Wednesday, March 18, 2009

"Remember, remember, the 5th of November..."

Again, I missed a very potential film because my thoughts were unclear.

V For Vendetta adalah sebuah film action/thriller yang bercerita mengenai alternate future London yang dikuasai oleh seorang diktator (--kind of). Melihat keadaan kota London yang makin tenggelam karena korupsi dan tindakan se mena2 para pemerintah, munculah seorang bertopeng misterius yang menamakan dirinya 'V' (Hugo Weaving) dan melakukan serangkaian aksi2 terorisme demi mengembalikan citra London dan berencana mengklimakskan tindakannya pada tanggal 5 November (watch it, and you'll know the reason why). Dalam usaha nya, dia bertemu dengan seorang wanita, Evey (Natalie Portman) yang belakangan diketahui memiliki concern yang sama dengan V dan akhirnya menjadi 'rekan' V.

I must say, V For Vendetta have made it to my list of the Best Films I've Seen In Years <-- kayak ada aja hahaha Tapi serius, V For Vendetta adalah film yang sangat menarik untuk ditonton. Walaupun first impression film ini menurut gw adalah film yang membosankan.

Diangkat dari komik karya Alan Moore, V For Vendetta memiliki kisah yang imajinatif, kreatif serta mengesankan. Pengandaian alternate London sungguh sangat baik. Gak jarang gw dibikin amazed dengan beberapa adegan di film ini. Misalnya adalah adegan pemboman suatu gedung oleh V, diputarbalikkan fakta nya kepada publik sebagai penghancuran gedung yang tua yang sudah direncanakan pemerintah. Dan masih banyak lagi usaha2 penutupan fakta oleh pemerintah London atas aksi2 V yang kadang (menurut gw cukup) menggelitik.

Unsur action dalam film ini? BEAUTIFULLY ARRANGED. Entah kenapa tapi gw sangat terkesan sama adegan2 action nya yang tidak berlebihan, serta di beberapa elemen, sangat elegan dan pintar. Adegan favorit gw adalah saat pemboman gedung (yang saya sebut diatas) yang sangat spektakuler dengan kocaknya V mengiringi nya dengan lagu Beethoven (sebenernya saya lupa musik apa haha). Tak lupa juga dengan salah satu adegan ending film ini yang membuat gw merinding.

Totalitas pemerannya dapat dilihat dengan kerelaan aktris Natalie Portman untuk menggunduli rambut nya. Di film yang disutradari oleh orang2 dibalik The Matrix, Wachowski Brothers ini, Portman juga bermain sangat baik di film ini. Bingung juga untuk mengomentari akting Hugo Weaving, dikarenakan memang wajahnya selalu ditutup topeng dan sulit melihat ekspresi nya.


In conclusion: This is a very awesome movie if you like action with a little drama on the side. Jalan cerita mungkin akan sedikit membingungkan di beberapa part, but just keep on watching and you'll figure it out along the way

Rating: 8.5/10

2 comments:

  1. Hmm...film yang bagus tapi bukan yang terbaik. Walaupun banyak yang bilang film ini membosankan. Tapi gua suka film ini. Bobot patriotisme dan uniknya tinggi. Tapi kalau mengharapkan aksi dari film ini ya siap2 kecewa aja.

    ReplyDelete
  2. satu kata: film ini bedaa banget dari segi cerita. dialog-dialog nya tuh bermakna banget, pas sama cerita yang lagi di-ceritain di film...

    mungkin twistnya ini kurang greget banget kali ya..

    ReplyDelete