Wednesday, February 20, 2013

85th Academy Awards: My Predictions

Akhirnya hampir sampai juga kita ke akhir awards race season 2012/2013 ini. I've said it once and I'll say it again; ini mungkin salah satu race yang paling unpredictable dan paling susah ditebak dari tahun-tahun sebelumnya. Dan sebagaimana sotoy-nya saya, pastilah saya akan mencoba-coba menebak siapa saja yang akan membawa pulang piala Oscar di pagelaran Academy Awards ke-85 mendatang. Sebelumnya saya hanya ingin mengatakan bahwa saya bukanlah penebak ulung. Tahun lalu saja saya banyak yang meleset. Banyak influence yang saya ambil untung menebak-nebak; mulai dari pemenang guilds awards atau sejenisnya, prediksi awards blogger lain, hingga firasat sendiri (lol). Karena banyaknya pengaruh tersebut lah yang sampai sekarang pun saya tidak yakin benar semua.

Meminjam template milik blogger luar, saya akan memberikan sedikit opini di masing-masing kategori. Film/individu yang menjadi prediksi final akan saya taruh di kolom Will win dan saya garis bawahi; sedangkan untuk potential upset pada Could win (karena saya plin plan tentunya); serta jagoan saya sendiri di Should win. Berikut adalah tebak-tebakan saya untuk race tahun ini.....................................
*lihat full nominasi disini.

Best Visual Effects
Ini adalah salah satu kategori yang kayaknya udah jelas banget pemenangnya and deservedly so. Saya baru sadar tahun lalu kalau hampir semua nominee dalam field ini yang juga dinominasikan dalam Best Picture kemungkinan besar pasti menang; e.g. Hugo won over the favorite Rise of the Planet of the Apes last year.
Will and Should win: LIFE OF PI

Best Sound Mixing
Kalo mixing ini beberapa prediksi udah mampir ke Les Miserables yang udah gembar-gembor 'live singing on set' sejak filmnya baru mau dibuat. Film musikal juga banyak yang menang disini.
Will win: LES MISERABLES
Could win: SKYFALL

Best Sound Editing
Sound editing ini juga salah satu kategori yang sampe sekarang kurang bisa saya pahami bener-bener sih, cuman prediksi dari guilds aja
Will win: LIFE OF PI
Could win: ARGO (if they really really LOVE it) / ZERO DARK THIRTY
Should win: LIFE OF PI

Best Animated Short Film
Belum nonton semua (kecuali 1) film-filmnya jadi saya kurang ngerti. So, pilhan saya tetap favorit saya, Paperman!
Will win: PAPERMAN
Could win: HEAD OVER HEELS

Best Live Action Short Film
Sama seperti sebelumnya, kurang ngeh dan emang gak pernah peduli sama nominasi ini *sorry filmmakers!*
Will win: CURFEW
Could win: DEATH OF A SHADOW

Best Documentary - Short Subject
Another ngasal-ness.
Will win: OPEN HEART
Could win: MONDAYS AT RACINE

Best Makeup and Hairstyling
Saya kurang mengerti gimana menilai 'bagus'nya sebuah make-up. Hitchock mungkin bisa menyulap Anthony Hopkins menjadi seorang Alfred Hitchcock, tapi jangan remehkan The Hobbit yang merias para dwarf dan Les Miserables yang membuat Anne Hathaway jadi prostitusi gizi buruk.
Will win: LES MISERABLES
Could win: HITCHCOCK
Should win: THE HOBBIT

Best Costume Design
Kostum itu terkadang agak tricky sih. Entah mood voters mau ke era-era klasik macem Anna Karenina dan Lincoln atau kostum unik sekaligus memberikan tribute kepada mendiang Eiko Ishioka dalam Mirror Mirror? I chose the former.
Will win: ANNA KARENINA
Could win: MIRROR MIRROR
Should win: ANNA KARENINA

Best Production Design
Kategori yang awalnya bernama Art Direction ini juga lumayan seru. Sudah pasti saya akan memfavoritkan Anna Karenina dengan konsep produksi yang megah nan kreatif itu. Voters bisa saja tidak menyukai filmnya, tetapi tak mungkin bisa memalingkan pikiran dari betapa indahnya produksi disain dalam film ini.
Will win: ANNA KARENINA
Could win: LIFE OF PI
Should win: ANNA KARENINA

Best Cinematography
Nah ini juga yang susah. Ada cinematography cantik di Life of Pi dan Anna Karenina, tetapi apakah Academy akan melupakan kembali kinerja Roger Deakins yang sudah 10 kali dinominasikan tanpa menang sekalipun. Hal tersebut yang juga menjadi influence saya memilih Deakins 2 tahun yang lalu, ketika akhirnya ia juga harus pulang membawa tangan kosong dikalahkan oleh Pfister lewat Inception. Hunch saya mengatakan tahun ini masih bukan milik Deakins.
Will win: LIFE OF PI
Could win: SKYFALL
Should win: SKYFALL (only because Deakins is waaaay overdue)

Best Original Score
Menurut saya sih score terbaik taun lalu itu milik Beasts of the Southern Wild, sayang gak masuk nominasi. Score Life of Pi juga bagus dan syahdu kok, jadi ya saya sih milih itu aja. 
Will win: LIFE OF PI
Could win: ANNA KARENINA
Should win: LIFE OF PI

Best Original Song
Saya sendiri sih kurang begitu suka dengan lagunya, tetapi Skyfall dan Adele itu sepertinya pilihan yang cocok dan populer buat tahun ini. Belum lagi dengan rencana tribut untuk James Bond di acara Oscar nanti. Pas sudah momentumnya.
Will win: Skyfall by Adele from SKYFALL
Could win: Everybody Needs a Best Friend by Norah Jones from TED

Best Film Editing
Salah satu nominasi krusial buat pemenang Best Picture.  Dalam 2 tahun terakhir, dua film yang berturut-turut 'mencuri' Best Editing dari pemenang Best Picture adalah film-filmnya David Fincher (The Social Network dan The Girl with the Dragon Tattoo) yang di-edit oleh 2 orang yang sama: Kirk Baxter and Angus Wall. Anyhoo, salah satu kekuatan terbesar ARGO itu memang editingnya sih. Dengan status frontrunner-nya sekarang, udah hampir 99% bakal menang disini.
Will win: ARGO
Could win: LINCOLN / ZERO DARK THIRTY
Should win: ARGO / ZERO DARK THIRTY

Best Documentary – Feature
Sugar Man adalah salah satu film favorit saya tahun lalu, dan untungnya belakangan buzz nya lumayan kenceng dengan kemenangan di berbagai guilds. Tapi gak kaget kalau yang menang dokumenter-dokumenter yang lebih politis seperti Invisible War atau pun How to Survive a Plague.
Will win: SEARCHING FOR SUGAR MAN
Could win: THE INVISIBLE WAR / HOW TO SURVIVE A PLAGUE
Should win: SEARCHING FOR SUGAR MAN

Best Foreign Language Film
Salah satu kategori yang deceiving. Ya memang Amour dapet nominasi BP, tapi ingat, kategori ini kadang memiliki pilihan-pilihan yang out of the box (The Lives of Others over Pan's Labyrinth? No Man's Land over Amelie?). Tapi dengan nominasi BP di tangan, tidak mungkin voter tidak memilih Amour.
Will, could and should win: AMOUR

Best Animated Feature
Aaah lagi-lagi award yang sulit untuk dipilih. Dari perolehan award (yang penting tentunya), mungkin Wreck-it Ralph bisa lebih unggul (Annie + PGA). Tetapi Brave yang sebenarnya tidak begitu mendapatkan rave tinggi, belakangan banyak mendapat perhatian. Sayangnya favorit saya, ParaNorman akan menjadi pilihan yang terlalu edgy.
Will win: WRECK-IT RALPH
Could win: BRAVE
Should win: PARANORMAN

