Monday, February 9, 2015

6th VAMPIBOTS ANNUAL LIST — Best Male Performances

Masih dalam rangkaian Vampibots Annual List yang ke-6, kali ini saya akan membeberkan pilihan-pilihan saya untuk aktor-aktor terbaik di tahun 2014 kemarin. Without further ado, here they are....


SUPPORTING ROLES
Runner-ups: Zach Galifianakis as Jake in BIRDMAN, Kristofer Hivju as Mats in FORCE MAJEURE, Ben Mendelsohn as Neville Love in STARRED UP, Chris Pine as Cinderella's Prince in INTO THE WOODS, Tony Revolori as Young Zero Moustafa in THE GRAND BUDAPEST HOTEL.

#5 — Rupert Friend as Oliver Baumer in STARRED UP
Rupert Friend benar-benar memberikan emosi yang pas sebagai pemuda naif yang terjebak dalam drama ayah-anak ini hingga mampu menjadikan karakternya sebagai titik tengah di antara kedua broken characters tersebut.


#4 — Lily Franky as Yudai Saiki in LIKE FATHER LIKE SON
Karakter kikuk yang terkesan hanya akan menjadi sumber komedi ini nyatanya dibawakan dengan sangat baik oleh Lily Franky sehingga menjadi sebuah sosok yang mampu memancarkan kehangatan dan (surprisingly) kewibawaan seorang ayah. 


#3 — Ethan Hawke as Mason Evans Sr. in BOYHOOD
Another father figure greatly realized. Ethan Hawke berhasil menapilkan sesosok ayah yang terlihat begitu mencintai anak-anaknya walaupun dipisahkan oleh jarak, membuat karakternya terasa sangat 'dekat'. Unrestrained, controlled, and effortless performance.


#2 — Edward Norton as Mike Shiner in BIRDMAN
A true definition of a scene-stealing performance. Spontanitas dan arogansi yang ditumpahkan Edward Norton kepada karakter pretensius ini dimainkannya dengan meluap-luap, in a very very good way.  


#1 — J.K. Simmons as Terence Fletcher in WHIPLASH
Terence Fletcher is the combination of all of your killer teachers. Bengis, kasar, dan tanpa ampun. J.K. Simmons sebenarnya bisa saja membuat karakter ini menjadi sosok yang terlalu karikatur, tetapi lewat permainan apiknya, ia berhasil memberikan sebuah depth dan passion yang membuat penonton, somehow, dapat merasionalisasikan karakternya. And boy, did he nail that devilish performance. Just when you thought this character had a softer side to him, Simmons turned it all around again and gave you a much more evil stunt. Bravo.

________________________________________________________________________________

LEADING ROLES
Runner-ups: Steve Carrell as John du Pont in FOXCATCHER, Benedict Cumberbatch as Alan Turing in THE IMITATION GAME, Masaharu Fukuyama as Ryota Nonomiya in LIKE FATHER LIKE SON, Johannes Kuhnke as Tomas in FORCE MAJEURE, Eddie Redmayne as Stephen Hawking in THE THEORY OF EVERYTHING.

#5 — Jack O'Connell as Eric Love in STARRED UP
Memang bukan debut filmnya, tetapi lewat STARRED UP, kita diperkenalkan dengan gebrakan Jack O'Connell yang menyajikan penampilan yang begitu brutal sekaligus rapuh sebagai karakter pemuda vulnerable ini. A star was born, indeed.


#4 — Jack Gyllenhaal as Louis Bloom in NIGHTCRAWLER
Karakter psycho dan antisosial yang ditampilkan Jack Gylenhaal dalam film ini memang kadang mengingatkan kita pada karakter Joker yang dimainkan dengan brilian oleh alm. Heath Ledger. Pun begitu, Gyllenhaal tetap memberikan twist dan orisinalitas untuk karakternya ini, membuatnya menjadi lebih modern dan lebih dekat dengan keadaan media dewasa ini.


#3 — Ralph Fiennes as Monsieur Gustave H. in THE GRAND BUDAPEST HOTEL
Memberikan performa apik dalam film drama memang sulit, tetapi bagi saya lebih sulit ketika satu aktor harus memainkan karakter komedi tanpa terkesan hanya menjadi laughing stock semata. Dan Ralph Fiennes, atau lebih dikenal sebagai Lord Voldemort oleh beberapa remaja, dengan penampilan yang terkontrol dan terkalkulasi berhasil memberikan sajian komikal yang terasa sangat natural.


#2 — Michael Keaton as Riggan Thomson in BIRDMAN
Sebuah kisah klasik dimana aktor veteran yang sepertinya telah hilang ditelan bumi tiba-tiba kembali bersinar lewat film barunya. And with BIRDMAN, Michael Keaton soared high. Walaupun memang karakternya terlihat seperti personifikasi dari kehidupan nyatanya, tetapi Keaton mampu memainkannya dengan gemilang dengan sentilan sarkastik dan self-aware yang begitu pas.


#1 — Tom Hardy as Ivan Locke in LOCKE
Keaton boleh saja menjadi the comeback kid dan meraih berbagai awards disana-sini. Tetapi bagi saya penampilan akting terbaik oleh aktor utama jelas diraih oleh Tom Hardy dalam LOCKE. Tidak hanya menampilkan emosi yang naik turun, ia harus mempertahankannya sepanjang film, dimana kita hanya disuguhkan oleh karakternya yang berinteraksi dengan telefon di dalam mobil sepanjang film. Memang BURIED (2011) pernah melakukan hal yang sama, tetapi Tom Hardy dengan piawai mencurahkan emosinya sedikit demi sedikit, lapis demi lapis dan tetap menjaga intensitasnya hingga film berakhir. An incredible performance.

Next up, I still have Best Female Performances + more lists to come!

2 comments:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete