Saturday, February 9, 2013

4th Vampibots Annual List: 13 Most Anticipated Films in 2013

Akhirnya tiba juga di akhir perhelatan akbar (#eaa) Vampibots Annual List yang ke-4 ini. Setelah melakukan retrospektif terhadap poster, film, adegan hingga shot terfavorit saya setahun belakangan, sudah saatnya saya move on dari tahun 2012 dan menyongsong masa depan, a.k.a 2013. Sudah sebulan kita menginjak 2013, dan masih ada 11 bulan lagi untuk kita melewatinya. Dan tentunya sudah ada segudang film yang menanti untuk dilahap.

Tahun lalu, saya memilih 12 film yang paling saya tunggu-tunggu. Karena tahun ini 2013, jadi saya hanya memilih 13 saja. Why? Because I can. Haha. Yah tentunya tidak mudah memilih 13 film saja untuk saya tonton. Lagipula mengingat yang sudah-sudah, tak semua film yang saya tunggu di awal tahun akan saya tonton, belum termasuk pula film-film sleeper hit atau yang ternyata tampil lebih baik dari yang saya duga. Tahun lalu, dari 12 film pilihan saya, 3 diantaranya diundur sedangkan 9 lainnya berhasil saya tonton (yay!). 4 diantaranya masuk nominasi Best Picture Oscar tahun ini (termasuk Argo, yang saat itu masih relatively unknown, lol I'm a hipster), 4 lainnya berhasil mendapat 1 atau lebih nominasi Oscar, sedangkan yang satunya menjadi top box office beberapa minggu. Tiga film yang tidak jadi tayang tahun lalu adalah STOKER (Park Chan-wook), GRAVITY (Alfonso Cuaron) dan TO THE WONDER (Terrence Malick) yang sepertinya sudah pasti akan tayang tahun ini. Karena sudah saya masukkan di list tahun lalu, jadi 3 film tersebut terpaksa saya singkirkan terlebih dahulu, walaupun masih saya tunggu kehadirannya. Berikut adalah 13 film pilihan berdasarkan sutradara atau pemain atau premis atau memang gabungan ketiga aspek tersebut, yang paling saya tunggu di tahun ini (in alphabetical order)....


AUGUST: OSAGE COUNTY
Directed by John Wells | TBD
Sutradaranya boleh lah 'hanya' veteran sutradara televisi, tapi lihat dulu darimana film ini diadaptasi dan bintang-bintangnya. Diangkat dari sebuah drama teater yang telah memenangkan Pullitzer Prize, film yang mengisahkan tentang keluarga dan drama-drama didalamnya ini memasang Meryl Streep, Julia Roberts, Chris Cooper, Ewan McGregor, Benedict Cumberbatch, Abigail Breslin, Juliette Lewis, dll dalam barisan cast. Di-backup sama The Weinstein Company dan George Clooney pula. Oscar, I can hear you.



BEFORE MIDNIGHT
Directed by Richard Linklater | TBD, premiere at Sundance Film Festival in January
Dua predecessor-nya, Before Sunrise (1995) dan Before Sunset (2004) adalah duo film paling romantis yang pernah saya tonton. Setelah 9 tahun penonton dibuat menerka-nerka apakah Jesse (Ethan Hawke) akan ketinggalan pesawat atau stay di apartemen Celine (Julie Delpy), kita akan bertemu lagi dengan duet pasangan dengan chemistry luar biasa dan dewasa ini. First reviews nya begitu memuja-muji Midnight dan bersanding dengan dua film awalnya menjadi salah satu trilogi terbaik. Itu kata mereka sih. So let's hope I can say the same thing.



BLING RING
Directed by Sofia Coppola | TBD
Tiga tahun absen selepas merilis Somewhere (salah satu film favorit saya tahun 2010), Sofia Coppola akan hadir kembali dan sepertinya lewat filmnya yang paling hip..? Mengisahkan tentang sekelompok remaja yang hobinya merampok rumah-rumah selebriti di Los Angeles. Oh, this is a true story. Dan tentunya hadirnya Emma Watson yang akan menjadi bintang utama bersama aktor-aktris yang belum punya nama menjadi sebuah boost yang tinggi. Apakah akan se-mellow Somewhere atau sedikit lebih fun (tapi tetep mellow) a la Marie Antoinette (2006)?



CAPTAIN PHILLIPS
Directed by Paul Greengrass | October 11
Salah satu dari 2 film Tom Hanks yang ada dalam list ini. Diangkat dari kisah nyata di tahun 2009 dimana kapal kargo Amerika dibajak oleh bajak laut asal Somalia, the first time ever in 200 years. Mungkin ini akan menjadi Argo tahun ini, but who knows? Dengan gaya penyutradaraan Greengrass yang dinamis (Bourne Ultimatum, anyone?) dan star power dari Tom Hanks bisa jadi ini akan menjadi kontender kuat di Oscar mendatang. But the release date worries me. Too soon, I think. But then again, memprediksi nominasi Oscar sekarang juga tentunya too soon. Hope this film will be better than expected!



HER
Directed by Spike Jonze | TBD
Aaah, Spike Jonze walaupun jarang-jarang bikin film, tapi film-filmnya banyak banget yang saya suka. Terakhir lewat Where The Wild Things Are (2009) yang imo, underrated banget. Her akan bercerita tentang seorang pria (Joaquin Phoenix) yang menciptakan sebuah operating system canggih yang mampu memberikan semua kebutuhan sang pengguna. Tak disangka ternyata terjalin sebuah hubungan romantis diantara sang pencipta dan temuannya. Science fiction and romance blend well together, right? Selain Phoenix, ada Amy Adams, Rooney Mara, Samantha Morton dan Olivia Wilde. Cant wait!



OLDBOY
Directed by Spike Lee | October 11
Oldboy (2003) atau Oldeuboi adalah salah satu film Korea Selatan yang saya suka. Dan seperti biasa, menjadi komoditi hangat bagi Hollywood untuk menjadikan Oldboy sebagai film produksinya. Disutradarai oleh Spike Lee, Oldboy mengisahkan tentang seorang pria yang telah dipenjara dalam sebuah tahanan selama 15 tahun tanpa alasan yang jelas. Dan setelah dikeluarkan, ia geregetan untuk mengetahui mengapa ia diculik dan yang lebih penting, mengapa ia dikeluarkan. Mungkin kalau sudah tau endingnya, film ini akan menjadi less shocking. Tetapi Lee menegaskan ia akan setia dengan komiknya yang tidak mengandung twist biadab tersebut. Ada Josh Brolin sebagai karakter utama serta Sharlto Copley, Elizabeth Olsen dan Samuel L Jackson mendampinginya.



MAN OF STEEL
Directed by Zack Snyder | June 14
Versi gelap dari sang manusia super ini adalah satu-satunya film superhero disini (sayang sekali saya tidak memasukkan sekuel Kick-Ass di 13 besar). Saya sebenarnya tidak pernah begitu tertarik dengan film-film superhero. Iron Man 3 dan The Wolverine saja gak begitu excited. Tetapi dengan hadirnya Christopher Nolan dan David S Goyer di belakang layar, plus trailernya yang terasa mirip-mirip film Terrence Malick membuat saya menjadi semakin penasaran dengan hasil akhir Henry Cavill menjadi Superman ini. Ada Amy Adams pula dan tentunya the great Michael Shannon.



MONSTERS UNIVERSITY
Directed by Dan Scanlon  | June 21
I'm a Pixar big fan. Jadi ya gak perlu lagi menjelaskan mengapa film ini saya tunggu. Setelah kegagalan Cars 2 di tahun 2011 (sedikit) terbayar oleh Brave (2012), prekuel dari Monsters, Inc. (2001) membuat ekspektasi saya lumayan besar untuk Pixar. Sebenarnya agak disayangkan sih mengapa harus me-recycle kembali ide lama mereka. Ah tapi hadirnya Mike Sullivan (John Goodman) dan Mike Wazowski (Billy Crystal) sepertinya dijamin akan menghibur saya. Nuff said.



MONUMENTS MEN
Directed by George Clooney | December 21
Setelah sukses dengan The Ides of March (2011) dan Argo (2012), tahun ini, rumah produksi milih George Clooney dan Grant Heslov, Smoke House, akan menelurkan film yang sepertinya another awards bait, Monuments Men. Ditulis pula oleh Clooney dan Heslov yang mengangkat sebuah kisah nyata dimana sekelompok art historians dan kurator museum bekerja sama untuk menyelamatkan karya-karya seni dari genggaman para Nazi. Aah saya sepertinya sudah bisa merasakan ketegangan film ini haha semoga rasa penasaran saya akan terbayar dengan kepuasan. Clooney juga bermain di dalamnya, bersama Daniel Craig, Cate Blanchett, Matt Damon, Bill Murray, John Goodman dan Jean Dujardin.



SAVING MR. BANKS
Directed by John Lee Hancock | December 20
Another Tom Hanks film this year, and somewhat can be seen as this year's Hitchcock. Tom Hanks berperan sebagai the legendary Walt Disney yang berusaha untuk meyakinkan penulis P.L Travers (Emma Thompson) untuk memfilmkan bukunya, Mary Poppins. Ada Colin Farrel, Paul Giamatti, Jason Schwartzman dan Ruth Wilson juga di dalamnya. Standard biopik sepertinya, tetapi tentunya dengan dasar cerita Walt Disney mungkin film ini tidak akan dipandang sebelah mata juga. Atau akan berakhir seperti Hitchcock? Semoga tidak.



