Monday, February 25, 2013

85th Academy Awards: The Winners!

Setelah sederetan penghargaan yang diraih, Argo pun akhirnya dengan sukses dinobatkan sebagai Film Terbaik versi voter Academy Awards tahun ini. Ketidakikutsertaan Ben Affleck dalam perlombaan Best Director, dan hanya 'mendapat' 2 piala (Editing dan Adapted Screenplay) sebelum meraih Best Picture, nyatanya tidak membuat Argo gagal membawa pulang piala Oscar-nya yang ketiga malam itu.

Walaupun Argo berhasil merenggut piala utama, 'juara umum' ternyata harus jatuh pada Life of Pi yang dari 11 nominasi berbuah 4 piala; untuk Best Director, Cinematography, Original Score dan Visual Effect. Di belakangnya baru berdiri Argo dan Les Miserables (Best Supporting Actress, Best Make-up and Hairstyling dan Best Sound Mixing) dengan masing-masing 3 piala. Dengan 2 Oscar ada Django Unchained (Supporting Actor, Original Screenplay), Lincoln (Actor, Production Design) dan Skyfall! (Original Song, Sound Editing). Secara keseluruhan, hasil Oscars 2013 ini tidak begitu banyak surprise. Kemenangan Jennifer Lawrence ataupun Ang Lee bagi saya bukan lagi sebagai kejutan (apalagi Lawrence, tapi akhir-akhir ini banyak yang percaya Riva bakal mencurinya, gak terjadi kan?), karena banyak pundits yang memang sudah memprediksi Lawrence dan Lee untuk menang. Life of Pi juga bagi saya salah satu best directed film of the year, setelah Zero Dark Thirty yang sayangnya tidak dinominasikan Best Directing dan hanya membawa pulang 1 piala.

Tetapi tentu bukan Oscar namanya kalau tidak memberikan satu atau dua kejutan. Tahun ini muncul pada Best Animated Feature yang dimenangkan oleh Brave, setelah Wreck-It Ralph dan Frankenweenie lebih diunggulkan. Tetapi seperti yang saya bilang pada prediksi saya, beberapa minggu belakangan ini Brave mulai banyak mengambil perhatian. Kejutan kedua datang di dua pemenang dalam Sound Editing (sayangnya pas Mark Wahlberg menyebutkan bahwa ada tie, kenapa penontonnya gak kaget-kaget dramatis gitu ya haha I love when that happens actually) yang dimenangkan oleh Zero Dark Thirty dan Skyfall. Lalu yang bagi saya paling mengagetkan adalah kemenangan Lincoln di Production Design, mengalahkan Anna Karenina yang sudah menang dalam Art Directors guild kemarin. Bukannya production design Lincoln jelek, tetapi salah satu kekuatan Anna Karenina adalah pada Production Designnya yang kreatif dan exquisite, dibandingkan kostumnya yang bagi saya gak begitu spektakuler, lebih keren Mirror Mirror. Selebihnya? Sudah bisa ditebak. Cristoph Waltz bisa dimaklumi (menang Globes dan BAFTA), Anne Hathaway dan Daniel Day-Lewis sudah locked dari kapan tau. Satu yang agak disayangkan sih; Beasts of the Southern Wild pulang dengan tangan hampa, walaupun memang untuk bisa dinominasikan saja sudah menjadi penghargaan tersendiri buat film kecil tersebut.

Saya belum menonton full acaranya sih, tetapi melihat reaksi di twitter sepertinya agak meh ya. Seth MacFarlane dapet mixed reviews, ada yang bilang bagus ada yang bilang jelek (kejadian serupa terjadi pada hampir SEMUA host, you can't please everyone I guess). Dan sepertinya tahun ini temanya lebih ke musikal ya, dengan sejumlah singing performances, mulai dari opening dan closing(!) numbers, tribut pada film musikal dalam dekade kemarin, hingga tribut ke James Bond dan In Memoriam. Kehadiran Michelle Obama yang membantu Jack Nicholson mengumumkan pemenang Best Picture langsung dari The White House serta sang boneka teddy bear ajaib Ted juga menjadi highlight tersendiri. Tak sabar menunggu download-annya saya selesai untuk bisa menonton hehe #fakirdownload #nasibanakkos.

