Saturday, May 30, 2009

"But then who made them such beasts? You did! You samurai did it!"

Newsflash: Gila ya emang sekolah, suka aneh. Kadang2 kayak pengen minta dibakar, kadang bisa bikin betah. Kamis kmaren, (out of nowhere) diumumkan kalo 28 libur dari Jumat sampe Rabu karena ada Rapat Kerja. Pengumuman yg tiba2 itu langsung disambut dengan teriakan temen2 gw yg udah kayak orang gila Apalagi kelas gw lagi kosong, ga ada guru. Semoga 28 bisa terus seperti ini. Amin. Enough with the newsflash, lets review a movie!

Seven Samurai (1954) adalah sebuah film klasik karya sutradara Asia paling terkenal di dunia, Akira Kurosawa. Film ini bercerita mengenai sebuah desa yang dalam beberapa waktu kedepan akan diserang sekelompok bandit2 kejam. 2 orang penduduk yang tidak sengaja mencuri dengar, langsung memberitahukan para warga lainnya. Hopeless, mereka menemui tetua disana dan ia memberi nasihat untuk menyewa samurai untuk melawan balik bandit2 itu. Rencana yang terkesan mustahil itu tetap dilakukan 4 orang penduduk desa tersebut, yang terus berusaha mencari ronin (masterless samurai) yg rela tidak dibayar. Dengan susah payah, akhirnya mereka mendapatkan 7 orang samurai. And the game begins.... (hahaha)

Things I noticed...
  1. This is not a movie. This is art. This is theater-like motion picture. Sebagai orang yang pernah menjadi bagian dalam suatu 'teater', gw cukup bisa merasakan elemen2 ke-teateran disini. Sori kalo sotoy hahaha tata artistik dan cinematography nya jempolan (lihat baik2 blocking2 pemainnya dalam film ini, mengingatkan gw saat bermain drama).
  2. Probably, the oldest movie I've ever seen. (Nope, it'd be The Wizard of Oz -1939- but I just wanted to make it more dramatic hahahaha)
  3. Detail2 dalam film ini sangat diperhatikan. Mulai dari gambaran tokoh sampai adegan2nya. Mungkin ini yang akan membuat penonton awam sedikit bosan (padahal gw juga hahaha). Selain karena alur nya yang lambat, film ini tidak akan menawarkan adegan2 bombastis seperti film laga kebanyakan. Kecuali di bagian ending.
  4. (Lanjut dari poin diatas) Saking detailnya penjelasan dalam film ini, sepertinya terlalu banyak scene2 yang kepanjangan. Atau mungkin gw sangat suka dengan simplicity? Yang jelas, di jaman sekarang, mostly people, akan merasa bosan dengan film ini (lagi2 sok tahu). Sekarang kan udah jaman dimana ke-praktisan merajalela.
  5. Story sounds familiar? Selain Hollywood pernah me-remake film ini menjadi film koboi nya, The Magnificent Seven, Disney & Pixar juga mengadaptasi cerita ini dan membuat A Bug's Life. Selain itu, film yang dianggap sebagai salah satu film masterpiece dan paling besar influens nya kedalam sejarah film dunia ini juga sering diadaptasi beberapa elemen2nya dalam film2 modern.
  6. Penuturan kisahnya sangat teratur. Karena film ini berdurasi 3 jam (ya, 3 jam), jadi sepertinya sangat lengkap lah detil2 cerita nya.
  7. Kikuchiyo (Toshiro Mifune) adalah tokoh favorit gw. Bukan karena dia sering bertingkah kayak monyet gila, tapi karena semangat juang nya yang tinggi. Serta apa yang ia lakukan di bagian ending.
  8. Waaaw, pinter juga ya samurai2 jaman dulu. Strategi perang nya bener2 dipikirin betul. Mereka juga menjunjung tinggi teamwork dan keberanian. Dan juga seru ngeliat para samurai2 itu menjadi dekat dengan penduduk2 disana.
So, the conclusion..
Gw akuin, gw agak bosen dengan film ini. Why? Karena jelas (gw tau, tapi gw ga tau apa) film ini mengandung pesan yang bagus, tapi terlalu berat buat gw. Artistically, film ini bener2 well-done. Gw masih kebayang dengan shot2 sempurna dalam film ini. Sebagai ukuran film tahun segitu (non-Hollywood lagi -walaupun dari Jepang), film ini bener2 udah bagus. Salut buat Akira Kurosawa. Gw sedikit merasa malu karena gw tidak mengerti beberapa poin dalam film ini. Mungkin gw udah terpengaruh dengan film2 modern yang penuh CGI, yang lebih praktis dan pendek durasinya. Recommended? Terserah.