STAR TREK: INTO DARKNESS
Directed by J.J Abrams | May 17
Star Trek took me by surprise 3 years ago, being a highly enjoyable ride. Dengan judul dan trailer yang menegaskan bahwa sekuelnya ini akan bergerak ke arah yang lebih dark, film ini tentunya membuat saya tak sabar melihat kembali petualangan kru Enterprise dengan beragam personality (dan ras) tersebut. Kali ini hadir Benedict Cumberbatch yang menjadi tokoh villain. Semoga Abrams memberikan kembali keasikan atmosfir yang muncul di film sebelumnya.



THE WOLF OF WALL STREET
Directed by Martin Scorsese | Fall
Ya, mungkin beberapa dari kalian ada yang sudah tau bahwa saya bukanlah fans besar Leonardo DiCaprio. But hey, setidaknya saat bersama Martin Scorsese, dia bermain lumayan bagus. Setelah sukses dengan love letter to cinema-nya, Martin Scorsese akan berhadapan dengan perang saham, korupsi dan mafia dalam Wall Street. Right up his alley, I guess? Nama Scorsese sendiri sudah pasti membuat film ini menjadi film yang saya tunggu kedatangannya.



THE WORLD'S END
Directed by Edgar Wright | October 25
Kalau daftar ini diurut berdasarkan ranking, mungkin film ini akan menjadi pilihan saya no.1. Jelas lah film terakhir dari trilogi 'Cornetto' milik Edgar Wright - Simon Pegg - Nick Frost setelah Shaun of the Dead (2004) dan Hot Fuzz (2007) sudah saya nantikan sejak lama. Kedua film pertamanya benar-benar membuat saya terbahak-bahak dengan aksi konyol dan parodi pintar yang dihadirkan trio tersebut. Tema apocalypse mungkin terdengar terlalu gimmicky, tetapi dengan kolaborasi trio tersebut, sepertinya film ini akan menjadi film yang sangat menyenangkan untuk ditonton. Disini Pegg dan Frost dan teman-temannya yang diperankan oleh Martin Freeman, Eddie Marsan, dan Paddy Considine menjelajahi beberapa pub sebelum end of the world tiba. Satu nilai plus lagi, score-nya akan dikerjakan oleh Steven Price (Attack The Block), salah satu score terbaik di tahun 2011 lalu.


Tahun ini banyaaak sekali sutradara-sutradara kenamaan dan favorit saya yang akan melakukan comeback dalam feature film. Sayangnya tak bisa saya masukkan semua ke dalam 13 besar. Tapi saya yakin most of these would be great. Berikut adalah judul-judul film yang juga saya tunggu berdasarkan sutradaranya: [Movie (Director/Cast/Date)]
THE DOUBLE (Richard Ayoade / Jesse Eisenberg, Mia Wasikowska / TBD) | THE COUNSELOR (Ridley Scott / Brad Pitt, Michael Fassbender, Cameron Diaz, Penelope Cruz, Javier Bardem / TBD) | ELYSIUM (Neill Blomkamp / Matt Damon, Jodie Foster / 9 Aug) | GRAND BUDAPEST HOTEL (Wes Anderson / Ralph Fiennes, Soirse Ronan, Jude Law / TBD) | THE GREAT GATSBY  (Baz Luhrmann / Leonardo DiCaprio, Carrey Mulligan, Tobey Maguire / 10 May ) | INSIDE LLEWYN DAVIS (Coen Brothers / TBD) | LABOR DAY (Jason Reitman / Kate Winslet, Josh Brolin / TBD) | MOOD INDIGO (Michel Gondry / Omar Sy, Gad Elmaleh / TBD) | NYMPHOMANIAC (Lars von Trier / Charlotte Gainsbour, Stellan Skarsgard, Shia LaBeouf / TBD) | ONLY GOD FORGIVES (Nicolas Winding Refn / Ryan Gosling, Kristin Scott Thomas / TBD) | THE PLACE BEYOND THE PINES (Derek Cianfrance / Ryan Gosling, Bradley Cooper, Dane Deehan / 29 Mar) | SERENA (Susanne Bier / Bradley Cooper, Jennifer Lawrence / TBD) | SIDE EFFECTS (Steven Soderbergh / Channing Tatum, Rooney Mara, Jude Law / 8 Feb) | SNOWPIERCER (Bong Joon-ho / Summer) | TWELVE YEARS A SLAVE (Steve McQueen / Michael Fassbender / TBD) | VENUS IN FUR (Roman Polanski / Hugh Dancy, Nina Arianda / TBD)

