Thursday, January 8, 2015

6th VAMPIBOTS ANNUAL LIST — Forewords

To start this post off, terlebih dahulu saya ingin mengucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke-6 untuk blog VAMPIBOTS. You are one of my proudest achievements, dan walaupun sudah tidak lagi rajin di-update, semoga tetap masih bertahan untuk bertahun-tahun ke depan.

Tahun 2014 adalah tahun yang bagi saya cukup spesial. Tahun ini saya menanggalkan status mahasiswa dan mendapat gelar sarjana. Tahun ini saya mulai memasuki jenjang pendidikan yang sedikit lebih tinggi dari sebelumnya, dimana saya mempersiapkan diri saya untuk kemudian mengabdi pada masyarakat nantinya. Di tahun inilah mata saya seakan lebih terbuka terhadap betapa mahalnya 'sehat' itu. yang tentunya membuat saya lebih bersyukur dengan keadaan saya sekarang. Banyak hal yang saya pelajari, orang yang saya temui, tindakan yang saya lakukan dan kesempatan membuka wawasan dengan guru, senior, teman, baik yang lama maupun yang baru. 

But enough about me. Film-wise, 2014 bagi saya adalah tahun yang cukup berkesan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Beberapa saat yang lalu saya mendengar celetukan dari beberapa orang bahwa tahun ini adalah sebuah 'weak year' bagi perfilman. Dan opini tersebut selalu saya dengar di setiap tahunnya. Tetapi saya menyadari bahwa setiap tahun pasti akan selalu ada (dan cukup banyak jumlahnya) film-film berkualitas, jika memang kita menyaksikan film-film yang tepat. And I think that I've watched the right movies so far. Dibandingkan tahun lalu, rasanya tahun ini malah lebih sulit bagi saya untuk mengeliminasi film-film agar 'muat' ke dalam daftar Best Films of 2014. Ngomong-ngomong tentang Best Films, list ini sebenarnya sudah hampir 80% fixed. Hanya tinggal beberapa film lagi yang harus saya saksikan (atau re-watch) untuk benar-benar memutuskan film-film terbaik versi saya. I've decided since early new year about my #1 pick, dan rasanya agak sulit untuk menggoyahkan pilihan pertama saya tersebut, but who knows?

Selain daftar film terbaik, saya pun sudah merencanakan untuk membuat beberapa list lainnya seperti tahun lalu. Dengan alasan keterbatasan waktu dan memang tidak cukup siap, dengan berat hati saya harus 'memotong' list Best Posters yang selama 6 tahun ini hampir tidak pernah absen dalam daftar tahunan yang saya buat. It's such a shame, and hopefully it'll make a comeback next year.

Saya tidak bisa berjanji kapan saya akan mengeluarkan daftar saya tersebut, tetapi saya harap semoga tidak terlalu lama. In the meantime, enjoy yourself watching movies, at the theaters or those leaked screeners haha and I wish you a happy new (movie) year!!

13 comments:

  1. Selamat ulang tahun, Vampibots! Semoga tahun 2015 ini makin lebih sering terisi. Minimal sebulan sekali aja udah cukup :) Anyway, ditunggu trus postingan daftar terbaiknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya :) Amin! Semoga besok2 makin sering nulis lagi. Terima kasih juga sudah sering berkunjung!

      Delete
  2. Finally. Sebenernya baru ngeh kalo di gudang leaked screeners kemaren itu ga ada Inherent Vice ya tapi who cares? Lol. And I think I can guess what'll be your #1 :D

    Can't wait!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah ada tuh Inherent Vice-nya haha well... guess again, it might not be what you think it is :p

      Delete
  3. Mana artikel barunya riz,
    Mana??
    Kok blm muncul juga
    Dah setahun nunggu rasanya
    huhuhuhu

    ReplyDelete
  4. yooo, selamat hari jadi untuk vampibots. moga semakin lancar kehidupan baik nyata maupun mayanya. =)

    ReplyDelete
  5. Aaaaa gw malahan tahun ini yg bingung mau kapan ngepostnya. Belom ada yang gw siapin dan kayaknya gw jg ga bakal buat Best Poster, dll gitu (lagi sibuk UAS, baru masuk kuliah lol). Btw, 2014 sebenernya tahun yg banyak film2 menarik buat gw, not great but very good. Yg sering2 sebut "weak year" itu sesungguhnya awards pundits. Mereka juga orang2 yg selalu bilang "it's a weak year for women" setiap tahun. Grrrr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yesss every year is a good movie year! Aaah and good luck to your studies, Dan. Cant wait to see your list too!

      Delete
  6. Berbilang bulan jugakah mesti menunggu??
    Hadeh

    ReplyDelete
  7. wahh padahal nungguin banget best film list dari vampibots

    ReplyDelete