Saturday, January 23, 2016

7th VAMPIBOTS ANNUAL LIST — Best Films of 2015

The year 2015 has been such a roller-coaster-ride for me. Saya sempat merasakan kebahagiaan tiada tara, tetapi juga sempat berada di titik terendah, emotionally speaking, dalam hidup saya. It's not horrible per se, tetapi beberapa kejadian yang saya alami tanpa sengaja juga mempengaruhi mood saya sepanjang tahun, which was not really good for most of the time. Hasrat kembali menulis dan mengaktifkan blog ini selalu muncul, tetapi kejenuhan yang saya rasakan selalu menghalangi. Pada akhirnya, hal tersebut juga mempengaruhi jumlah dan pilihan film yang saya tonton, dan bagi saya sepertinya terefleksikan dalam daftar film terbaik ini. But enough about me, let's talk about movies.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, banyak dari film-film yang tidak sempat saya tonton sebelum saya harus menutup daftar ini. Film seperti SON OF SAUL, THE ASSASSIN, THE DUKE OF BURGUNDY, JAMES WHITE, THE ASSASSIN, QUEEN OF EARTH, THE LOOK OF SILENCE, A PIGEON SAT ON A BRANCH, YOUTH, EDEN, TOM AT THE FARM, GRANDMA dan beberapa judul lain yang entah karena belum tersedia untuk ditonton atau karena saya tidak dapat mengumpulkan cukup niat untuk menontonnya.

Memilih hanya 20 film saja untuk mengisi list tahunan ini memaksa saya dengan berat hati hanya memberikan plakat 'Honorable Mentions' untuk beberapa film yang tak kalah bagusnya. I really admire the visions shown on screen by some auteurs, such as in THE REVENANT (Alejandro G. Inarritu), ANOMALISA (Charlie Kauffman) and THE HATEFUL EIGHT (Quentin Tarantino). Pengalaman menonton di bioskop saya di tahun kemarin lebih berwarna lewat film seperti SPY (Paul Feig) dan MISSION IMPOSSIBLE: ROGUE NATION (Christopher McQuarrie). Kembali menyaksikan tontonan berkualitas dari sutradara favorit saya di BRIDGE OF SPIES (Steven Spielberg) serta sutradara yang juga semakin kesini semakin saya cintai karya-karyanya seperti Dennis Villeneuve lewat SICARIO dan Noah Baumbach dengan MISTRESS AMERICA-nya. Talenta-talenta baru juga tidak mau kalah dalam memberikan kepiawaiannya lewat film CREED (Ryan Coogler), DOPE (Rick Famuyiwa), TANGERINE (Sean Baker), MUSTANG (Deniz Gamze Ergüven), serta THE DIARY OF A TEENAGE GIRL (Marielle Heller). Tak ketinggalan, saya juga sangat menikmati TESTAMENT OF YOUTH (Vera Brittain) serta THE BIG SHORT (Adam McKay) yang jauh di luar dugaan saat sebelum menontonnya.

Well, now let's see my choices for the 20 Best Films of 2015:


20 — KINGSMAN: THE SECRET SERVICE
Directed by Matthew Vaughn
Agak sedikit inkonsisten di beberapa bagian (is this a serious spy film, or a spoof one?), but damn it was hell of a good fun.


19 — WILD TALES (Relatos Salvajes)
Directed by Damián Szifron
Sebuah komedi gelap, tentang sisi tergelap manusia. Gila!


18 — (tie) AMY
Directed by Asif Kapadia
and
LISTEN TO ME MARLON
Directed by Stevan Riley
Film dokumenter yang menyorot dua talenta dengan sangat personal, baik lewat rekaman pribadi atau dari orang-orang terdekatnya. Berbeda generasi dan ranah penampilannya, tetapi kehidupan selebriti yang menggerogoti mereka terlalu familiar untuk tidak dibandingkan.


17 — EX-MACHINA
Directed by Alex Garland
Film ini memang masih menyinggung beberapa pertanyaan klasik dalam dunia sci-fi (God vs Man, Man vs Robot, Man or monster), but it's wrapped in a slow burn thriller that got under your skin.


16 — WHILE WE'RE YOUNG
Directed by Noah Baumbach
An ironic look to the hipster generation. Even though crumbled in its third act, still managed to be painfully poignant.


15 — ROOM
Directed by Lenny Abrahamson
A carefully balanced tale about life in and out of captivity... and what happens next. Pada akhirnya, dua penampil utama, Larson dan Tremblay, yang jadi juaranya.