Best Writing – Adapted Screenplay
Dua naskah yang saya favoritkan beradu disini. Berapa minggu yang lalu mungkin Tony Kushner, seorang pemenang Pulitzer Prize yang mengadaptasi buku yang cukup respected, akan menjadi pilihan pertama. Tetapi setelah Scripter dan WGA, sepertinya Chris Terrio yang akan menang.
Will win: ARGO
Could win: LINCOLN
Should win: LINCOLN and ARGO both deserve it.

Best Writing – Original Screenplay
Seperti tahun 2009/2010 kemarin ketika Quentin Tarantino (Inglorious Basterds) beradu dengan Mark Boal (The Hurt Locker), tahun ini keduanya pun menjadi 2 kandidat terkuat. Kalau Boal menang lewat Locker, tahun ini mungkin Oscar akan berpihak pada Tarantino. Boal mungkin menang di WGA tapi itu karena Tarantino gak eligible. Hati-hati juga sama kejutan dari Michael Haneke (Amour) yang bisa-bisa menyalip keduanya.
Will win: DJANGO UNCHAINED
Could win: ZERO DARK THIRTY / AMOUR
Should win: ZERO DARK THIRTY

Best Supporting Actress
Again, clear as day. Sally Field, satu-satunya lawan terberat Hathaway sepertinya sudah kehilangan buzz setelah si Fantine menyapu bersih hampir semua awards.
Will and should win: Anne Hathaway – LES MISERABLES
Could win: Sally Field – LINCOLN

Best Supporting Actor
Banyak yang bilang kategori ini kurang mengasyikan. Kurang asik dimana yaaa? Malah ini termasuk salah satu kategori yang akan sulit ditebak. Anybody can win it, to be honest. Dengan Globes dan BAFTA, sepertinya Waltz bisa melenggang naik kembali ke panggung Oscar setelah kemenangannya beberapa tahun silam (dan dengan karakter yang mirip-mirip pula). Tetapi entah mengapa saya rasa mereka akan lebih memilih Tommy Lee Jones atau Robert DeNiro yang sudah absen dalam kancah nominasi bertahun-tahun.
Will win: Tommy Lee Jones – LINCOLN
Could win: Christoph Waltz – DJANGO UNCHAINED / Robert DeNiro – SILVER LININGS PLAYBOOK
Should win: Robert DeNiro

Best Actress
Salah satu dari banyak kategori yang bikin saya pusing. Setelah berminggu-minggu kategori ini hanya 'milik' Chastain versus Lawrence, tetapi kemenangan Lawrence di SAG membuatnya menjadi lebih favorit. Tapi tunggu dulu, Riva bisa mengejar dengan faktor umur dan ke-senioritas-annya dan kemenangannya di BAFTA. Marion Cotillard di tahun 2008 menjadi surprise winner mengalahkan Julie Christie yang jadi favorit guild setelah menang BAFTA. Setelah bergulat dengan logika dan hati (#eaaa), saya sempat berfikir Riva akan menang disini. Tapi menurut saya Lawrence masih menjadi komoditi yang terlalu irresistible untuk voters tidak memilihnya. Saya pun tetap akan senang kalau ternyata prediksi saya salah, apalagi kalau ternyata Watts atau Wallis yang menang; it's a longshot, but would be a very nice surprise.
Will win: Jennifer Lawrence – SILVER LININGS PLAYBOOK
Could win: Emanuelle Riva – AMOUR
Should win: Jessica Chastain

