Saturday, February 15, 2014

5th VAMPIBOTS ANNUAL LIST: Best Female Performances

Hello again! Saatnya kita beralih kepada Best Female Performances di tahun 2013 kemarin. Dibandingkan Male Performances, bagi saya sedikit lebih sulit untuk memilih performer-performer wanita yang mengesankan tahun lalu. Bukan karena jumlahnya sedikit, teteapi malah sebaliknya. Banyak yang terpaksa harus 'disingkirkan'. I'm kinda tired writing introduction actually haha so let's cut the crap and make way for the ladies......

________________________________________________________________________________

SUPPORTING
Runner-ups: Amy Adams as Amy (HER), Pauline Burlet as Lucie (THE PAST), Sally Hawkins as Ginger (BLUE JASMINE), Jennifer Lawrence as Rosalyn Rosenfeld (AMERICAN HUSTLE), Julia Roberts as Barbara Weston-Fordham (AUGUST: OSAGE COUNTY) 

#5 — Carey Mulligan as Jean Berkey in INSIDE LLEWYN DAVIS
Terbiasa melihatnya berperan sebagai gadis manis dan/atau lugu, agak terperangah juga saya awalnya melihat penampilan keras dan agak bitchy dari Mulligan dalam film ini. Took me by surprise, tetapi juga meyakinkan saya bahwa Mulligan adalah salah satu aktris paling versatile dan berbakat di generasi ini.


#4 — Julianne Nicholson as Ivy Weston in AUGUST: OSAGE COUNTY
Ketika para contention memilih Meryl Streep atau Julia Roberts sebagai duo wakil terbaik dari August: Osage County, saya lebih terkesan dengan penampilan Nicholson sebagai anak bungsu yang terabaikan disini. Sebagai karakter anak yang bukan favorit ini benar-benar terasa sekali dari raut muka dan ekspresinya. Pedih sekali melihat tokoh yang paling 'waras' dari semua anggota keluarga harus menerima kenyataan pahit di akhir kisah. 


#3 — Lupita Nyong'o as Patsey in 12 YEARS A SLAVE
One of the best breakthrough actresses of the year. This year's Jessica Chastain, you might add. Lupita mungkin nama yang asing dan baru, tetapi performa devastating yang ia pancarkan sebagai seorang budak wanita yang terperangkap oleh pasangan majikan yang meng-abuse-nya (physically and emotionally) seakan akting telah mendarah daging pada dirinya.


#2 — June Squibb as Kate Grant in NEBRASKA
Okay, everybody looooves a foul-mouthed granny, no? Hahaha June Squibb benar-benar menjadi scene-stealer dalam film ini. Sebagai seorang nenek yang blak-blakan dalam berbicara dan bertingkah, karakter Kate yang diperankan oleh Squibb uniknya terasa menjadi nyawa film ini. Setiap karakternya menghilang dari layar, selalu ada rasa rindu akan hadirnya sang nenek lengkap dengan celotehan kasarnya.


#1 — Scarlett Johansson as Samantha in HER
Siapa yang menyangka bahwa Johansson bukanlah pilihan pertama sebagai pengisi suara operating system super pintar dalam film romantis ini. Ia menggantikan Samantha Morton yang ternyata juga sudah merekam seluruh dialog karakter Samantha. Tetapi pada akhirnya, sulit sekali membayangkan orang lain selain Johansson dengan suara sensualnya 'berakting' sebagai Samantha. Ini memang bukan penampilan supporting yang tradisional. Kita tidak bisa melihat ekspresi akting dari muka Johansson yang sesungguhnya. Tidak ada bedanya dengan pengisi suara karakter animasi, sebenarnya. Tetapi hanya dari suaranya saja, saya sudah terkesan dengan 'penampilan' Johansson. Sweet, sexy and just simply amazing. Maka dari itu, saya tidak bisa tidak memilihnya sebagai Best Female Supporting Performances of the Year!