14 — IT FOLLOWS
Directed by David Robert Mitchell
It's almost impossible to make an original horror film anymore, but this film came reaaaally close. Film ini berhasil mengemas sebuah premis yang sepertinya mengolok ke-klise-an 'make love, get killed', menjadi sebuah tontonan horror modern yang begitu mencekam.


13 — SPOTLIGHT
Directed by Thomas McCarthy
Film yang sederhana, tetapi jelas tidak kosong. Dibalik kesederhanaan tadi, tersimpan pesan yang noble. Tidak perlu drama yang bombastis, tidak perlu adegan yang eksplosif. Patience and dedication. Those are what this film successfully delivered.


12 — CAROL
Directed by Todd Haynes
Film ini indah, seperti sebuah puisi. Tanpa dialog pun, tiap raut wajah dan gestur para pemainnya akan membawa kita ke sebuah romansa yang (pada jamannya) tabu dan terlarang. Gerak kamera dan alunan musik seakan turut berdansa mengiringi tiap adegan. Film ini indah, seperti sebuah puisi. Hmm have I said that already?


11 — STEVE JOBS
Directed by Danny Boyle
A rapid-fire dialogue-heavy script by Sorkin meets the eclectic style of Boyle's direction. Presentasinya unik, membagi film ini menjadi 3 fase kehidupan Jobs lewat 3 peluncuran karyanya. Gives a more understandable (or sympathetic, you decide) look on this emotionally-flawed genius.


10 — THE LOBSTER
Directed by Yorgos Lanthimos
It's a whole different world, yet feel so close to the real one. Deadpan humor nya mungkin tidak untuk semua orang, tetapi bagaimana Lanthimos dengan pintarnya mengkritisi status hubungan masa kini dan momok 'jomblo' di masyarakat dikemas dengan begitu berani.


09 — 45 YEARS
Directed by Andrew Haigh
Menonton film 'drama orang tua' ini rasanya seperti menonton film thriller. Tiap detik yang terlewat, rasa kecemasan dan ketidaknyamanan makin terasa nyata. Bagaimana rasanya ketika semua yang kita percaya dan perjuangkan, kemungkinan besar, dilandasi oleh kebahagiaan semu. Even if it's not, doubts will still get the best of you. Sakitnya tuh di....


08 — BEASTS OF NO NATION
Directed by Cary Fukunaga
This is a very hard film to watch. Memang tidak menyampaikan suatu kisah baru, tetapi film ini bagi saya berhasil memainkan emosi ketika menontonnya, membuat saya bersyukur tidak berasa di posisi mereka. Salah satu film yang unforgettable di tahun 2015; a brutal look on the lost of innocence.


07 — ME AND EARL AND THE DYING GIRL
Directed by Alfonso Gomez-Rejon
Not the most groundbreaking plot, but I always love some coming-of-age films that give me the *feels*. Film yang, bagi saya, dengan baik menuturkan kisah tentang persahabatan dan pendewasaan diri dari sang karakter utama.


06 — THE MARTIAN
Directed by Ridley Scott
It was really, as someone pointed out, a celebration of life. Walaupun dengan visual dan scope yang megah, film ini tidak terasa terlalu bersusah payah dalam menghadirkan sajian yang menyenangkan dan menegangkan di waktu yang bersamaan. Campuran antara drama humanis serta bumbu komedi di dalamnya diracik dengan sangat baik, menghasilkan salah satu film paling menggembirakan di tahun 2015 lalu.


05 — STAR WARS: THE FORCE AWAKENS
Directed by J.J. Abrams
Usaha melanjutkan kembali salah satu franchise kesayangan dunia ini setelah trilogi prekuel yang sangat lemah rasanya hal yang sulit-sulit-mudah. It couldn't be worse than THE PHANTOM MENACE, but could it be more awesome than the first three (two) ones? Jawabannya subjektif. Tapi bagi saya apa yang dilakukan Abrams dalam meleburkan nostalgia tanpa mengabaikan visi baru untuk calon penggemar muda adalah pilihan yang tepat. A classic Star Wars movie; succesfully revamped. 


04 — INSIDE OUT
Directed by Pete Docter
What I love about most of Pixar films is they always include a much more grandeur underlying message behind the colorful exteriors. Dan dalam film ini rasanya mereka semakin berani menggebrak pakem film animasi pada umumnya. Embracing the 'bad' emotions, the protagonist is also the antagonist, painful heartbreak of a loved character. Dan mereka melakukannya dengan ide cerita yang ambisius, yang dengan sukses, berhasil diterjemahkan menjadi tontonan yang begitu apik.