Berikut adalah daftar pemenang lengkap Academy Awards ke-85 ini
BEST PICTURE
Argo

BEST DIRECTOR
Ang Lee for Life of Pi

BEST ACTOR
Daniel Day-Lewis in Lincoln

BEST ACTRESS
Jennifer Lawrence in Silver Linings Playbook

BEST SUPPORTING ACTOR
Christoph Waltz in Django Unchained

BEST SUPPORTING ACTRESS
Anne Hathaway in Les Misérables

BEST ANIMATED FEATURE
Brave

BEST FOREIGN FILM
Amour

BEST ADAPTED SCREENPLAY
Argo (Chris Terrio)

BEST ORIGINAL SCREENPLAY
Django Unchained  (Quentin Tarantino)

BEST CINEMATOGRAPHY
Life of Pi (Claudio Miranda)

BEST FILM EDITING
Argo (William Goldenberg)

BEST ORIGINAL SCORE
Life of Pi (Mychael Danna)

BEST COSTUME DESIGN
Anna Karenina (Jacqueline Durran)

BEST DOCUMENTARY FEATURE
Searching for Sugar Man

BEST DOCUMENTARY SHORT FILM
Inocente

BEST MAKE-UP AND HAIRSTYLING
Les Misérables (Lisa Westcott and Julie Dartnell)

BEST ORIGINAL SONG
Skyfall from Skyfall (Adele Adkins and Paul Epworth)

BEST PRODUCTION DESIGN
Lincoln (Rick Carter and Jim Erickson)

BEST ANIMATED SHORT FILM
Paperman (John Kahrs)

BEST LIVE ACTION SHORT FILM
Curfew (Shawn Christensen)

BEST SOUND EDITING (tie!!)
Skyfall (Per Hallberg and Karen Baker Landers)
Zero Dark Thirty (Paul N.J. Ottosson)

BEST SOUND MIXING
Les Misérables (Andy Nelson, Mark Paterson and Simon Hayes)

BEST VISUAL EFFECTS
Life of Pi (Bill Westenhofer, Guillaume Rocheron, Erik-Jan De Boer and Donald R. Elliott)

Well, there you go. Selesai sudah serangkaian awards race season 2012/2013. Begitu banyak unexpected things, begitu banyak kejutan. Dibanding tahun lalu, saya sangaaat puas dengan hasil pemenang tahun ini. Argo, Lincoln, Life of Pi, Silver Linings Playbook, Beasts of the Southern Wild, Amour, hingga Django Unchained dan Les Miserables yang tidak begitu saya favoritkan pun bagi saya semuanya memiliki charm nya masing-masing. Sampai jumpa tahun depan, Oscar watchers!! What a yearrrr!!

6 comments:

  1. Ang Lee winning Best Director reaaaallly makes my day >.<

    ReplyDelete
  2. Jennifer Lawrence!! walopun jatoh tetep elegan :)) and of all She Winnn!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kasian sih dia tapi untungnya gak parah2 bgt jatohnyaa

      Delete
  3. "setelah Zero Dark Thirty yang sayangnya tidak dinominasikan Best Directing dan hanya membawa pulang 1 piala" <-------- tie pula, ibarat kate ga utuh tuh piala >,<

    Ane termasuk yg berharap Riva menang, JLaw?
    hm..ane setuju ama Sasha, she is too young,..takutnya besok2 dia 'pasti' bisa lebih bagus dan krna uda menang, jadi ga menang..

    Blum liat keseluruhan acaranya, tapi uda liat yg DDL Best Actor, classy-lucu..lelucon Meryl as Lincoln nya bikin ngakak

    ReplyDelete
  4. kmaren nonton live dan jujur gak berasa banget nonton lebih dari 3 jam saking hanyut dalam setiap momennya, haha, beda skali sama Oscar taun lalu which was so flat -.-

    oya dah pada liat video parodi MacFarlane di opening Oscar kmaren? yg dia nyanyi "We saw your b*obs" buat nyindir aktris2 Hollywood, sumpah kocak bgt, banyak bgt aktris yg kesindir, wkwk dan lagunya jg gampang nempel bgt di kepala :D

    ReplyDelete