Thursday, March 15, 2012

12 Films I'm Most Looking Forward To in 2012

Sepertinya memang agak telat ya kalau saya baru membuat daftar film-film yang paling saya tunggu untuk tahun 2012 ini di bulan Maret. Tetapi berdasarkan pengalaman, terkadang filim-film yang saya tunggu di akhir tahun malah ujung-ujungnya tidak saya tonton. Mungkin karena hilangnya momentum, munculnya film-film yang baru saya temukan info nya (dan lebih menarik) atau karena review jelek yang membuat hasrat menonton saya jadi menurun. Tapi, sepertinya seru juga melihat film-film tahun ini, banyak film dengan premis-premis menjanjikan dari sutradara-sutradara ternama yang kembali lagi unjuk gigi. List dibawah ini adalah film-film yang untuk saat ini saya nantikan setelah melihat sutradara, cast hingga sinopsisnya.


In alphabetical order, these are the Top 12 I currently looking forward to...

ARGO
Directed by Ben Affleck | September 14
Another Ben Affleck's directing effort, setelah Gone Baby Gone (loved it) dan The Town (not really a fan of it. Affleck semakin ingin membuktikan bahwa dirinya dapat diperhitungkan sebagai seorang sutradara. Film yang diangkat dari kisah nyata ini memiliki cerita yang cukup menarik; tentang misi penyelamatan tahanan US di Iran oleh agen CIA yang menyamar sebagai kru film Hollywood.


BRAVE
Directed by Mark Andrews | June
Pixar made a wrong choice last year, with the wreckage that is Cars 2. Untuk pertama kalinya semenjak nominasi Best Animated Feature Oscar dibuat, Disney-Pixar gagal meraih bahkan untuk menjadi nominator. Sejujurnya, masih agak kurang yakin dengan film ini, lewat trailer hingga clip nya sepertinya kurang memberikan kesan. But Pixar always surprise me, even when I have highest expectations (well they surprised me last year, not in a good way). Bersetting di sebuah kerajaan di Scotland, Disney-Pixar untuk pertama kalinya menghadirkan tokoh utama berjenis kelamin seorang wanita.

THE DARK KNIGHT RISES
Directed by Christopher Nolan | July 20
Kesuksesan yang luar biasa bagi The Dark Knight, both critically and comercially, membuat film yang satu ini tentu saja ditunggu oleh begitu banyak penggemarnya. The Dark Knight sendiri dikabarkan menjadi alasan kuat mengapa Oscar meng-expand nominee Best Picture menjadi 10 setahun setelah The Dark Knight gagal menjadi nominator. Dengan tambahan bintang-bintang kelas atas seperti Marion Cotillard, Tom Hardy, Joseph Gordon-Levitt hingga Anne Hathaway, seri pamungkas dari seri Batman karya Christopher Nolan ini mungkin akan dipastikan mendapat sambutan yang lebih meriah dari predecessornya (semoga saja).

DJANGO UNCHAINED
Directed by: Quentin Tarantino | December 25
Setelah kesuksesan Inglorious Basterds di tahun 2009 lalu, Tarantino kembali tahun ini lewat filmnya yang ke-8,berjudul Django Unchained. Bercerita tentang aksi balas dendam seorang budak yang baru saja bebas untuk merebut kembali istrinya. The plot is so Tarantino. Dan bisa ditebak film ini akan diberi bumbu yang cukup brutal sepertinya. Dengan bintang Jamie Foxx, Christoph Waltz, Kerry Washington, Sacha Baron Cohen, Samuel L Jackson, Kurt Russell hingga Leonardo DiCaprio, membuat film memiliki barisan aktor yang begitu impresif. Wonder how it will turn out.

GRAVITY
Directed by Alfonso Cuaron | November 21
Alfonso Cuaron adalah salah satu sutradara yang saya favoritkan. Y Tu Mama Tambien begitu memikat, Children of Men sangat entertaining hingga Prisoner of Azkaban yang menjadi entry Harry Potter terbaik yang saya tonton. Premisnya adalah salah satu mimpi buruk saya yang dulu sering saya bayangkan ketika masih kecil (sampe sekarang sih); akibat sebuah kecelakaan, sebuah shuttle yang membawa dua orang astronot hancur di luar angkasa, membuat dua orang astronot tersebut melayang-layang berdua saja, tanpa ada koneksi ke bumi. Dengan plot yang simple tersebut, saya penasaran dengan bagaimana Cuaron akan membuat film ini menjadi 'filmable'. Didukung oleh bintang George Clooney dan Sandra Bullock, Gravity tentu sangat patut ditunggu.


