Monday, May 28, 2012

65th Cannes Film Festival: Winners

Tak terasa, sepertinya baru kemarin (2009 maksudnya) Michael Haneke memenangkan penghargaan tertinggi festival film paling bergengsi di dunia, Cannes Film Festival. Setelah sebelumnya menang Palme d'Or (Golden Palm) untuk The White Ribbon, Haneke tahun ini berhasil kembali merebut penghargaan tersebut lewat film berjudul 'Amour' (Love). Amour berhasil mengalahkan sekitar 20an film yang juga ikut bertanding dalam segmen In Competition di pagelaran Cannes yang telah berlangsung selama 65 kali ini. Yang agak menarik adalah ini menjadi kedua kalinya Jacques Audiard gagal 'merebut' Golden Palm dari Haneke. Mereka berdua sempat bertemu di tahun 2009, Haneke mendapat penghargaan tertinggi sedangkan A Prophet milik Audiard hanya menjadi runner-up. Sayangnya tahun ini Audiard pulang dengan tangan kosong.

Setiap tahunnya, saya selalu tertarik dengan festival ini. Walaupun nama-nama sutradara maupun artis-artisnya begitu asing, tetapi ini menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi saya. Setidaknya untuk menambah wawasan. Film-film dari berbagai negara ini pun sebenarnya kebanyakan bukan film-film yang sering saya tonton, entah karena tidak selera atau memang enggak kuat :p Selain Amour, pemenang lainnya termasuk Beyond The Hills arahan Cristian Mungiu yang mendapatkan award untuk Screenplay serta Aktris yang diraih oleh 2 aktris debutan  Cristina Flutur dan Cosmina Stratan. Mungiu sempat menerima pujian bertubi-tubi setelah film 4 Months 3 Weeks and 2 Days nya meraih Palme d'Or di tahun 2007 dan menjadi salah satu film dengan review terbaik di tahun tersebut. Lalu untuk runner-up atau biasa disebut Grand Prix, jatuh kepada film Itali tentang  reality show berjudul Reality arahan sutradara Matteo Garrone. Kemenganan tersebut dikabarkan mengejutkan karena banyak critics yang memberikan nilai yang tidak begitu bagus. Juara ketiga, atau Jury Prize jatuh kepada film The Angel's Share karya Ken Loach. Untuk Best Actor jatuh kepada aktor Mads Mikkelsen dalam film The Hunt. Apakah nasib Mikkelsen akan sama dengan Jean Dujardin yang meraih Best Actor Cannes dan kemudian melenggang ke panggung Oscar? Sepertinya bisa hanya dengan faktor Weinsten sih. Lalu untuk Sutradara jatuh kepada Carlos Reygadas untuk filmnya yang berjudul Post Tenebras Lux. Dibanding tahun sebelumnya, pemenang-pemenang tahun ini jelas terasa lebih asing bagi saya hehe tahun lalu saya sudah familiar dengan nama-nama seperti Terrence Malick, Kirsten Dunst, Dujardin (sempat nntn Bryce) bahkan Dardenne brothers dan Nicolas Winding Refn yang setidaknya pernah saya dengar haha

Tahun lalu kita melihat 'alumnus' Cannes seperti The Tree of Life (peraih Palme d'Or), The Artist (peraih Best Picture Oscar), hingga Midnight in Paris berhasil menembus ke dalam nominasi Best Picture Oscar. Jangan lupakan Melancholia, The Skin I Live In, We Need to Talk About Kevin, The Kid with a Bike, Footnote bahkan Drive yang juga mendapat banyak recognition dari kritik-kritik US. Belum lagi dihitung dengan film-film di luar Competition. Tahun ini yang mungkin dapat kita prediksikan akan banyak dibicarakan awards season mendatang: Beast of Southern Wild (Ben Zaitlin) peraih First Feature Award ini lagi hangat dibicarakan akan bersinar di penhujung tahun; Moonrise Kingdom (Wes Anderson) film opening yang mendapat sambutan sangat positif, saya tidak kaget kalau misalkan ini menjadi nominasi Best Picture atau setidaknya Best Original Screenplay seperti Midnight in Paris; Lawless (John Hillcoat) yang dibintangi oleh aktor-aktor Hollywood papan atas seperti Tom Hardy, Shial LaBeouf, Gary Oldman, Jessica Chastain, etc; Killing Them Softly (Andrew Dominik) kedua kalinya Dominik bekerja bersama Brad Pitt setelah The Assasination of Jesse James; Cosmopolis (David Cronenberg) dan On The Road (Walter Salles) yang sebenarnya tidak begitu Oscar-friendly tetapi faktor dari pemain-pemainnya mungkin bisa mendukung; Mud (Jeff Nichols) surprise entry dari Nichols yang Take Shelter-nya saya suka sekali; The Paperboy (Lee Daniels) follow-up dari sutradara Precious ini sebenarnya mendapat review buruk, tetapi ada Nicole Kidman di dalamnya. Jangan lupakan film-film Rust & Bone (Jacques Audiard), Holy Motors (Leos Carax), Like Someone in Love (Abbas Kiarostami), serta para pemenang awards di atas yang mungkin bisa menjadi wakil negara masing-masing dalam Best Foreign Language Film atau award-award akhir tahun lainnya.

Berikut adalah para pemenang In Competition Cannes Film Festival ke-65:
Palme d’Or: AMOUR (LOVE) – Michael Haneke
Grand Prix: REALITY – Matteo Garrone
Best Director: POST TENEBRAS LUX by Carlos Reygadas
Best Actress: Cristina Flutur & Cosmina Stratan (BEYOND THE HILLS)
Best Actor: Mads Mikkelsen (THE HUNT)
Best Screenplay: Cristian Mungiu – BEYOND THE HILLS
Camera d’Or (Best First Feature): BEASTS OF THE SOUTHERN WILD by Benh Zeitlin
Jury Prize: Ken Loach for THE ANGELS’ SHARE
Palme d’Or (short film): SESSIZ-BE DENG (SILENCIEUX/SILENT) – L.Rezan Yesilbas
Diambil dari sini. Info lebih lengkap disini.

Michael Haneke, sutradara Amour (Love) meraih Golden Palm untuk yang ke-2 kalinya.

2 comments:

  1. ini yg kemaren si Dian Sastro foto bareng sama Robert Pattinson itw ya???


    :D

    ReplyDelete