Gw bingung nge-ratingnya.

PS: Gw tiba2 pengen ngubah semua judul postingan gw dengan judul filmnya, gak lagi dengan quotes2nya. Kenapa? Biar lebih mudah dicari. Tapi gw juga suka dengan quotes sebagai judul. Gimana dong? Please, I need some suggestions! If you're reading this, you HAVE to give me some. Whoever, wherever you are.

12 comments:

  1. Nemu aja deh lo riz film jaman penjajahan gini haha. IMO (hahaha bahasa forum abis) mending judul post nya tetep quote dari film itu trs dikasih judulnya juga

    ReplyDelete
  2. yoi dong fi hahaha

    gw jg pengennya sih gitu, tapi takut kepanjangan fi hahaha okedeh gw tampung dulu sarannya, thanks anyway

    ReplyDelete
  3. aaaaa sumpah pengen nonton! gw waktu itu kayak nonton animenya gitu haha seru sih, EH a bug's life tuh aslinya dari the seven samurai demi apaaaa?

    klo gw bilang sih jadi kayak... Judul: "quote" gitu tapi kepanjangan ya? haha ato ga quotenya di terakhir aja pas sebelom ratingnya

    ReplyDelete
  4. quote aja sih gue bilang riz, lebih catchy.. apapun pilihan akhirnya, MAJU TERUS VAMPIBOTS!

    ReplyDelete
  5. quote aja riz, kalo judul udah biasa dan jadi udah ketebak film apa. Kalo quote jadi kayaknya orang tertarik untuk baca karena penasaran hahah(just my opinion ya)

    ReplyDelete
  6. @nabila: iya nab A Bug's Life emang cerita nya mirip sama Seven Samurai hahaha

    gw jg sempet mikir gitu nab, tapi bisa2 kepanjangan heheha ntar gw coba2 dulu hahaha thanks ya sarannya!

    ReplyDelete
  7. @djaffri: hahaha emang sih lebih bagus (dan menurut lo -lebih 'catchy' hahaha) gw juga lebih condong ga berubah djaf, tapi kita liat aja ntar hahaha shit sok mistis abis. thanks ya saran dan dukungannya!

    ReplyDelete
  8. @dani: hahaha iya sih tapi jadi susah dan kalo misalnya mau cari film apa gitu, gw juga suka lupa gitu hahahaha kan kasian orang2 yg mau liat post2 sebelumnya hahahaha kayak banyak aja ya yg baca.... dan emang bener sih, lebih bikin orang penasaran hehe

    btw, thanks sarannya dan!

    ReplyDelete
  9. iya sihhh tapi gw lebih suka jgn berubah riz soalnya jadi ciri khas vampibots gitu ahhahaha. Banyak deh riz kayaknya yg baca blog lu, bisa sukses nih di masa akan datang hahaha

    ReplyDelete
  10. hehehe... quote aja kan udah jd ciri khas lo...

    btw.... gaya nulisnya diganti ke yg dulu aja... yg gak pake poin2, gw lebih suka sama yg dulu, lebih ngalir dan enak bacanya, itu sih pendapat gw...

    tp so far.... great deh!

    ReplyDelete
  11. @hahaha iya ya dan? eh masa banyak sih? masih dikit dan, kalah banyak sama senior2 di blog hahaha tapi Amin aja deh

    @awya: hehehe iya sih.. waktu itu sih sempet mau diubah ke yg dulu lagi, tapi kalo dari saya sendiri, lebih suka yg skarang, soalnya lebih gampang hehe nanti saya coba2 lagi deh, btw thanks ya saran2nya!

    ReplyDelete
  12. Aaaaa kok bisa nemu film ini? Penasaran bgt pengen nonton krn film ini jd film favorit salah satu tokoh di novel The Kite Runner hehe. Cuma nemu yg The Magnificent Seven, tp ga begitu suka krn cerita ttg koboi yg ga bisa disandingkan sm samurai. Thanks for the review anyway :D

    ReplyDelete