________________________________________________________________________________


LEADING
Runner-ups: Julie Delpy as Celine (BEFORE MIDNIGHT), Luminita Gheorghiu as Cornelia Keneres (CHILD'S POSE), Meryl Streep as Violet Weston (AUGUST: OSAGE COUNTY), Emma Thompson as P.L. Travers (SAVING MR. BANKS), Mia Wasikowska as India Stoker (STOKER)

#5 — Adèle Exarchopoulos as Adèle in BLUE IS THE WARMEST COLOR
Terserah apakah anda termasuk kubu yang cinta atau tidak suka dengan filmnya (saya netral-netral saja sih), tetapi tak dapat dipungkiri bahwa Exarchopoulos menyajikan sebuah performa yang berani, raw, dan menjanjikan dalam film ini. Apalagi mengingat ini adalah debut aktingnya. Can't wait to see what more can she offer us in the future.


#4 — Brie Larson as Grace in SHORT TERM 12
Sebuah performa yang diam-diam menghanyutkan. Di balik tatapan tegasnya dan sikap tertutup yang ditunjukkan oleh karakter Grace, tersimpan sebuah luka dalam yang menghantuinya. Brie Larson berhasil memberikan akting yang sangat baik disini. Tidak menggebu-gebu, tidak pula termehek-mehek. And it all seems so genuine.


#3 — Sandra Bullock as Dr. Ryan Stone in GRAVITY
Boleh lah banyak yang mencerca kemenangan Oscar-nya beberapa tahun silam, tetapi lewat performa aktingnya disini, rasanya Bullock dapat tertawa lebar sekarang. Dirinya berhasil menghidupkan film ini. She was literally all alone in most of the screen times, and she gave us an A-grade acting in all of em. Tanpa akting yang mumpuni dan meyakinkan, rasanya hasilnya tidak akan semenakjubkan ini. Great job!


#2 — Greta Gerwig as Frances Halladay in FRANCES HA
Banyak yang berargumen bahwa Gerwig hanyalah memerankan dirinya sendiri dalam film ini. But who cares?? Frances adalah sebuah karakter yang begitu fun, charming and adorable in her own quirky way. Mungkin memang begitulah karakter Gerwig di dunia nyata. Or maybe not. Apapun itu, Gerwig bagi saya sukses menampilkan sebuah karakter yang exciting, cheerful and lively. And that's good enough for me :)


#1 — Cate Blanchett as Jeanette "Jasmine" Francis in BLUE JASMINE
Kalau kemarin saya menyebutkan Jared Leto sebagai the best male performance of the year, rasanya gelar untuk female harus jatuh kepada Cate Blanchett. Bahkan saya berani bilang bahwa Blanchett gave the best performances of the year, male or female. Awalnya ragu ketika hype Blanchett mulai terdengar. Tetapi setelah menyaksikan sendiri, Blanchett benar-benar memberikan akting top-class dan bahkan bisa saya katakan sebagai the best performance of her career. Sebagai seorang sosialita yang harus menerima kenyataan bahwa kehidupan glamornya kini tinggal kenangan, Blanchett memberikan performa nervous breakdown yang benar-benar meyakinkan. Di balik seluruh lontaran ignorant yang terkadang memang menyebalkan, kita tetap dibuat simpati dengan karakter ini. Ada rasa iba yang dipancarkan oleh mimik dan ekspresi Blanchett sebagai Jasmine. That's why I will say it again; this is *the* performance of the year.

________________________________________________________________________________

A slight change of plan....... I will post my Best Films of 2013 next!! Dikarenakan saya ternyata lebih dulu menyelesaikan tulisan saya untuk post tersebut, sebelum Essential & Tech Awards yang saya janjikan kemarin, jadi sepertinya saya akan mem-posting bagian film-film terbaik terlebih dahulu. So... stay tuned!!

4 comments:

  1. Love the list! Nice to see all of your massive love for HER. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, Dan! .......and that's kind of a hint. Or not. :p hahaa

      Delete
  2. glad the hype for Blanchett's grade A performance live up to your expectation! :)

    ReplyDelete