Monday, November 30, 2009

"Live or die, make your choice"

Saw VI (2009)
Perlu gw ceritain cerita film yang udah masuk seri ke-6 ini? Bagi yang gak tau serial Saw, film ini bercerita tentang serial-killer yang menangkap orang-orang yang dianggapnya tidak menghargai hidup dan menguji mereka dalam sebuah 'tes' gila untuk dapat bertahan hidup. Jigsaw killer, begitulah John Kramer (Tobin Bell), dipanggil oleh polisi dan media massa. Dalam film-film sebelumnya, diceritakan bahwa John terkena sebuah tumor ganas yang lambat laun memangsa dirinya. Sebelum ia meninggal pun, John dengan sangat pintarnya masih dapat menyusun rangkaian lika-liku tes-tes maut serta mempersiapkan 'penerusnya'.
Dalam film ke 6 ini, *sedikit Spoiler sih* penerus Jigsaw, detektif Mark Hoffman (Costas Mandylor) juga terus melanjutkan petuah dari Jigsaw. Kali ini, korbannya adalah seorang pimpinan asuransi kesehatan yang harus melalui tes dimana ia harus memutuskan siapa bawahan-bawahannya yang hidup dan siapa yang tidak.

Dari seri-seri sebelumnya pun sebenarnya kualitas film ini bisa ditebak. Cheesy story, bad acting, bad dialog & lines, complicated and more complex tests. Jujur, gw sangat menikmati Saw pertama dan kedua. Menurut gw, kedua film itu adalah 2 dari thriller psikologi terbaik yang pernah gw tonton. Tetapi sejak seri ketiga dan seterusnya, kualitas film ini cukup menurun drastis. Dari kisahnya yang sangat unik, lama kelamaan bikin muak karena jalinan ceritanya yang tambah rumit. Ujian maut nya pun semakin kesini semakin brutal, tak bermoral dan terlalu ribet. Belom lagi salah satu ciri khas Saw yaitu twist ending di setiap filmnya. Di film ini, twist endingnya yang paling gak kerasa. Apa karena sudah ketebak ya polanya? Tapi gw akuin ceritanya film ini mungkin sedikit lebih berbobot dari seri ke-4 dan ke-5.
Tapi gw gak mau munafik, gw pasti selalu penasaran dengan seri yang satu ini. Jelas, bahwa film ini tidak menawarkan sesuatu yang fresh dan sensasi thrilling seperti film awalnya. Tapi entah kenapa gw selalu penasaran dengan ceritanya dan tentu aja tes-tes yang ada di film ini. Walaupun lama-lama makin aneh dan ga jelas, tapi tetep aja bikin penasaran hahaha sempet terkesan juga sama 'russian roullette' versi Saw di film ini. Walaupun film ini pendapatannya paling rendah dari seluruh film Saw dan tidak menjadi peringkat 1 box-office, tapi kocek yg didapat selalu berkali-kali lipat dari budget yang dipakai. Ini yang katanya membuat Lionsgate udah teken kontrak sampai seri ke-10. Game over? Not yet!

Naskah: 4/10 - Akting: 3/10 - Ending: 4/10 - Overall: 4/10

Lionsgate Production

Cast: Tobin Bell, Costas Mandylor, Mark Rolston, Betsy Russell, Shawnee Smith, Peter Outerbridge
Written by: Marcus Dunstan, Patrick Melton
Directed by: Kevin Greutert

5 comments:

  1. cuma nonton sampe seri ketiga, habis itu ga tertarik lagi hahaha. mungkin bosen sama ceritanya yang semakin diperumit ya.

    anyway best saw taglines versi saya, "Suffering, You Havent Seen Anything Yet" :D

    ReplyDelete
  2. @adit: iya mulai dari seri-3 makin jelek, tapi tetep bikin penasaran walaupun ceritanya udah makin aneh hahaha

    ReplyDelete
  3. It's awesome to go to see this web site and reading the views of all friends about this article, while I am also keen of getting know-how.

    My page how to get your ex back

    ReplyDelete
  4. I think that everything published made a ton of sense.
    But, think on this, what if you were to write a killer post title?
    I ain't saying your information is not good, but what if you added a post title to possibly get people's attention?
    I mean ""Live or die, make your choice"" is kinda boring.
    You should peek at Yahoo's home page and note how they create article headlines to grab viewers interested. You might try adding a video or a related picture or two to grab people interested about what you've got to say.
    In my opinion, it could bring your posts a little bit more interesting.


    Also visit my blog; short term rentals

    ReplyDelete