Thursday, March 31, 2011

19 Amateur Ways to Become a Movie Blogger

Maret, tanggal 31. Sembilan belas tahun gw udah hidup di dunia. Gak nyangka banget setaun lagi, umur gw udah kepala-2. Dan karena kalian semua lagi baca blog ini, gak nyangka juga lho, kalau blog ini sebenernya udah berumur 3 tahun, walau baru aktif ditulis 2 tahun yang lalu. Jadi seorang movie blogger itu ternyata tidak segampang yang gw kira pas pertama bikin. Banyak banget moment-moment down yang bikin blog ini jadi terbengkalai. Gw tidak mengatakan bahwa gw seorang expert ataupun seorang senior. Tidak, karena jauuuh lebih banyak blogger-blogger lain yang pengalamannya dan pengetahuannya menonton film lebih tinggi dari gw. Gw gak bermaksud sombong ketika gw bangga bisa mempertahankan blog ini hingga sekarang. Disini gw hanya ingin berbagi, dari seorang amatir ke amatiran juga. Buat pembaca yang belom punya dan pengen bikin movie blog. Beberapa langkah yang gw anggap sebagai alasan mengapa gw bisa bertahan sampai detik ini. Sebelum mulai, gw cuman mau ngucapin terima kasih yang sebanyak-banyaknya buat kalian yang sudah setia menemani gw menjalani dunia per-blog-an ini. You guys rock!

(note: gambar diambil dari inteview Vampibots di majalah NYLON Guys Indonesia edisi January 2011 - halaman 30. Big thanks to Djaffri, Mentari dan Mas Khiva ++ Nylon Guys Indonesia.)

So.. let's start!

1. Know your passion. You love movies? Suka nyeritain ulang filmnya? Punya niat? There, itu langkah pertama.

2. Pick a name. Your blog title, your alter ego. Usahakan se-catchy mungkin ya, kalau enggak juga gapapa sih sebenerya. What's in a name? tentu saja: identitas. Mau nama lo berhubungan dengan film seperti Jagoan Movies, Layar Besar, Moviegasm, An Education (judul film), dll; gabungan dari nama lo kayak CineTariz, Hakimicture, Moan and New Line Cinema, etc; atau yang gak begitu berhubungan sama film, kayak screenname etc misalnya blog ini, Raditheraphy, watyusiiswhatyuget, Anything, letshakehand, dll. Terserah. Be creative.

3. Pilih tempat yang asik buat nge-blog. Misalnya di blogspot, wordpress, tumblr, posterous, atau mungkin di notes facebook seperti yang pernah gw lakukan dulu. Semua sebenernya punya plus dan minus masing-masing. Tapi entah kenapa gw lebih sering menemukan movie blogger yang bermain di blogspot. Mungkin lebih gampang ya, tapi tergantung orang masing-masing sih. Ada yang bilang wordpress juga lebih asik. Silahkan dipilih-pilih sendiri.

4. Tentukan genre lo, apakah lo mau nge-generalized atau specified? Movie blogger gak cuman ada yang nge-review film general aja lo. Misalnya SigilaHorror atau horrorpopcorn yang khusus ngereview film horror. Terus mungkin NgobrolinFilm atau Ngomongin Film Indonesia yang isinya review film-film Indonesia atau Review Film oleh Yusahrizal yang hampir semua film Jepang.

5. Tentukan juga content blognya. Gak harus film semua, bisa aja masukkin tv-series, musik atau yang lainnya kayak AwyaNgobrol, de Lupher, Ajirenji Mindstream Review, Curly Bandidas, Rumah si Tukang Review, dkk.

6. Males nulis sendiri dan ngerasa takut gak bisa manage? Bisa aja ngajak temen lo buat ikutan nulis di blog lo, jadi kayak kontributor atau memang partner me-review. Contohnya kayak Movienthusiast.

7. Customize your blog. Memang sih ada istilah don't judge a book by its cover, atau dont judge a blog by its design, but by its contents. Tetapi gak ada salahnya dong memperindah blog supaya nyaman diliat. Simple-simple aja, gak usah overdone. Kalo memang gak mau dan susah, ya gpp sih. Yang penting tulisan bisa dibaca.

8. Make your posts effective. Jangan terlalu singkat, jangan terlalu panjang. Usahakan jangan kebanyakan nulis sinopsisnya biar gak spoiler. Berhubung ngomongin spoiler, jangan lupa kasih warning kalo memang nulis endingnya atau hal-hal yang bisa merusak kenikmatan menonton. Use rating kalo mau. Ratingnya bisa skala 1-5, 1-10, A-F, dll.