THE HOBBIT: AN UNEXPECTED JOURNEY
Directed by: Peter Jackson | December 14
Sukses luar biasa dengan trilogi Lord of the Rings nya, Peter Jackson akan kembali membawa Middle Earth ke layar lebar. The Hobbit, dari segi cerita dan rentang waktu, adalah prekuel dari trilogi LOTR. Berkisar tentang petualangan hobbit Bilbo Baggins (bagi yang tidak tahu, dia adalah paman Frodo Baggins, dimana dari dia lah Frodo mendapatkan The One Ring tersebut). Salah satu alasan lain yang membuat saya menantikan film ini adalah hadirnya Martin Freeman sebagai bintang utama. Love his performance as dr. James Watson in BBC's Sherlock. Apakah sambutan publik dan kritikus akan sama besarnya?


LIFE OF PI
Directed by: Ang Lee | December 21
Semenjak saya melihat novel ini bertengger di salah satu toko buku, saya langsung tertarik dengan plot nya yang menurut saya sangat menarik tersebut; seorang anak terombang-ambing di sebuah kapal sekoci bersama dengan zebra, orang-utan hingga seekor macan. Saya rasa filmnya termasuk yang sulit jika diadaptasi. Tetapi dengan nama Ang Lee dibalik Life of Pi, (got mixed feelings with Crouching Tiger Hidden Dragon, kinda liked Hulk, liked Brokeback Mountan and adored Lust Caution), membuat saya sangat menantikan filmnya yang satu ini.


LINCOLN
Directed by: Steven Spielberg | December
Spielberg adalah household name yang selalu saya tunggu setiap tahun. Salah satu sutradara favorit saya ini memang tidak semua karya nya masterpiece, tetapi saya hampir tidak pernah melewatkan film-film barunya. Setelah kekecewaan War Horse tahun lalu (but I kinda liked it, btw), tahun ini Spielberg akan mengangkat kisah salah satu presiden AS paling terkenal, Abraham Lincoln. Saya belum begitu tau bagian mana dari kisah hidup Lincoln yang akan difilmkan, but Daniel Day Lewis has proven himself as the right choice to play Lincoln, no?


THE MASTER
Directed by Paul Thomas Anderson | November/December
There Will Be Blood was one of my favorite films a few years back. Penasaran dengan apa yang akan dibawakan kembali oleh sang sutradara, Paul Thomas Anderson. Anderson memasang bintang Phillip Seymour Hoffman serta Joaquin Phoenix sebagai 2 karakter utama, serta Amy Adams dan Laura Dern juga. Ceritanya tentang seorang pria yang mulai membangun sebuah 'agama' atau 'sekte' baru dengan menggandeng seorang drifter sebagai asistennya. Dengan The Weinstein Co sebagai produser, sepertinya The Master akan menjadi perbincangan menarik di Oscar season mendatang.

MOONRISE KINGDOM
Directed by Wes Anderson | May 25
Film ini baru saja dipilih sebagai film pembuka festival bergengsi Cannes di bulan Mei mendatang. Film terbaru Wes Anderson ini pertama kali membuat saya tertarik lewat trailernya yang terkesan begitu quirky dan unik. Memiliki tone yang mirip dengan film-filmnya dahulu seperti The Royal Tenenbaums, The Darjeeling Limited hingga Fantastic Mr Fox, sepertinya Moonrise Kingdom juga akan terasa begitu Anderson. Dengan bintang Bruce Willis, Edward Norton, Frances McDorman, Harvel Keitel, Bill Murray hingga Tilda Swinton, film ini pun masuk dengan film dengan star-studded cast untuk tahun ini.

STOKER
Directed by Park Chan-wook | TBA
Saya begitu menyukai Oldboy, salah satu film disturbing (yet very intriguing and entertainng) yang pernah saya tonton. Park Chan-wook, sang sutradara asal Korea Selatan ini akhirnya akan merilis debut film US nya lewat film Stoker. Film yang dibintangi oleh Nicole Kidman dan Mia Wasikowska ini ditulis naskahnya oleh Wentworth Miller. Agak mengejutkan awalnya, karena saya lebih mengenalnya sebagai aktor muda lewat perannya di serial Prison Break. Ia terinspirasi dari cerita Dracula karangan Bram Stoker tetapi ia menyatakan juga bahwa film ini bukanlah film tentang vampir. Makin penasaran jadinya.

