Friday, May 1, 2009

"Embrace the other side. Become the animal"

Bad reviews sometimes make experience of watching the movie more satisfying. Itu berlaku sama gw pas nonton film ini. Awalnya gw ga tertarik nonton karena trailernya tidak terlalu mengesankan dan gak bikin penasaran. Trus juga adanya kebocoran yg membuat film ini lebih dulu keluar versi bajakannya, padahal efek2 nya blom sempurna, dan film nya juga belom rapih. Hal tersebut ngebuat gw makin males karena kata temen2 gw jelek (yaiyalah orang belom 100% selese). Karena gw ga ada kerjaan, dan temen gw ngajak nonton, alhasil gw jadi nonton film ini. Dan lg2 di Citos yang Alhamdulillah proyektor nya udah betul hahaha

Film ini adalah spin-off dari trilogi film superhero (dan salah satu yg terbaik), X-Men (00-03-06) yang diberi judul resmi X-Men Origins: Wolverine (2009). Udah pasti lah kalo film ini menceritakan tentang salah satu karakter mereka, Wolverine. Di film ini, diceritakan tentang masa lalu Wolverine (yang ternyata udah idup dari abad 18! -maklum, bukan pembaca komiknya), yang aslinya bernama James, dan kemudian berganti nama jadi Logan (Hugh Jackman). Lalu hubungannya dengan Victor Creed (Liev Schreiber) (yg kemudian hari dikenal sebagai Sabretooth), saudara serta ttm nya (teman tapi musuh hahaha) serta perkenalannya dengan agen pemerintah, William Stryker (Danny Huston). Stryker mengajak Logan & Victor untuk bergabung dalam sekelompok superhero dengan satu tujuan tertentu. Karena ada perbedaan pendapat, Logan memutuskan untuk hengkang.

Beberapa tahun setelahnya, Logan yg sudah memiliki kehidupan yg cukup normal terganggu lagi dengan kehadiran Stryker dan juga Victor. Dengan alasan untuk menarik perhatian Logan, Victor membunuh pacar Logan saat itu, Kayla. Dengan nafsu balas dendam yang membara, Logan sukarela menjadi kelinci percobaan Stryker untuk 'disusupi' adamantium ke tubuhnya, yang membuat cakarnya menjadi logam. Lalu dalam pencarian Victor, Logan menemukan fakta2 tentang Weapon X program serta rencana jahat Stryker.

Sebelum era the darker Batman, X-Men yang bersanding dengan Spider-Man adalah film2 superhero favorit gw. Cerita X-Men yang dipenuhi oleh karakter2 keren adalah alasan kuat kenapa gw suka X-Men. Apalagi filmnya yang kedua, yang mungkin adalah satu dari contoh film superhero dengan tema yang 'agak berat' tapi tetep asik buat ditonton. Nah sama hal nya dengan film Wolverine ini, ada beberapa tokoh mutan2 yang cukup menarik perhatian, kayak Bolt (Dominic Monaghan), Deadpool (Ryan Reynolds), Emma Frost (Tahyna Tozzi), sampe everybody's favorite, Gambit (Taylor Kitsch). Penyisipan karakter Scott Summers muda (soon-to-be Cyclops) dan juga penampilan cameo Charles Xavier yang juga dimainkan Patrick Stewart di penghujung kisah membuat film ini terasa aura nya dengan film X-Men lainnya.

To be honest, film ini terasa agak tanggung. Gak ada yang spesial dan baru untuk yang ditunjukkan dari film ini. Bahkan di beberapa scene special effect nya terasa tidak real dan gak rapih. Sebuah kekecewaan yang luar biasa sebenernya, untuk ukuran film sebesar ini. Beberapa adegan action nya memang cukup baik dan fun untuk ditonton buat seru-seruan.

Penampilan Hugh Jackman pun kayaknya biasa aja. Liev Schreiber udah lumayan. Scene stealer tentu aja si Taylor Kitsch a.k.a Gambit. Bukan, bukan aktingnya. Tapi penampilan Gambit nya itu sendiri. Udah lama mungkin penggemar X-Men menunggu penampilan mutan ini. Walaupun screen time di film ini sedikit (yaiyalah, namanya juga film Wolverine), tapi penampilannya bener2 menarik perhatian gw. Cool abis meen.

Beberapa adegan yang seharusnya dibuat emosional pun juga terasa tanggung. Apalagi saat Logan menemukan mayat pacarnya. Gw ga merasakan kesedihannya. Gw lebih sedih waktu seorang nenek yang menolong Logan harus tertembak mati oleh anak buah Stryker. Ada adegan yang menjadi favorit gw. Adegan itu terdapat di opening credit film ini. Waktu ada beberapa flash scene Logan & Victor mengikuti perang-perang dunia. Dari PD I sampe Perang Vietnam. Bahkan di adegan PD II, agak mirip dengan visualisasi di film Saving Private Ryan.

In conclusion: gak jelek dan ga bagus juga. Ada beberapa plot holes dan beberapa efek yang sedikit keliatan fake nya. Buat penggemar komik X-Men mungkin katanya bakal kecewa sama cerita nya. Karena gw gak baca komiknya, gw ternyata legowo aja sama cerita yang dipake. Nah karena bad reviews lah mungkin gw menjadi bisa lebih menikmati film ini. Action nya boleh lah disimak dan cukup menghibur. Humor2 sarkastik nya kadang2 susah untuk dicerna. Yah namanya juga film popcorn. Manjakan aja dulu mata lo buat nonton yg fun dikit2. Silahkan ditonton buat bersenang-senang!

Rating: 5/10

PS: Trailer Transformers: Revenge Of The Fallen udah keluar yang paling baru!!! And its freakin cool!! Banyak adegan2 robot yang bakal muncul dan jalan cerita nya makin jelas. CANT WAIT!! Nih, liat dulu trailernya disini.

4 comments:

  1. Riz lo kapan nontonnya di citos? Kemaren gw juga kesana tp nonton watchmen (telat haha)

    ReplyDelete
  2. jumat jam setengah 6an lah hahaha lo jam brapa dan?

    ReplyDelete
  3. Gw jam setengah 4 riz. Jam setengah 6 gw masih di bioskop kali ya haha

    ReplyDelete
  4. gw dari jam 3 malah di citos dan hahahaha oiya watchmen kan hampir 3 jam ya haha gak ketemu deh kita

    ReplyDelete