Sunday, January 1, 2012

Vampibots Annual List 2011: Top 10 Movie Posters

Foreword: Vampibots presents: Vampibots Annual List 2011. This special segment is annual awards that I'm gonna do every year. I actually have started to make Top 10 List since 2009, but just made an official name for this year's edition (2011). Vampibots Annual List will consist not only the coveted Top Films of the year in particular (my very own favorites, of course), but also Posters, Performances, etc (depending on the mood :p). Hope this will be another tradition that I will post every year. The first to be out will be the 10 best movie posters (both teasers and theatricals) that caught my attention. Enjoy!

Honorable Mentions:
50/50, Moneyball, The Tree of Life, We Bought a Zoo, J. Edgar, Tinker Tailor Soldier Spy, Pariah.
Without further ado, here they are, My Top 10 Posters of 2011.....

10. The Girl with the Dragon Tattoo
Saya mungkin adalah salah satu pembenci teaser poster dari film terbaru David Fincher ini. Entah apalah artinya memperlihatkan sang karakter Lisbeth Salander (Rooney Maara) topless, yang gw anggap eksploitasi. But hey, semua dibayar dengan versi theatrical yang begitu menawan dan artistik. Love the customized font!


9. Into The Abyss: A Tale of Death, A Tale of Life
Entah kenapa selalu suka dengan sosok yang memunggungi, ada kesan misterius dari shot itu. Dan dalam dokumenter dari sang maestro doc, Werner Herzog ini, terlihat kesan sedih dan suram yang sukses membuat saya penasaran dan mencari tahu tentang film ini.


8. The Ides of March
Ide nya mungkin gak begitu original, tetapi pemakaian efek mirror antara dua karakter di film ini dengan menggunakan majalah Time menurut gw sesuai sama isi filmnya. Kata-kata di majalah tersebut, 'Is This Man Our Next President?' sedikit memberi petunjuk pula untuk menonton filmnya.


7. Uncle Boonme who can Recall His Past Lives
Serem dan artsy dalam satu poster menjadikan poster film ini sangat unik dan memorable. Tanpa harus menghilangkan kesan 'sense of Asia' nya lewat ornamen-ornamen khas Thailand membuat poster ini terasa lebih mistis dan eksotis *ngasal*.


6. Drive
Pada awalnya agak kurang sreg dengan pemilihan font dan warna yang dipakai pada judulnya. Tetapi semakin diliat, kok semakin terasa edgy-nya ya. Pemakaiannya jadi memancarkan aura '80-an yang memang pengen diberikan ketika kita menyaksikan film ini. Belum lagi dengan gradasi warna di background yang gak kalah keren.


5. Burning Man
Salah satu film yang sepertinya asing dan luput di mata moviegoer ini ternyata adalah film Australia. Tetapi langsung tertarik begitu ngeliat posternya yang colorful sekaligus unik ini. Suka banget sama warna-warni yang disandingkan sama warna biru gelap jalanan. I'm a sucker for dark blue! Ditambah dengan gambar pria yang terbakar tersebut membuat semakin penasaran sama film ini.


4. Shame
Brilliant! Tanpa harus menampilkan sang karakter utama, the poster speaks on itself. Kalo kita baru saja membaca premisnya, melihat poster ini memberikan banyak sekali kesan tersirat. Kira-kira apa ya yang dilakukan si pemilik bed tersebut sebelumnya? Imagine it yourself :p


3. We Need To Talk About Kevin
Dari beberapa poster film ini yang telah beredar, hampir semuanya saya sukai. Misalnya poster pertama yang mengigatkan kita dengan Rosemary's Baby, atau yang menyerupai portrait Tilda Swinton yang tengah menangis. Tapi pilihan saya jatuh ke poster yang satu ini, intipan mata ibu dan anak ini menambah kesan misterius.


2. The Rum Diary
Teaser poster dari film Johnny Depp ini menggunakan sebuah foto unik dimana botol-botol alkohol disusun sedemikian rupa menjadi judul filmnya, rather than photoshopped pic of Depp. Sebuah poster yang menurut saya sangat fresh.


1. Melancholia
Pertama kali ngeliat poster ini, bener-bener langsung jatuh cinta sama gambarnya. Poster 'Melancholia' ini sebenarnya tergabung dalam sebuah adegan fantasi yang menggambarkan karakter di dalam film ini. Pada poster ini, Kirsten Dunst memasang muka sangar sekaligus depresi, berbaring di sebuah *semacam* kolam, sebuah foto yang menghipnotis! Yang membuat saya semakin suka adalah adanya 'hint' planet Melancholia di pojok kanan atas serta pemilihan font yang pas dan tertata rapi yang menambah kesan elegan film Lars von Trier ini. Satu kata: Juara!

Recap:
  1. Melancholia
  2. The Rum Diary
  3. We Need To Talk About Kevin
  4. Shame
  5. Burning Man
  6. Drive
  7. Uncle Boonme Who Can Recall His Past Lives
  8. The Ides of March
  9. Into The Abyss
  10. The Girl With the Dragon Tattoo

6 comments:

  1. Wah ada 8 poster yg gw masukkin di list gw, dan 2film tapi beda poster. Btw justru gw lebih suka dragon tattoo yg versi mara topless, lebih keren aja, hahaha!

    ReplyDelete
  2. kalo gw sih rada gak ngerti maksud poster yg lisbeth topless itu apa, gw malah mikirnya cuman buat 'jualan' aja hehe, IMO sih

    ReplyDelete
  3. Nice choice om Fariz...

    ReplyDelete
  4. poster nya The Girl With Dragon Tattoo semuanya bagus.. dari yang rooney mara dipeluk sama Daniel Craig sama yang ini.yang Drive juga bagus.

    ReplyDelete
  5. kalo saya lebih suka yg theatrical nya :)

    ReplyDelete