9. Silaturahmi a.k.a blogwalking. Kunjungi tetangga, atau blog-blog lainnya, even just to say hi or 'blogwalking ya'. Use chatbox atau semacamnya atau comment di postingan.

10. Kalau mau, tinggalin 'jejak' di postnya. Mau muji, kritik atau nulis opini personal, terserah. Gw sebagai movie blogger seneng banget kalo diajak diskusi di comment, jadinya punya point of view lain.

11. 'Blog-nya udah di-link ya, gan!' masih berhubungan sama silaturahmi, bikin list blog-blog film lain di blog lo. Sekalian bantuin temen ngiklan.

12. Seiring perkembangan teknologi, sekarang promosi posting baru jadi lebih gampang. Twit aja di twitter (sekalian follow temen-temen movie blogger lainnya ya). Banyak banget temen-temen yang sering nge-RT, sekalian ngeksis. Jangan lupa bilang terima kasih atau ikutan nge-RT posting temen-temen yang lain.

13. Believe in yourself pt.1. Use your own words, jangan terpengaruh opini orang-orang lain. Kalau suka filmnya, bilang suka. Kalau enggak, bilang enggak. Blog itu kan buah pikiran kita masing-masing, dan opini orang kan beda-beda.

14. Selain blogwalking, cari referensi film di blog-blog lain. Misalnya Kinema, Curhat Sinema atau Cinema Exposure, Cinema Poetica, dll yang isinya film-film 'ajaib' dan unik, saking langkanya dan asing buat penonton awam seperti gw. Dari situ, pengetahuan film kita kan jadi bertambah.

15. Selain cari referensi film, sekalian cari referensi review. Bukan nyontek tulisannya lho, tapi supaya kita liat pendapat orang lain terhadap satu film tuh gimana, gimana dia ngeliatnya berdasarkan point of view dia, sekalian nambah wawasan. Dan bukan berarti kita jadi ikutan terpengaruh juga, tapi supaya kita sadar kalo gak semua orang suka film yang kita suka dan gak semua orang benci film yang kita benci. Balik ke poin 13.

16. Open to criticism. Kalo ada yang kritik (misalnya sampe parah banget), gak usah dimasukkin ke hati, tapi ke otak. Gak usah dibales parah juga. Don't fight fire with fire. Berusaha calm aja, karena memang kita kan gak sempurna. Lagian dari kritik itu kita belajar untuk lebih baik, ya gak?

17. Believe in yourself pt.2. I started this blog when I was in 11th grade, 16 years of age. Gak usah takut atau minder ya walaupun umur lo masih muda. So what? Every great thing once started small, selain gw, temen-temen seangkatan ada Movie Globe, Torns of Thoughts, The Yellow Brick Road, bahkan MOVIE FREAK aja sekarang masih SMA.

18. Ini yang paling susah: menjaga konsistensi. Gw gak jarang ngebuat blog ini terbengkalai karena satu dan lain hal. Iri sama At The Movies atau SayaCeritaFilm, dll yang rutin dan sering banget bikin review. Memang, kalo blogger amatiran seperti gw ini kadang-kadang harus nunggu mood dulu biar lancar. Saran dari gw sih, kalo mau nulis review tapi gak nemuin mood yang asik, tulis dulu aja sedikit-sedikit, biar gak gampang lupa. Karena kalo lupa, bawaannya males ngelanjutin.

19. Jangan lupa kalo udah ngerasa bisa disebut movieblogger, hubungi Satrio Nindyo Istiko atau Labirin Film buat ikutan Indonesian Movie Bloggers Community. Disini bisa ikutan milisnya dan jadi juri di acara tahunan kita, IMBlog Choice Awards!

So what are you waiting for? Get off of this blog and make a new one! Inilah yang bisa gw bagi. Memang bukan advices yang authentic, tapi kalo mau, silahkan dicoba. Temen-temen movie blogger yang namanya saya cantumkan disini, mohon tidak berkenan ya hehe yang namanya juga tidak dicantumkan, jangan berkenan juga. Peace, love, long live and prosper!

PS: Kalo ada temen-temen movie blogger (atau siapapun) ada yang pengen nambahin dan berbagi pengalaman, silahkan ya jangan sungkan. Feel free to comment karena saya aja mikir 19 poin jungkir balik dulu #lebay.

