Sunday, February 8, 2009

"Dont start a fight, but always finish it"


I am a big -huge- fan of 'i-told-you-so' kinda movie. Seru aja ngerasa gimana puasnya pas akhir2 film seseorang bilang 'gw tuh dari awal udah bener!' or in other words, 'I told you so!!!!'. And the movie: Changeling is one of the best examples of that kind of movies.

Bercerita mengenai Christine Collins (Angelina Jolie), single mother yang bekerja di sebuah telephone company. Ia hidup di Los Angeles, tahun 1928 yang pada saat itu lagi hangat2nya isu2 korupsi dan ketidak-becusan LAPD (LA Police Department). Christine memiliki anak laki2 berumur 8 tahun, Walter.

Pada satu hari di bulan Maret, karena suatu hal, Christine terpaksa meninggalkan Walter untuk bekerja di hari libur. Setelah selesai bekerja dan kemudian pulang ke rumah, Christine tidak menemukan Walter di mana2. Pasti lah Christine panik dan ngerasa kalo hidupnya bener2 ancur.

Setelah 5 bulan menunggu. Christine seperti menemukan kembali cahaya hidupnya (wkakakak bahasa gw asik betul) setelah mendengar kabar bahwa Walter ditemukan. Tetapi rasa gembira nya berubah ketika anak yang ditemukan tersebut bukanlah Walter, despite the fact kalau ciri2 nya memang mirip Walter, dan juga anak tersebut ngaku2 kalo dia Walter Collins. Ukuran tinggi badannya lebih pendek daripada Walter (Christine selalu mengukur tinggi badan Walter di sebua dinding), dan anak tersebut di sunat, sedangkan Walter tidak. Entah disengaja atau tidak, LAPD, terutama Captain James (Jeffrey Donovan) dengan segala ke-arogannya menyangkal pernyataan Christine, dia mengasumsikan bahwa Christine shock dan lupa akan fakta2 anaknya sendiri.

Sebagai seorang ibu, jelas Christine gak mau diem aja kan, karena berarti Walter masih menghilang. Setelah di tuduh2 sebagai pembohong, penipu bahkan 'dibuang' ke mental institution karena disangka gila, Christine tetap bersikeras bahwa LAPD telah melakukan kesalahan, karena pada masa itu, LAPD bener2 dianggap shameful, makanya 'keberhasilan' mereka menemukan Walter enggan mereka lepaskan. Dengan motto hidup Christine: "Dont start a fight, but always finish it", Christine membawa permasalahan ini sampai ke pengadilan.

And I forgot to tell you, IT IS A TRUE STORY.

Kisah tragis Christine yang harus menderita karena ke-keras kepalaan Captain James & LAPD untuk menemukan anaknya bener2 terjadi. Kasus ini berhubungan dengan pembunuhan berantai terhadap anak2 kecil di LA, Chicken Coop Murders, yang disebut2 sebagai Worst Crime in LA's History. Protes masyarakat terhadap kinerja LAPD juga menjadi demonstrasi terbesar di masa itu.

Kembali ke masalah filmnya. Bisa dibilang kalo film ini filmnya Angelina Jolie. She's friggin awesome in there. Sumpah, ga lebay, dan ga boong, pas beberapa menit awal gw ngerasa: "Hey, that is NOT Angelina Jolie". Beda banget. She really can act. Meyakinkan bgt.

Clint Eastwood, sang sutradara jg sukses menghasilkan film yang sangat menarik ini. Cerita oke, akting diatas standard, sinematografi, musik, dll cukup mantap (bahkan Eastwood turut bikin score nya juga). Dan kenapa film2 'hanya' mendapat 3 nominasi Oscar (termasuk Actress untuk Jolie) dan tidak dinominasikan dalam Best Picture, is beyond me! Bener2 film underrated banget, lebih bagus dari The Reader malah hahaha

Film ini bener2 bagus banget, tapi sayang ga terlalu di recognized. Padahal Angelina Jolie bener2 bagus mainnya. One of the year's most underrated movie. Nasibnya sama kayak filmnya David Fincher, Zodiac, 2 tahun yang lalu. But this movie still worth to be watched!

8 out of 10*
Yeah I'm gonna use ratings from now on...

No comments:

Post a Comment