Friday, April 30, 2010

"Contrary to popular belief, I know exactly what I'm doing"

Iron Man 2 (2010)
Setelah mengakui bahwa dirinyalah sang superhero, Iron Man, Tony Stark (Robert Downey, Jr.) kini menjadi the most lovable millionaire di Amerika. Tapi ternyata tidak hanya itu saja dampak confessionnya, pihak Departemen Pertahanan Amerika berfikir bahwa semua gadget yang dimiliki oleh Tony Stark adalah ancaman yg semerta-merta dapat membahayakan umat manusia. Stark tentu saja gak mau menyerahkan hasil ciptaannya begitu saja. Tingkah selebor dan masa bodonya di tengah-tengah sidang mampu mempermalukan para senat serta expert weaponry, Justin Hammer (Sam Rockwell). Tingkahnya ini jelas membuat khawatir rekan-rekannya, Pepper Potts (Gwyneth Paltrow) dan Col. James Rhodes (Don Cheadle).
Di lain pihak, seorang anak fisikawan -yang ternyata ayahnya juga musuh dari ayah Tony- Ivan Vanko (Mickey Rourke), tengah membuat senjata yang ia ingin pergunakan untuk melawan Tony Stark, orang yang ia rasa bertanggung jawab atas kehidupan suram keluarganya. Alat tersebut memiliki konsep dasar yang sama dengan Iron Man. Hal ini dimanfaatkan oleh Hammers untuk membalas Tony Stark. Tetapi ternyata Ivan Vanko memiliki misi terselubung.

Jujur, gw sama sekali belom pernah nonton Iron Man pertama. A bit surprising maybe. Jelas gw gak begitu eager untuk nonton film ini. As it turned out, this movie was quite exciting. Ceritanya mungkin tidak begitu istimewa kalo menurut gw. Tapi lawakan-lawakan dalam film ini lucu banget! Got me LOLed all the time. Mungkin salah satu faktor film ini bisa menghibur gw adalah ketika teknologi-teknologi canggih dipake dimana-mana. Hey Tony Stark, I want one of your gadgets!!!
Kudos to the casts. Robert Downey Jr. memang pas banget memerankan karakter Tony Stark. Hilariously fun. Slengeannya asik banget, sama sekali gak annoying. Entah kenapa gw suka sama Gwyneth Paltrow disini. Enak aja diliat. Scarlett Johansson? Tokohnya sebenernya keliatan kayak cuman jadi tempelan doang. But the action scene she's doing was awesome. Gw lebih suka adegan sang Black Widow ketika menghabisi security di tempat Justin Hammers ketimbang adegan action lainnya di film itu. Kesannya neat dan sophisticated. Melihat hotnya body Johansson juga turut membantu.
Hmmm Mickey Rourke juga kok gak begitu dapet porsi akting yang besar ya jadi gak bisa komentar terlalu banyak. Tapi cambukan Whipslash cukup menarik perhatian juga. Oiya walaupun gw blom nonton yg pertama, kok kayaknya gw lebih milih Terrence Howard daripada Don Cheadle? Dan Jon Favreau, sang sutradara, yang memerankan asisten dan supir Tony Star, Happy, cukup narsis juga disini dengan kemunculan (yang katanya) lebih sering dari film pertama
Seperti yang gw bilang sebelumnya, action sequences dalam film ini tidak terlalu menawarkan hal yang baru. Explosions, crashes, explosions, crashes. Tapi setidaknya adegan-adegan itu lumayan bisa menghibur. Lumayan seru lah. Adegan berantem antara Iron Man dan alter-ego/sidekicknya, War Machine juga gak begitu 'waw'. Entah kenapa (lagi) gw suka banget adegan kalo si Iron Man terbang di awal film. Liat di cuplikan2 film pertama juga seru. Sayang di yang kedua jarang.

