Monday, September 17, 2012

Review: People Like Us (2012)

Plot: Sam Jones (Chris Pine), seorang salesman, baru saja mendengar kabar bahwa ayahnya telah meninggal akibat kanker. Sam dan ayahnya selama ini memang tidak memiliki hubungan yang baik, membuat Sam tidak begitu tergerak untuk kembali ke rumahnya untuk menghadiri pemakaman sang ayah serta bertemu ibunya, Lillian (Michelle Pfieffer). Setibanya disana, setelah bertemu dengan pengacara ayahnya, Sam malah mendapatkan kejutan bahwa sebenarnya ia memiliki seorang saudara perempuan hasil hubungan gelap sang ayah, Frankie (Elizabeth Banks), yang ternyata sudah memiliki anak, Josh (Michael Hall D'Addario).

Review: Mungkin tidak banyak yang tau bahwa Alex Kurtzman adalah orang yang membantu menulis naskah film-film box office seperti Mission: Impossible III (2006), Transformers (2007) dan sekuelnya (2009), Watchmen (2009), Star Trek (2009) serta menjadi co-creator serial televisi Fringe bersama JJ Abrams (that's why his name is familar to me!). Melihat credit tersebut, sepertinya agak aneh melihat untuk debut penyutradaraan penulis satu ini adalah sebuah drama keluarga. People Like Us memiliki cerita yang biasa-biasa saja, malah cenderung sudah terlalu sering dipakai oleh film-film drama sejenis. Dengan durasi yang hampir mencapai 2 jam (atau lebih?), kita akan disajikan dengan cerita tentang konflik sebuah keluarga yang diperlihatkan memang tidak harmonis.  Tokoh utama, Sam, adalah seorang salesman yang bisa dibilang pintar memainkan kata-kata, membuat ia berhasil menggaet calon klien dengan baik. Begitulah yang ingin diperlihatkan di awal film. Pun begitu, Sam ternyata mendapat masalah serius karena kesalahan langkah yang ia ambil dalam hal transportasi produk (gak usah lah saya ikut bertele-tele disini). Then the drama started. Awalnya sebenarnya sedikit menjanjikan. Saya pikir saya akan mendapatkan tontonan yang akan mengharukan atau paling tidak mengesankan. I love family films. Tetapi gaya penceritaan bertele-tele seperti sinetron yang ada dalam film ini sangat mengganggu di pertengahan yang membuat film ini terasa begitu draggy.

Masalah mulai bertambah setelah sang ayah meninggal dunia, Sam yang terlihat dengan jelas tidak begitu terpukul (sudah jelas juga bahwa those 2 didn't have a great relationship), kemudian ditambah dengan munculnya 'sister-from-another-mother' yang juga memiliki masalah dengan anaknya yang sok dewasa dan seringkali berbuat onar. Nyaris tidak ada chemistry dalam film ini. Mungkin itu juga sebenarnya yang dimaksud oleh Kurtzman sih. People Like Us sendiri mengacu pada sifat orang-orang dalam film ini; bagaimana mereka susah untuk berkomunikasi satu sama lain yang mengakibatkan banyak kesalahpahaman. Setiap tokoh dalam film ini diceritakan memang sulit untuk mengungkapkan perasaan mereka terhadap, setidaknya, anggota keluarganya sendiri. Film ini juga sebenarnya bermaksud untuk meng-highlight tentang masalah keluarga dan pilihan-pilihan hidup yang nyatanya bisa membuat perubahan besar bagi setiap orang. Nah, sebenarnya kalau memang dipoles dengan baik, formula seperti itu bisa menjadi sebuah tontonan yang menarik. Tetapi sayangnya Kurtzman tidak begitu mampu menonjolkan sisi dramatis dari film ini, membuat film ini terasa begitu bland dan seakan tidak begitu memberikan kesan yang berarti. Endingnya yang memiliki potensi untuk menjadi sebuah momen mengharukan pun entah kenapa terlihat begitu fabricated. Padahal, jujur, saya terkesan dengan beberapa akting dalam film ini. Chris Pine was good. Bukan penampilan khas Oscar-worthy memang, tetapi acceptable. Elizabeth Banks, Olivia Wilde (Sam's girlfriend, Hannah) and Michelle Pfeiffer were good too. They were too good for this script. Kalau dikerjakan lebih bagus lagi, film ini bisa menjadi sebuah drama keluarga yang mengharukan dan inspiring. Sayangnya, tidak.

Overview: I should have expected this. Seorang dengan 'background' sci-fi films mencoba untuk membuat sebuah drama keluarga yang klise dan simple. Memang tidak selamanya berakhir bencana, tetapi juga tidak selamanya sukses, contohnya adalah film ini. Dari premise nya saja sebenarnya film ini sudah cukup ketauan akan memiliki formula yang mirip sinetron. Bertele-tele dan terlalu lama. Sayang, aktor-aktris dalam film ini sebenarnya sudah berusaha yang terbaik untuk mendalami peran. Hanya saja, naskahnya yang begitu outdated dan uninspired membuat film ini tidak mampu berbicara banyak. Good luck next time, Kurtzman!

People Like Us (2012) | Drama | Rated PG-13 for language, some drug use and brief sexuality | Cast: Chris Pine, Olivia Wilde as Hannah, Elizabeth Banks, Michelle Pfeiffer, Mark Duplass, Jon Favreau | Written by: Alex Kurtzman, Jody Lambert, Roberto Orci | Directed by: Alex Kurtzmann

No comments:

Post a Comment