03 — THE TRIBE (Plemya)
Directed by Myroslav Slaboshpytskiy
Sebuah film bisu untuk era modern. Tanpa dialog, tanpa subtitle. Kisah klasik tentang organisasi underground, inisiasi, eksploitasi, kekerasan, hingga prostitusi ditayangkan dengan gamblang dan tanpa basa-basi (literally). Disturbing. Haunting. Unsettling. A truly one-of-a-kind.


02 — BROOKLYN
Directed by John Crowley
A traditionally-told story about a young immigrant girl torn between 2 countries and 2 loves? Yawn was my first reaction. Tetapi saya harus menelan ludah sendiri setelah menontonnya. Sebuah kisah yang sederhana tetapi jujur dalan menuturkan emosi dan relatable bagi seseorang yang pernah merasakan jauh dari rumah dengan waktu yang lama. Ini adalah film coming-of-age yang begitu manis, disertai dengan chemistry antar karakter yang tak kalah lembutnya. A beautiful, elegant, and endearing piece of cinema.


01 — MAD MAX: FURY ROAD
Directed by George Miller
Are you surprised? Well, me too. Jujur, saya tidak pernah menyangka film ini akan menjadi film terbaik pilihan saya. Tapi dari semua film yang berada di list ini, film ini yang rasanya mampu mencentangkan tiap poin dalam checklist film terbaik. It has the poetry, imaginative, brutal, energetic, poignant, ambitious, exhilarating set-pieces, pleasing visuals, and well-told narrative aspects that most of the films in this list also carry. And it blends them all into one helluva visceral experience. An out-of-this-world cinematic marvel. An action masterpiece. Etc. The future belongs to the mad, indeed.


Recap:
1. MAD MAX: FURY ROAD
2. BROOKLYN
3. THE TRIBE
4. INSIDE OUT
5. STAR WARS: THE FORCE AWAKENS
6. THE MARTIAN
7. ME AND EARL AND THE DYING GIRL
8. BEASTS OF NO NATION
9. 45 YEARS
10. THE LOBSTER
11. STEVE JOBS
12. CAROL
13. SPOTLIGHT
14. IT FOLLOWS
15. ROOM
16. WHILE WE'RE YOUNG
17. EX-MACHINA
18. (tie) AMY and LISTEN TO ME MARLON
19. WILD TALES
20. KINGSMAN: THE SECRET SERVICE

More lists to come in upcoming weeks. So stick around :)

14 comments:

  1. Brooklyn! <3 Awalnya gw juga agak skeptis, tp pas nonton gatau deh tuh berapa kali gw nge "awwww" nya lol. Swoon-worthy bgt. And nice to see Carol here!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess! Swoon-worthy is the right term to describe the leads' chemistry :)

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Selalu almost agreed sama listnya. Bahkan Dope bisa masuk Honorable Mentions. Ditunggu list berikutnya kak.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. setujuuu sama "me and earl, n the dying girl"! can't wait to watch brooklyn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Go watch it asap! It's really beautiful, imo :)

      Delete
  6. Listnya ada yang mirip sama pilihanku but mostly banyak yang belum kutonton, dan yang melahirkan pertanyaan itu Steve Jobs nonton dimanaaa? *pengen*

    ReplyDelete
  7. Fakta Seru Poker:
    Lahirnya Texas Hold'em
    Meskipun sulit memastikan kapan dan dimana tepatnya Texas Hold'em pertama kali dimainkan, ini tidak menghentikan Legislator Negara Bagian Texas mengeluarkan resolusi di bulan Mei 2007 menyatakan bahwa Kota RObstown di Texas Selatan sebagai tempat kelahiran dari Texas Hold'em. Menurut para pembuat undang-undang itu, "Penemuan game ini berasal dari awal tahun 1900-an."
    POKERDARAT.COM - Agen Poker Terbaik dengan Pelayanan Prima dan Keamanan Terjamin
    Merasa jago main poker???
    Ayo bermain bersama ribuan pemain aktif lainnya dan raih peluang anda memenangkan hadiah hingga ratusan juta rupiah...
    Segera DAFTARKAN diri anda dan Coba keberuntungan anda bersama kami.
    Hubungi Kami di :
    Website : http://pokerdarat.com/
    YM : cs_pokerdarat
    BBM : 2BC439C0
    DAFTAR : http://pokerdarat.com/Register.aspx?ref=888999
    Like Facebook : https://www.facebook.com/PokerDaratCom-1127046880680882/
    Join Grup : https://www.facebook.com/groups/947257861976494/

    ReplyDelete
  8. nice list! totally agree with you on this. keep up the work, really love your blog
    điều trị xuất tinh sớm hcm

    ReplyDelete