UNTITLED TERRENCE MALIK PROJECT
Directed by: Terrence Malick | TBA
Terrence Malick mungkin dikenal dengan film-film yang menurut saya harus ditonton dengan 'extra effort' untuk dapat menikmatinya. Setelah dibuat takjub dengan Tree of Life yang syahdu, sutradara yang termasuk sangat jarang mengeluarkan film ini diperkirakan akan merilisi film terbarunya di tahun ini. Agak aneh jika mengetahui bahwa jarak terdekat antar film Malick selama ini adalah sekitar 5 tahun. Digadang-gadang sebagai film romantis, film yang juga dirumorkan berjudul The Burial ini dibintangi Ben Affleck dan Rachel McAdams.


Honorable Mentions (in no particular order)...
THE WETTEST COUNTY (Dir: John Hillcoat; Tom Hardy, Shia LaBeouf, Jason Clarke, Jessica Chastain; April 20) | A PLACE BEYOND THE PINES (Dir: Derek Cianfrance; ;Ryan Gosling, Bradley Cooper, Ray Liotta, Eva Mendes, Rose Byrne; TBA | ON THE ROAD (Dir: Walter Selles; Garrett Hedlun, Sam Riley, Kristen Stewart, Kirsten Dunst, Viggo Mortensen; TBA) | THE HUNGER GAMES (Dir: Gary Ross; Jennifer Lawrence, Woody Harrelson, Josh Hutcherson, Elizabeth Banks, etc; March 23) | THE GANGSTER SQUAD (Dir: Ruben Fleischer; Ryan Gosling, Sean Penn, Josh Brolin, Emma Stone; October 19) | PROMETHEUS (Dir: Ridley Scott; Michael Fassbender, Noomi Rapace, Charlize Theron) | SKYFALL (Dir. Sam Mendes; Daniel Craig, Javier Barden, Ralph Fiennes, Ben Whishaw, Naomie Harris; November 9) | HYDE PARK ON HUDSON (Dir: Roger Michell; Bill Murray, Olivia Williams, Laura LInney; TBA| THE GREAT GATSBY (Dir: Baz Luhrmann; Leonardo DiCaprio, Carey Mulligan, Joel Edgerton, Tobey Maguire; December 25 | THE DICTATOR (Dir. Larry Charles; Sacha Baron Cohen, Ben Kingsley, Megan Fox; May 11) | ABRAHAM LINCOLN: VAMPIRE HUNTER (Dir. Timur Bekmambetov; Benjamin Walker, Mary Elizabeth Winstead, Dominic Cooper; June 22) | WORLD WAR Z (Dir. Marc Forster; Brad Pitt, David Morse, Mireille Enos; December 21 *some say it's being postponed*) | WRECK-IT RALPH (Dir: Rich Moore; John C Reilly, Sarah Silverman, Jane Lynch; November 2)| BACHELORETTE (Dir. Leslye Headland; Kirsten Dunst, Isla Fisher, Rebel Wilson, James Marsden; TBA) | CELESTE AND JESSE FOREVER (Dir. Lee Toland Krieger; Andie Samberg, Rashida Jones; TBA) | COMES A BRIGHT DAY (Dir. Simoun Aboud; With Craig Roberts, Imogen Poots, Kevin McKidd, Timothy Spall; TBA) | SEEKING A FRIEND FOR THE END OF THE WORLD (Dir: Lorene Scarfaria; Steve Carrel, Keira Knightley; April 20) | THE CABIN IN THE WOODS (Dir: Drew Goddard; Cast: Chris Hemsworth, Richard Jenkins, Bradley Whitford; April 13); | THE AVENGERS (Dir: Joss Whedon; Robert Downey Jr, Chris Evans, Scarlett Johansson, Chris Hemsworth; Jeremy Renner, Mark Ruffalo, etc) | etc etc..................

Sebenarnya masih banyaak film-film lain yang tidak saya masukkan. Mungkin karena saya minim info atau memang kurang menarik perhatian saya. But time will tell whether those movies above will pay off my high expectation or not, atau film-film yang saya lewatkan justru memberikan kejutan. Either way, tidak sabar rasanya menunggu film-film yang akan ditawarkan oleh 2012!

9 comments:

  1. yach bro, kok nggak ada The Avengers???