Best Actor
Kalau ini sih udah sealed sejak Daniel Day-Lewis mengatakan setuju untuk memerankan Abraham Lincoln. Dan kemenangannya di hampir semua award untuk Best Actor pun sudah menjadi bukti jelas kalau disini bukan kompetisi lagi. Walaupun Day-Lewis saya juga nobatkan sebagai Aktor Terbaik versi saya, tapi saya memfavoritkan Phoenix disini. Day-Lewis had already won 2, I think Oscar should redeem itself after Phoenix lost from Gladiator a few years ago.
Will win: Daniel Day-Lewis – LINCOLN
Should win: Joaquin Phoenix – THE MASTER

Best Director
Nah ini adalah kategori yang bingunginnya setingkat Best Actress. Kalau ada Ben Affleck disini sih pastinya kategori ini akan tertutup juga. Saya sempat membela Michael Haneke, karena sepertinya Amour memiliki banyak fans. Sama seperti Roman Polanski yang mengalahkan Rob Marshall dan menang lewat The Pianist (2002). He's a respectable director. Kans Spielberg sebenarnya masih cukup tinggi, tetapi kok sepertinya kampanye anti-Lincoln makin kesini makin gencar yaa. Walaupun Haneke mulai agak bersinar, saya punya firasat Ang Lee yang akan mendapat Oscar kedua untuknya. I could be wrong though, dan Haneke masih bisa mencurinya, heck even David O Russell can win it too!
Will win:  Ang Lee – LIFE OF PI
Could win: Michael Haneke – AMOUR / Steven Spielberg – LINCOLN
Should win: Ang Lee

Best Picture
Setelah pembacaan nominasi sebulan yang lalu, saya yakin sekali bahwa Lincoln akan membawa pulang Best Picture tahun ini. Tetapi setelah keberhasilan Argo meraih hampir semua penghargaan dari guild mulai dari sutradara, produser, penulis naskah hingga (the most shocking!) jajaran ensemble cast nya. Argo sendiri sudah membuktikan bahwa dirinya juga menang baik dalam sistem voting weighted dan preferential (yang dipakai oleh Oscar). Banyak yang masih sangsi bahwa Argo tidak mungkin menang karena tidak mendapat nominasi Best Director. Tetapi sepertinya setelah kita melihat betapa cintanya para pekerja film terhadap Argo, sepertinya agak riskan untuk tidak memprediksi Argo. Dan kalau boleh jujur, tentunya saya lebih memilih Zero Dark Thirty, bahkan Argo saya tempatkan di atas Lincoln. Tetapi entah mengapa saya menjagokan Lincoln disini. ZDT sudah memiliki banyak penghargaan, begitu pula Argo. Rasanya saya ingin Lincoln setidaknya mendapatkan pengakuan dari Oscar. Karena saya rasa Lincoln adalah film yang bagus dan begitulah seharusnya film biopik dibuat. Though, saya rasa kekalahan Lincoln bisa menjadi sebuah hal yang baik. Karena jika Lincoln menang, betapa banyak bash yang akan orang hantarkan kepada Academy dengan alasan mereka terlalu boring dan konvensional?
Will win: ARGO
Could win: LINCOLN
Should win: LINCOLN

Perhelatan Academy Awards ke-85 akan berlangsung pada tanggal 24 Februari mendatang (25 Februari pagi kalau WIB). Kita lihat saja hasilnya; apakah ternyata pilihan saya banyak yang benar, atau banyak kejutan pula. Mungkinkah voters masih bersimpati kepada Spielberg dan Lincoln? Mungkinkah Argo malah menyapu bersih semua nominasi atau Oscar akan membagi-bagi kepada film lain? Well, we'll see.......

