Sunday, March 7, 2010

"Alright... there appears to be an event happening"

The Happening (2008)
Bermula ketika sebuah insiden di Central Park, New York menggegerkan Amerika, dimana tiba-tiba semua orang berhenti beraktifitas dan mencari cara untuk membunuh diri mereka sendiri. Hal tersebut diyakini oleh pemerintah sebagai sebuah rencana teroris. Kejadian ini tersiar sampai Philadelphia. Elliot Moore (Mark Wahlberg), seorang guru sekolah terpaksa memulangkan murid-muridnya karena sekolah akan ditutup. Akibat kejadian ini pula semua penduduk diharapkan untuk mengevakuasi,
Bersama dengan rekannya, guru matematika, Julian (John Leguizamo) dan anaknya Jess (Ashlyn Sanchez) serta istri Elliot, Alma (Zooey Deschanel), mereka berangkat bersama untuk menemui istri Julian. Dalam perjalanan, kereta yang mereka tumpangi mogok dan menyebabkan mereka harus berjalan kaki. Dengan berita-berita fatalnya kejadian tersebut dan mulai menyebarnya hingga ke negara2 bagian lain membuat semua orang panik. Sebenarnya apakah yang terjadi? Apakah gossip mengenai tumbuhan-tumbuhan mengeluarkan gas beracun benar benar terjadi?

Pertama kali pas nonton dulu, reaksi pertama gw adalah sangat amat kecewa. Dan setelah ditonton yang kedua kalinya pun: TAMBAH KECEWA. M. Night Shyamalan bisa dibilang pernah menjadi sutradara dan penulis skrip favorit gw. Mungkin selain faktor foreign dan dari Asia, tipe film-filmnya juga dark yang seru buat ditonton. Ditambah lagi ciri twist endingnya yang walaupun kadang terlalu twisted, tetep aja asik buat ditebak-tebak. Semenjak keberhasilan The Sixth Sense (1999) yang fenomenal itu, sayang karirnya malah gak ada peningkatan. Tapi jujur, gw suka sama film-film pasca The Sixth Sense. Kayak Unbreakable, Signs, bahkan The Village yang dibenci kritikus tapi tetep bikin gw tegang sepanjang film, ditambah lagi twist endingnya yang memang terlalu WTF, tapi bener2 shocking. Jujur lagi, gw bahkan gak terlalu benci dengan Lady In The Water walaupun gw tau setelah itu karir Shyamalan bener2 udah mandeg.
Waktu awal-awal Shyamalan diisukan membuat film lagi dengan judul Green Planet, gw lumayan excited dulu. Gara-gara kejeblokan Lady In The Water, hampir semua studio nolak skripnya. Sampai akhirnya 20th Century Fox menerimanya dan Shyamalan mengganti judulnya menjadi The Happening. Beberapa still photos dan teaser poster yang gw liat bener2 ngebuat gw ga sabar nonton. Looked really2 thrilling. Tapi pas ditonton: a huge huge disappointment.
Gw gak tau apa yang ada di kepala Shyamalan. Gw suka banget sama ide ceritanya sebenernya dan visualisasi orang-orang ketika bunuh diri nya bener2 gila dan horrifying. Score nya juga sebenernya mendukung. The technicalities worked just fine. Tapi dialog-dialognya sampah dan sama sekali nonsense dan konklusi serta endingnya yang ga jelas. Alurnya yang lamban diperparah juga sama akting pemerannya yang flat dan, seriously, boring to its core. Karena film ini lah gw benci sama Mark Wahlberg (mengingat adegan saat ia mencoba berkompromi dengan tanaman plastik). Ironisnya, film ini adalah film yang memperkenalkan gw sama Zooey Deschanel, one of the prettiest persons I've ever seen. Tapi sorry to say, gw hanya tertarik sama luarnya aja. Aktingnya? A joke. A big joke.

Sangat amat disayangkan memang. Semenjak film ini respek gw terhadap Shyamalan benar2 berkurang. Idealis sih idealis tapi kalo ujung2nya karya nya buruk ya mau gimana lagi. Entah apa yang sebenarnya terjadi sama ide2 brillian Shyamalan. Seperti yang gw bilang sebelumnya, gw suka sama ide ceritanya. Tapi eksekusi nya kok hambar banget. Sampe heran gw ngeliat semua akting pemerannya yang sangat memalukan (sebenernya yang paling gw benci adalah karakter Jess yang kayaknya mau dibikin pemanis dan layak diberi simpati tapi jadinya dull banget). Jelek banget sih enggak, aspek2 teknis nya masih lumayan. Masih di taraf jelek aja. Recommended? Terserah.

(**)
*sedikit tambahan untuk technical nya*

20th Century Fox
Cast: Mark Wahlberg, Zooey Deschanel, John Leguizamo, Ashlyn Sanchez
Written & directed by: M. Night Shyamalan

2 comments:

  1. sama...gue juga kecewa banget, pertamanya sih asyik yah apalagi adegan bunuh diri yg orang2 jatuh dai atas gedung itu...tapi kebelakangnya kok nggak banget nih film....dialognya itu lho, anak keciljuga bisa dialog seprti itu...

    lam kenal....

    ReplyDelete
  2. hahaha iya keren banget padahal adegan yang bunuh diri loncat dari gedung.. tapi sebenernya dari situ dialognya udah kacangan hahaha

    ReplyDelete