Kembali ke masalah ScarJo. Kenapa ya kok kesannya tempelan? Mungkin juga karena faktor The Avenger yang lagi dipersiapkan Marvel. #SPOILER# dalam film ini pun muncul perisai Captain America dan bagi yang sabar menunggu credit title, ada cuplikan yang menunjukkan palu Thor. Jelas sekali bahwa Marvel dkk ingin membuat suatu keterkaitan antara satu dan kisah anggota Avenger lainnya. By the way, The Avenger itu adalah kelompok superheronya Marvel yang terdiri dari Iron Man, Hulk, Thor dan Captain America. Film Thor dapat disaksikan taun depan dengan bintang Chris Hemsworth, Natalie Portman dan Anthony Hopkins. Sedangkan Captain America juga taun 2011 dengan bintang Chris Evans. The Avenger sendiri? 2012. Entah apakah semua bintang dari film masing-masing akan dipakai dalam film itu. Whoa, it's gonna be huge I think.

As a person who hasn't watched the first movie, gw lumayan terhibur dengan film ini. But it wasn't a knockout. Not too satisfying, kesannya kurang aja. Ceritanya so-so. Yah tapi film kayak gini ceritanya bisa dimaklumi, Apalagi final battle scene yang kurang klimaks. Other than that, film ini lumayan worthed untuk ditonton. It was an enjoyable fun movie. Tony Stark kini menjadi salah satu karakter superhero paling cool yang pernah gw tau. Terimakasih Robert Downey Jr. untuk mempresentasikan karakter ini dengan begitu kuat. Love the jokes!
PS: I couldn't find Stan Lee! Who was he playing?

(***1/2)


Paramount Pictures
Casts: Robert Downey Jr., Gwyneth Paltrow, Don Cheadle, Scarlett Johansson, Mickey Rourke, Sam Rockwell, Samuel L. Jackson, Jon Favreau
Written by: Justin Theroux
Directed by: Jon Favreau

12 comments:

  1. "But it wasn't a knockout. Not too satisfying, kesannya kurang aja. Ceritanya so-so."

    Alhamdulillah ada jg yg mikir begitu. Setuju sekali. It was cool, really, tp bisa lebih maksimal, in my opinion :/

    ReplyDelete
  2. stan lee ada! abis perkenalan di Expo, yg Tony keluar backstage dan tanda tangan segala macem (yg shot nya dari sudut pandang Tony). tapi dbilangnya "this is Larry King" ^o^

    ReplyDelete
  3. Oh..itu Stan Lee tho? Kirain Larry King beneran :P

    ReplyDelete
  4. @cendol: yep! agak kurang dikit, masih seru sih memang

    @ajirenji: wah sama kayak mas @gilasinema saya juga gak ngeh kalo itu stan lee, saya kira larry king benerah hehehe

    ReplyDelete
  5. scar jo kok ga tralu cakep ya? tapi so damn hot seh hehe

    gw lebi suka sama Paltrow disini, kayanya sophisticated aja

    ReplyDelete
  6. Iya.

    Stan Lee jadi Larry King. Munculnya sekilasss banget.

    Untung tapi musuhnya Whiplash bukan Mandarin. Ga terlalu sreg aja kalau Mandarin yang dijadikan musuh.

    Harus nonton yang pertamanya Vampi... lebih bagus. =)

    ReplyDelete
  7. Iron Man 2 bagus, tp memang kurang maksimal. Actionnya jg tdk sebanyak yg diharapkan dan penyelesaian terlalu cepat. Tp Robert Downey Jr. memang top, dgn actingnya yg cool tp solid. Kind of like ScarJo here. She did pretty well!

    ReplyDelete
  8. @dr.B: yep, scarJo was hot!

    @TukangReview: Iya nih saya pengen nntn yg pertama nya, belom sempet2 hehe

    @MJ: yes, Downey bener2 nyawa film ini!

    ReplyDelete
  9. menurut gw ya riz, filmnya sih bagus, tapi agak maksa, gimana yaa?

    but I really like the comedies!

    ReplyDelete
  10. @prima: yes, i also love the comedies!

    ReplyDelete
  11. 2D-Digital Cinema-nya bikin Rombongan Para Robotnya keliatan real...

    ReplyDelete
  12. I think Scarlett Johannson with her Black Widow character could be next Spin-off for Marvel.. :)

    Please Visit to My Movie Review Blog too,..
    Thx.

    JONNY'S MOVEE
    http://jonnyfendi.blogspot.com

    ReplyDelete