Wednesday, February 4, 2009

Pintu Terlarang: A Review


Pertama-tama gw cuman pengen bilang bahwa GW BUKAN SEORANG MOVIE EXPERT, i have my very own taste. Gw suka banget sama film American Beauty, tapi on the other hand, bosen sama No Country for Old Men. Gw menilai film dari cara gw berfikir, apakah otak gw cukup pintar buat ngerti arti sebuah film. Bukannya gw sombong, tapi gw udah nntn dan suka sama berpuluh2 film-film 'berat'.

Back to main topic: PINTU TERLARANG. Gw adalah sekian dari banyak orang yg excited terhadap film ini karena film-film kayak gini jarang bgt dibikin oleh sineas Indonesia. Menurut gw film ini bakal jadi angin penyejuk diantara tema2 horor sama drama percintaan ga jelas. Jadi, gw bener2 punya high expectations buat nih film.

Akhirnya gw nntn jg. Menurut gw film ini bener2 visually stunning! Gambar2 nya artistik, cinematography oke. Bener2 diatas standar film2 Indonesia sekarang. Cerita nya apalagi, absurd but really2 cool in its own way. Bener2 thumbs up dah buat 2 poin yg diatas. Tapi entah kenapa film ini punya beberapa dialog2 cheesy dan akting yang..... plain, bahkan terkadang terkesan overacting.

Dialog2 cheesy? Ya.. kenapa sih film2 Indonesia ga bisa bikin dialog kehidupan se normal mungkin? Sebenernya ga tepat juga sih kalo beberapa dialog di film ini cheesy, tapi ungkapan yg bener mungkin terlalu high-class. Baku bgt! Mungkin memang udah di set kayak gitu. Gpp sih sebenernya kalo memang mau pake bahasa baku, cuman harus dibarengin pake akting yg bagus! Kalo kayak gini terkesan kaku bgt mainnya.

Trus masuk ke masalah akting. Kayak yg gw bilang sebelumnya, plain. Gak ada yg memorable. Kecuali pas adegan Christmas Dinner, Fachri Albar bener2 nunjukin kualitas akting yg baik, sedangkan di adegan2 yg lain dia biasa2 aja. Marsha Timothy juga ga terlalu bagus mainnya.. Kayak dibuat2, trus kadang2 overacting lagi, jadi pengen ketawa ngeliatnya..

Sekali lagi, GW BUKAN MOVIE EXPERT. Semua hal yg gw tulis diatas adalah buah pikiran gw sendiri. Oke kalo lo sebut gw punya bad taste dalam film
. Film ini ga begitu jelek... but could have been better. Visualisasi adegan2nya udah top bgt, Indonesian movies' finest in years. Gw gak bilang kalo film ini ga bagus, mungkin karena terlalu tingginya ekspektasi gw aja yang membuat gw kecewa sama film ini, film ini gak terlalu sempurna dan ga se-flawless seperti yang kebanyakan orang bilang.

Semoga ke depannya film2 Indonesia punya visualisasi yg baik dan juga kualitas dialog + akting yg memorable. Kapan nih kita punya film2 setingkat The Godfather atau Casablanca? Smoga sebentar lagi...

No comments:

Post a Comment