19 comments:

  1. Buat movie blogger amatir kayak gw awalnya sempet nulis dengan terpengaruh pendapat orang. tapi lama-lama bisa lebih ngilangin itu.
    ex: sekarang udah bisa bilang "Gosford Park" gak bagus
    haha

    ReplyDelete
  2. rizz, makasi buat point no.18 ,benar2 gue banget dahhh wakakak nice posting gan

    ReplyDelete
  3. gw masih musti mendalami no 7 nih, hehe.
    like this post *jempol* *+1* =)

    ReplyDelete
  4. *standing applause sambil terharu*
    Bener banget semua. Apaligi yg nulis based on mood. Kalu udah ilang idenya, males bgt nulis. hahaha...

    tersipu malu an education kena mention juga (itu yg tumblr atau yg blogspot ya). hehehe.
    saya juga partner-an dgn labirinfilm, spy at least blog si Tiko ada 1 post per minggu. (pomosi)

    mumpung masih dlm konteks, i just wanna say blog Vampobots ini rapi, cleancut (udah kaya gunting rambut), dan keren designnya. Good job.

    ReplyDelete
  5. Happy belated b'day! We wish you all the best for your future and endeavors. Cheers :D

    ReplyDelete
  6. beh point 13 & 17 sabi sih yea hahaha

    ReplyDelete
  7. Nice advice nih buat blogger newbie :D

    ReplyDelete
  8. Wow banyak sekali responnya :) terima kasih ya!

    ReplyDelete
  9. @movfreak: iya, gw jg pernah mengalami 'fase' tersebut hehe sekarang udah bisa menulis opini sendiri :)

    @andyputera: terimakasih bli andy :) saya juga selalu susah bikin post yang rutin

    @ajirenji: hehe saya juga masih belum mendalami beberapa poin diatas nih, harus terus belajar hehe terima kasih mas

    @Mikhael: waaah terimakasih banyak ya :) x_x yaampun lupa masukkin linknya hehe btw itu yg blogspot, saya jg lupa masukkin blognya di list blog hehe
    dan terimakasih banyak buat pujianny :D

    ReplyDelete
  10. @uglyduckling: thank you so much :)

    @daniel: hehe terimakasih!

    @neko freak: terima kasih bisa membantu :D

    ReplyDelete
  11. aduh jadi terharu udah nyantumin blog gue di sini kakak #peluk

    btw sampe skrg gue masih ngalamin apa yg namanya stuck ide. dimana tema film lokal gitu2 mulu tapi gue sebisa mungkin untuk cari bacotan biar tetep menarik. ya menarik dalam artian berkata kasar. dan sudah melekat di blog gue #alah...

    btw, gue masih 18 tahun nih, bener banget untuk memulai sesuatu nggak perlu dimulai ketika kita udah dewasa or bla, bla. dan satu yg gue pegang teguh sampe saat ini, kalo mau review mesti jujur, terserah orang mau bilang apa, kalo kita bilang jelek yauda jelek aja #serius.com

    ReplyDelete
  12. Poin 18 itu penyakit saya banget. Parahnya mood nulis bisa ilang selama berminggu-minggu. Maunya nonton aja, tapi males nulis. hhee. Makanya saya belum begitu pede menyebut diri sendiri movie blogger. Thx postingnya, berguna utk saya yg newbie. :)

    ReplyDelete
  13. @mandapuspi: kita punya penyakit yg sama haha

    selain poin 18, pas awal2 gw nulis review gw malah sangat terpengaruh dgn pendapat orang lain bahkan klo diliat-liat kyak ngejiplak *parah* *sebuah pengakuan* haha

    tpi sekarang walaupun tulisan gw masih kacau dan ga kyak poin 8,seenggaknya hasil pendapat sendiri hehe

    dan satu lagi,kpan ya gw bisa kayak lo,riz? *ngiri* haha

    ReplyDelete
  14. @bee: wah ternyata masih 18 tahun ya hehe yak bener bgt!

    @mandapuspi: terimakasih, senang bisa membantu :)

    @thyo aditya: wah gw jg dulu mengalami fase itu kok, hmmm gw masih blm ada apa2nya kok hehe ayo sama2 belajar biar lebih baik lagi

    ReplyDelete
  15. post yang bermanfaat bung, high five dulu ah :D

    ReplyDelete
  16. Bagus banget saran dan tipsnya.

    Gw belajar banyak dari posting ini bro. Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  17. Waaah kk Tukang Review kan lebih berpengalaman dari saya :)) hehe tapi anyway terima kasih yaa, senang bisa membantu

    ReplyDelete
  18. Nonton Film Online disini aja guys

    nonton film online

    Nonton drama Korea terbaru disini aja guys

    drama korea terbaru

    ReplyDelete