangkat isu yang menurut saya lumayan provoking ini. Jack Black sekali lagi membuktikan bahwa ia dapat memberikan penampilan dalam peran yang cukup serius. Walaupun bagi saya peran seperti ini bukan lah kekuatan utama Black, apa yang ia tampilkan mampu memberikan sebuah gambaran yang jelas terhadap karakter tersebut. In short, he got my sympathy. Shirley MacLaine dan Matthew McCounaughey adalah peran yang cukup minor disini walaupun karakter mereka cukup vital. Tetapi mereka dapat mencuri perhatian ketika peran mereka muncul di layar. Linklater membuat film ini dengan embel-embel comedy, atau lebih tepatnya tragicomedy. Tetapi saya sendiri kurang begitu terkesan dengan komedi yang ditawarkan oleh Bernie. Entah memang saya tidak cocok dengan komedi seperti ini, atau memang comedy about someone's murder is not really a good idea. Teknik wawancara yang dipakai dalam film ini sebenarnya cukup efektif, membuat film ini terkesan seperti sebuah acara investigasi yang runtut dalam bercerita. Tapi saya agak kurang begitu bisa menikmati paruh awal film ini sih. Waktu yang dipakai sebagai build-up character untuk Bernie kurang greget, terlalu lama dan kesannya begitu bias terhadap Bernie dan tidak begitu bercerita lewat point-of-view Marge.

Overview: Karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Itu yang saya ingat setelah menonton film ini. Seorang yang melakukan begitu banyak hal dan bersikap baik terhadap komunitas, —all his live— tetapi karena satu kesalahan fatal, membuat dirinya harus merana seumur hidup. Tapi yang lebih penting adalah how do all the townspeople cope with his situation, considering that Bernie is like an angel to them? Is he good? Or is he evil? Was it really an accident? Apa karena satu kesalahan, seseorang harus dicap dihukup selamanya karena itu, regardless of other good things that he's done? For a film, Bernie mungkin agak berjalan kurang cepat dan saya kurang menangkap unsur dark humor nya. Good, not great, perfomances by Jack Black, McConaughey, MacClaine and all the townpeople. One thing's for sure, Bernie telah membuat saya mempertanyakan ini ke diri sendiri berhari-hari: what will I do with Bernie?


Bernie (2012) | Comedy, Crime, Drama | Rated PG-13 for some violent images and brief strong language | Cast: Jack Black , Shirley MacLaine, Matthew McConaughey, Brady Coleman, Richard Robichaux, Rick Dial | Screenplay by: Skip Hollandsworth, Richard Linklater | Directed by: Richard Linklater

1 comment:

  1. reviewnya bagus min :) ysng mau baca review film terbaru, bisa langsung ke http://gostrim.com/category/movie-review/ selamat membaca :)

    ReplyDelete