    ReplyDelete
  2. Yuhu, ada Seeking A Friend walau cuma Honorable mention. Juga nungguin World War Z, tp baru baca kalau filmnya diundur ke summer tahun depan. Mungkin dianggap lebih commercial fare.

    ReplyDelete
  3. @Fanboy: gak begitu tertarik dengan The Avengers hehe bahkan trailer dan poster nya pun gak bikin saya tambah pengen nntn. Tapi memang kemungkinan besar akan nonton, tetapi gak nunggu2in banget sih..

    @Mike: haha iya sebenernya hampir masuk ke 12 besar, cuman kok pas ngeliat trailernya agak gak sesuai perkiraan, jadinya cuman masuk Honorable Mentions :p
    eh iya ternyata bener ya World War Z jadi summer taun depan lagi -_- kirain cuman isu doang

    ReplyDelete
  4. Kalo gw biasanya nyusun daftar film yang paling gw nanti2kan harus liat trailernya dulu. Hehehe. Dari situ bisa tahu filmnya tentang apa, memprediksi bagus atau nggak, dan yang paling penting; apakah trailer tersebut berhasil membuat gw jatuh cinta dan ingin nonton filmnya (seperti pertama kali nonton trailernya the artist langsung jatuh cinta). haha. So far untuk tahun ini kebanyakan film - film yang gw tunggu adalah film2 sekuel/reboot/prequel whatever dari franchise top yang gw suka. Klo film2 kelas Oscar mungkin masih belum terdengar gaungnya, sebagian juga belum ada exact date-nya, dan trailernya belum dirilis.

    Btw, the avengers gw nunggu nih. haha. Selain karena gw suka semua film superhero-nya Avengers, ada faktor Josh Whedon sebagai penulis naskah dan sutradaranya. Gw suka Josh berkat serial TV Firefly-nya yang menurut gw berhasil mencampur padukan cerita bagus, karakter kuat dan dialog yang cerdas. Alhasil tiap episode-nya cuman terasa 5 menit berlalu (padahal aslinya 45 menit-an).

    ReplyDelete
  5. Iya, trailer juga jadi salah satu faktor yang menentukan buat gw nungguin film hehe tapi akhir2 ini trailer suka misleading sih, ada yg trailernya bagus filmnya biasa, ada yg trailernya gak berkesan eh filmnya bagus

    Joss Whedon mungkin juga satu-satunya alasan buat gw bakal nntn Avengers. Blm pernah nntn Firefly atau Serenity sih, lebih kenal sama Whedon gara2 suka Buffy the Vampire Slayer haha itu juga seru bgt.. dia juga kalo gak salah ikutan nulis script nya Toy Story, ya nggak sih? lupa -.- film yang dia tulis buat taun ini, The Cabin in the Woods juga gw tungguin, denger2 dapet review bagus di SXSW. Tapi gpp deh tambahin Avengers aja di Honorable Mentions :p kalo emang bagus sih pasti ditonton jg soalnya haha

    ReplyDelete
  6. wah bnyak jg yg ditgg. Sy pribadi cuma pnya 3 most anticipated, Red Lights (Indi movie), Prometheus dan The Hobbit. sisanya cuma kl kliatannya oke sy tntnlah tp ga nunggu2 bgt.

    Dr smua, cm The Hobbit yg bkin sy menghitung hari...ah Desember lama bgt c

    ReplyDelete
  7. Haha iya nih pasti miss Novi nungguin The Hobbit bgt ya :) semoga sebagus LOTR deh

    ReplyDelete
  8. Setuju sama fariz, trailer ga selalu jg tolak ukur. Dan buat gw kalo mau ngebangun excitement buat 1film, diliat dari cast & crew & synopsis dari tuh film sendiri yang paling penting.

    Oh, gak nunggu The Wettest County in the World (ada chastain, labeouf, dll) sama The Silver Linings Playbook (ada lawrence, cooper, dll)? 2012 tuh kayaknya apa ya, hmmmmm, masih belom keliatan bakal sebagus apa (kalo tahun lalu sih dari awal tahun aja udah excited bgt liat film2nya, alhasil emg trmasuk tahun paling amazing, yea)

    ReplyDelete
  9. The Wettest Country udah masuk kok, malah di Honorable Mentions disebut paling pertama hehe Silver Linings juga lumayan nunggu, lupa aja dimasukkin hehe

    ReplyDelete