Thursday, May 27, 2010

Most Addictive Singles of 2009

Akhirnya kesampean juga bikin post ini. Kenapa singles? Awalnya pengen Best Songs aja sih, tapi kok rasanya bakal banyak bgt pilihan dan pasti isinya juga cuman itu-itu aja artisnya. Soalnya, gw jarang mengeksplor lagu-lagu artis lain yang selain dirilis jadi single sih, kecuali artis2 yg gw suka. Karena 'embel-embel' Singles 2009 itulah dengan berat hati gw harus menyingkirkan beberapa kontender kuat. Misalnya karena dirilis tidak pada tahun 2009, gw tidak memasukkan Use Somebody (Kings Of Leon) atau Thinking Of You (Katy Perry). Dan juga karena bukan di release sebagai single, beberapa lagu paling favorit gw taun lalu juga gak masuk sini; yaitu Edge of Desire (John Mayer), Moth's Wing (Passion Pit), Good Life (OneRepublic) ataupun Speechless (Lady GaGa). Yah gpp lah mungkin lain kali gw bikin post tentang itu.

First of all, ini beberapa lagu yang hampir masuk 10 besar: Don't Stop Believing (Glee cast), My Life Would Suck Without You (Glee cast), La La Land (Demi Lovato), Down (Jay Sean feat. Lil Wayne), Good Girls Go Bad (Cobra Starship feat. Leigton Meester), You Belong With Me (Taylor Swift), Starstrukk (3OH3! feat. Katy Perry), I Gotta Feeling (Black Eyed Peas).

MOST ADDICTIVE SINGLES OF 2009!


10. Haven't Met You Yet (Michael Buble, from the album Crazy Love)
Sweet. Itu yang pertama kali gw rasa pas abis denger single pertama dari album Crazy Love ini. Vokal Buble rasanya memang pas dengan lagu2 seperti ini. Optimistik banget liriknya (buat yg single hahaha).

9. Cousins (Vampire Weekend, from the album Contra)
Mendengar lagunya kayaknya udah kerasa banget betapa uniknya band yang satu ini, apalagi kalo ngeliat videonya yang bisa dibilang salah satu videoklip terbaik taun lalu. Well lagunya sendiri enak banget melodinya. Gak heran deh nyantol terus di telinga.

8. Halo (Beyonce Knowles, from the album I Am... Sasha Fierce)
Gw lebih suka Beyonce nyanyi lagu ballad kayak gini dibanding lagu2 dance seperti Single Ladies. Enak banget dengerin suara Beyonce di lagu ini. Lagu ini juga ditulis sama Ryan Tedder lho, vokalisnya OneRepublic. Dia emang pinter bgt nulis lagu.

7. Tik Tok (Ke$ha, from the album Animal)
Walaupun dianggap bahwa Ke$ha gak benar2 menyanyi di lagunya ini, dan lebih ke 'sing-talk', tapi tetep aja beat yang catchy dan lirik yang lumayan gampang dihafal membuat 'lagu' ini menjadi lagu paling entertaining tahun lalu.

6. Empire State Of Mind (Jay-Z feat. Alicia Keys, from the album The Blueprint 3)
Sebuah love letter dari Jay-Z untuk New York. Seperi katanya, he's the new Sinatra. Walaupun gw agak sedikit merasa bagian rapnya terlalu banyak (hmmm 2 verse udah cukup sebenernya), dentingan piano dan suara merdu Keys menambah poin plus buat lagu ini. Chorus nya selalu memancing buat nyanyi bareng.

5. Who Says (John Mayer, from the album Battle Studies)
Sayang beribu sayang, gw harus menempatkan John Mayer di posisi ini. Single pertama di album ke4 nya ini memang terkesan biasa saja. Tapi nyatanya setelah lama2 sering denger, jadi makin asik lho. Perumpamaan 'stoned' yang sempet bikin orang bertanya-tanya juga cukup berani.

4. We Are Golden (Mika, from the album The Boy Who Knew Too Much)
Bener-bener soundtrack yang pas buat yang young-spirited kalo menurut gw. Musiknya yang riang ditambah backing vokal yang juga penuh semangat menambah jiwa buat lagu ini. Salah satu lagu yang kalo didenger membuat lo pengen ikutan juga nyanyi lagu ini bareng-bareng, entah dengan siapa, yang penting bareng-bareng hahaha apacoba.

3. No Boundaries (Kris Allen, from the album Kris Allen)
Gw inget banget dulu sempet diprotes temen sekelas gw karena saking seringnya gw mendendangkan lagu ini di kelas, LOL. Gw ngerasa lagu coronation American Idol season 8 dan ditulis oleh salah satu jurinya, Kara Dioguardi, adalah lagu Idol yang paling bagus dan paling inspiring. Coba liat liriknya, ngena banget deh. Dan sepertinya Kris Allen memang lebih cocok menyanyikan lagu ini dengan suaranya yang membumi itu, tidak terlalu theatrical seperti Adam Lambert. Great song with perfect singer to sing it. Cool.

2. Secrets (OneRepublic, from the album Waking Up)
Album sophomore band ini adalah salah satu album terbaik tahun lalu kalo menurut gw. Sebagian besar lagunya enak-enak banget. Single Secrets ini sebenarnya adalah single pertama di German dan Austria, sebelum di rilis di AS sebagai single kedua setelah All The Right Moves. ATRM memang enak sih, tapi gw lebih suka Secrets. Musiknya termasuk musik2 yang haunting. Gw gak bisa begitu menjelaskan musiknya yang entah mengapa gw rasa memiliki aura magis tersendiri #lebay. Coba aja dengerin dan buktikan sendiri.

1. Bad Romance (Lady GaGa, from the album The Fame Monster)
Yep. Aneh? Totally no. Lady GaGa is, no doubt, one of the biggest entertainers nowadays. Bedanya dengan artis-artis lainnya adalah she really put a major and big effort into her songs, videos and shows. Hampir semua lagunya ia tulis sendiri. Videoklipnya pun ia juga turut dalam pembuatan konsep. Lagu Bad Romance ini, seperti mantra, bener2 telah menghipnotis gw untuk terus mendengarkan lagu ini setiap saat, dan tidak pernah bisa membikin gw bosen. Siapa yang bisa me-resist hook di awal? 'Ra-ra-ra-a-a, roma-roma-ma, ga-ga-u-la-la, want your bad romance'. Gw akuin bagian versenya tidak terlalu menarik, tapi ketika ia masuk ke Chorus, wow she really has a pretty good voice. Lagi-lagi sangat susah untuk tidak menyukai bagian itu. Kalau bagian favorit gw adalah ketika di Bridge, dengan lirik bahasa Perancis yang terdengar sangat seksi itu. The whole song itself looks like amazing 'show'. Oh Gaga, you and me really could write a bad romance!


And that's all folks!

4 comments:

  1. riz, gue kan monitor brightnessnya cuma 5 bar, font-nya susah dibaca deh. mungkin diterangin dikit? CMIIW

    ada lagi kah yang bermasalah seperti gue, any other Vampibots fans?

    ReplyDelete
  2. Gw setuju! Gaga songs are addictive...

    sayang loe ga masukin i gotta feeling/boom boom pow :)

    ReplyDelete
  3. btw.... gw setuju sama dijelennon, it's kinda hard reading ur blog coz of the font. I usually block it make it readable

    ReplyDelete
  4. @dr.B: hahaha gaga rocks! tapi saya gak begitu suka boom boom pow hehe

    @djaffri & dr.B: wah memang gelap ya? oke nanti gw utak atik, terimakasih sarannya!

    ReplyDelete