6 comments:

  1. Film tahun ini emang bagus bagus semua ya. Puyeng banget milih yang mana yang bakal menang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya taun ini film2 yg masuk Oscar bagus2 :)

      Delete
  2. Semoga Life of Pi banyak menang, semoga juga Paperman menang :) Sama sih, baru nonton Paperman sama Head Over Heels juga. Sedikit heran kenapa Cotillard di Rust and Bone ngga masuk Best Actress ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Life of Pi teknisnya juara bgt, dan saya jg dukung Ang Lee buat menang Best Director :D Sayang memang Cotillard gak masuk nominasi, tapi yang masuk nominasi bagus2 semua, jadi gak begitu complain hehe

      Delete
  3. Agak bingung siapa yang bakal menang Best Actress. Kata gw perangnya itu antara Lawrence/Riva (entah kenapa Chastain agak meredup makin kesini). Should win? Riva, and Lawrence (bingung milihnya). Will win? Lawrence, or Riva. (masih bingung milihnya). Dan kalo diliat dari segi aktingnya, kok gw gak terlalu suka Chastain buat menang ya. Dia di ZDT bagus, tapi gak banget. Kalo pun dia harus menang Oscar di awal-awal karirnya yang gemilang sekarang ini, harusnya itu tahun lalu dengan segudang film yang dia mainin dengan bagus bgt (note ToL, T Help, etc). Masih lebih Oscar worthy perf-nya Lawrence, bahkan Riva apalagi. (Lawrence masih punya banyak waktu buat dapet Oscar, kasih ke Riva aja ah!)

    Best Pic.... Argo no doubt (eh, bisa aja ada kejutan sih hihi)

    Best Dir... gw mau Ang Lee yg menang, or Haneke. Spielberg udah lah kasih ke orang lain buat jadi penerusmu lol

    Best Actor... DDL (walaupun kecil kemungkinannya, tapi bisa aja sih disalip Phoenix, blm nonton T Master tp banyak yg blg best perf tahun lalu justru dia. Tapi kasus si Phoenix "ngelecehin" awards season bisa jadi penghalang buat dia)

    Best Supp Actress.. naaaaaaaaah ini baru yang bener benerrrrrr LOCKED. Lol. Anne Hathaway. No comment.

    Best Supp Act.. setuju! Gw bingung ini kategori kok rada overlooked ya padahal ini kategori yang bisa dibilang paling sengit persaingannya dan sangat unpredictable. Waltz menang Bafta & Globes, Lee menang SAG, Hoffman menang Critics Choice. Nah biar adil, Oscar nya buat si De Niro aja deh! (soalnya kalo dipikir2, SLP ada di semua kategori akting, dan waktu itu gw itung, dalam sejarah cuma sedikit film yg kyk SLP, yg gak menang apa2, dan itu udah lama bgt, jadi chance SLP buat menang Oscar kata gw agak berat disini . Dan juga kata gw best perf supp actor emg si De Niro ah, bagus dia. Asal jangan Arkin, walaupun gw cinta mati sama Argo lol)

    Dan kata gw Skyfall bakal menang dan emang oscar worthy ah. Kata gw lagunya bagus bgt dan waktu itu baca dimana gitu, komposisi orkestranya emang dipuji. + faktor Adele + faktor James Bond = menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget! Best Actress itu susah nentuinnya... Yaah masa gak suka Chastain di ZDT.. keren bgt dia; fierce, tough, plus gak oversentimental, IMO sih hehe walaupun gw prediksiin Lawrence gak bakal kaget jg kalo Riva yang menang, krn menurut gw kalo gw rank dari semua nominator Best Actress, Lawrence peringkat 5 :p

      Iya, gw suka bgt sama aktingnya Robert DeNiro di SLP, setingkat PSH lah di Master haha 2-2nya keren, Waltz jg bagus tapi gak jauh beda sama pas dia meranin Landa.

      Skyfall emang teknisnya bagus, tapi gw kurang begitu suka sama lagunya, kecuali buat di openingnya sih, emang pas.. dan setau gw seharusnya (cmiiw) lagunya malah gak boleh masuk nominasi tuh, kan ada aransemen yang make material yg udah ada (jadi gak original lagi), etapi gak ngerti jg sih sama guidelinenya :p

      Delete