Dan berikut adalah film-film berdasarkan premis ataupun sekuel yang saya nantikan:
CARRIE (Kimberly Peirce / Chloe Moretz / 18 Oct) | DEVIL'S KNOT (Atom Egoyan / Colin Firth, Reese Witherspoon / TBD) | ENDER'S GAME (Gavin Hood / 1 Nov) | EVIL DEAD (Sam Raimi / 12 Apr) | THE HOBBIT: THE DESOLATION OF SMAUG (Peter Jackson / 13 Dec) | THE HUNGER GAMES: CATCHING FIRE (Francis Lawrence / Jennifer Lawrence, Josh Hutcherson / 22 Nov) |  IRON MAN 3 (Shane Black / Downey,Jr, Ben Kingsley, Guy Pearce / 3 May) |  JACK RYAN (Kenneth Branagh / 25 Dec) | KICK ASS 2: BALLS TO THE WALL (Matthew Vaughn / Jim Carrey! / June 28) | THE LONE RANGER (Gore Verbinski / Johnny Depp / 3 Jul) | NOW YOU SEE ME (Lous Letterier / Jesse Eisenberg, Woody Harrelson, Morgan Freenman / 7 Jun) | OBLIVION (Joseph Kosinski / Tom Cruise / 12 April) | OZ THE GREAT AND POWERFUL (Sam Raimi / James Franco / 8 Mar) | R.I.P.D (Robert Schwentke / Ryan Reynolds, Jeff Bridgers, Kevin Bacon / 19 Jul) | THE WOLVERINE (James Mangold / Hugh Jackman / 26 Jul) |.WORLD WAR Z (Marc Foster / Brad Pitt / 21 Jun).

Well, this is the end of my Annual List. Terima kasih buat para pembaca yang setia menunggu dan membaca setiap entry dalam list tahun ini. Dengan ini saya menutup 4th Vampibots Annual List dengan harapan tahun ini akan sama kualitasnya, atau lebih baik, dari tahun lalu. Saya tidak tahu apakah tahun ini saya juga akan aktif nge-blog atau tidak, but let's hope so. It's been a great month hosting this so-called 'event'. Sampai jumpa dalam Annual List yang ke-5 tahun depan!

9 comments:

  1. Belom pernah apa2 ttg Bling Ring sebelum baca ini. Eh jadi ngesearch ttg itu saking penasarannya. Seru juga tuh, kayaknya bakal jd semacem The Virgin Suicides tapi lebih ceria (halah). Seru tuh. Wah Phoenix bareng si Amy Adams lg. Ada Rooney Mara juga. Btw si Mara kan di Sundance ada filmnya sama Casey Affleck. Pdhl gw udah expect itu bakal bagus. Gasabar sama Serena! Eh sama filmnya si Joseph G Levitt yg di Sundance itu. Dan Fruitvalle ato apalah itu yg menang di Sundance buzznya kyknya biasa aja. Malah ada yg bilang itu ga bagus2 bgt. Kyknya gabakal ngikutin jejak Winter's/Beasts.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah liat foto2nya Emma Watson di Bling Ring? Hot bgt :p Iya kalo Mara sama C Affleck itu Ain't Them Body Saints kalo gak salah, lupa dimasukin -_- sama Fruitvalle juga lupa haha itu udah dibeli Weinstein, gw denger2nya malah bilang bagus semua haha banyak juga ternyata ya yg lupa gw cantumin wkwk yg dari Sundance ama Berlinale

      Delete
  2. Paling nungguin Before Midnight nih, 2 x 9 tahun, berasa sakral banget jadinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya! Dan settingnya pun beda 9 taun juga, kayak ritual aja.. tinggal nunggu lanjutannya di tahun 2022 sama 2031 (semoga aja gak ada) hahaha udah jadi kakek-nenek kali itu berdua

      Delete
  3. before midnight..apakah ketinggalan pesawat ataukah stay di apartemen celine.. (bukannya sama aja nie riz (kalau stay y pasti ketinggalan pesawat tuh si celine? hehe..)..liat dr judulnya sih kayanya emang stay nie haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. LOL! Haha bener juga ya baru sadar hehe makasih koreksinya :) dan sebenernya saya udah kena spoiler sih buat Before Midnight :(

      Delete
    2. Aarrgh samaan udah kena minor spoiler gara2 ngebaca salah satu review

      Delete
    3. Haaa iya, padahal kalo diliat2 "itu" bukan spoiler gak sih, pasti dari awal udah dikasih tau ntar... tapi tetep aja jadi gak surprise

      Delete
  4. OH MY GOSH BEFORE MIDNIGHT! #ROLLINGOVERTHEFLOORSCREAMING

    ReplyDelete