Saturday, January 12, 2013

85th Academy Awards Nominations: Ar-go F*ck Yourself!

Oh my. Seperti yang sudah berulang kali saya sebutkan, tahun 2012 adalah tahun yang bagus untuk perfilman. Setiap tahunnya, selalu saja ada yang mengejutkan dalam pembacaan nominasi Academy Awards. Perhelatan akbar yang juga 'penutup' awards race ini baru saja me-reveal nama dan film terpilih yang masuk dalam ke-24 nominasi mereka, yang sebagian dibacakan oleh Seth McFarlane (yang juga akan menjadi host pada malam penganugerahan nanti) dan Emma Stone hari Kamis kemarin. Tahun ini bagi saya menjadi salah satu tahun paling unpredictable selama saya mengikuti awards race. Tak sampai disitu, setelah dibacakan nominasi Oscar sekalipun, this race still had a few surprises on its sleeves.

Sepertinya akan begitu panjang jika saya tulis co-pas semua list nominasi Academy Awards ke 85 disini. Saya akan berbagi sedikit reaction saya saja terhadap nominasi-nominasi tersebut. Untuk list yang lebih lengkap, silahkan lihat disini.

The Surprises:
  • Ar-go F*ck Yourself, Affleck! This is, in my opinion, will go down in history as one of the biggest most surprising snubs of Oscar history ever. Lebay dikit. But, seriously, Ben Affleck sudah melanglang buana di berbagai festival, list top 10 critics, beberapa award shows dalam awards race tahun ini. Semenit sebelum nominasi Oscar diumumkan, saya yakin semua Oscar-watchers masih merasa Affleck adalah shoo-in dalam kategori ini lewat filmnya yang fantastis, Argo. Kealpaannya menjadi tanda tanya besar bagi saya. What happened? Do they hate Argo, walaupun film ini mendapat 7 nominasi, termasuk Best Picture dan Best Editing? Apakah director branch enggan memberikan nominasi untuk Affleck, despite the fact that Affleck got Directors Guild Awards nominations? Dan walaupun Affleck masuk dan tidak menang sekalipun, saya rasa tidak menjadi masalah. He would have had big competitions wih Spielberg, Lee and Bigelow (ha, go to the next point). Nominasi bagi saya sudah baik bagi Affleck. Sejauh awards race yang saya perhatikan, Affleck padahal sudah menjadi top 3. Biarlah ini menjad misteri Illahi.
  • Zero Dark, Indeed. Hilangnya nama Kathryn Bigelow dalam nominasi Best Director mungkin bagi saya tidak begitu shocking. Filmnya sedang dihadapi banyak kontroversi, plus Bigelow sudah menang sebelumnya (bahkan dalam waktu dekat). Jadi walaupun bagi saya Zero Dark Thirty adalah the best directed film of the year (with Argo and Lincoln), absennya nama Bigelow masih bisa saya tolerir.
  • Love for Amour. Film arahan Haneke ini tidak hanya mendapatkan nominasi dalam Film Berbahasa Asing Terbaik saja. Banyak yang telah menduga Amour akan dinominasikan juga untuk Best Original Screenplay, atau pun Best Actress untuk Emanuelle Riva. Nyatanya, ketiga hal tersebut menjadi kenyataan, plus raihan nominasi Best Picture dan Best Director juga dikantongi film ini. Oscar voter memang kebanyakan berusia agak tua, mungkin itu yang juga menjadi faktor. But Amour is still a great film, nonetheless. 
  • Voters went wild on Beasts. Selain Amour, Beasts of the Southern Wild juga meraih banyak momentum. Beasts memang sudah mendapat banyak dorongan untuk meraih Best Picture, tetapi belakangan, buzz nya agak melemah. Ternyata dalam Oscar, Beasts sepertinya hidup kembali. Dan tak hanya meraih Best Picture, sutradara Benh Zeitlin, aktris cilik Quvenzhane Wallis (the youngest nominee ever), serta script nya pun juga turut dinominasikan.
  • Suprised and snubbed actors: Kejutan-kejutan di kategori akting; Riva dan Wallis yang mem-bump Hellen Mirren (Hitchcock) serta Marion Cotillard (Rust and Bone) setelah mendapatkan SAG serta masuknya Joaquin Phonenix (The Master), setelah ia terang-terangan menghina awards shows, menggantikan posisi John Hawkes (The Sessions). Pada kategori Supporting Actor sepertinya tidak begitu ada kejutan, banyak yang sudah memprediksi nama-nama tersebut (but why the hell Alan Arkin got so much buzz, I personally didn't like him in Argo). Tetapi pemenang Best Supporting Actor pun sepertinya juga masih menjadi teka-teki. Sedangkan Supporting Actress, menyelipnya nama Jackie Weaver untuk Silver Linings Playbook membuat film ini menjadi film yang mendapatkan nominasi di semua kategori Akting setelah film Reds di tahun 1981).
  • Pada kategori Screenplay juga tidak ada kejutan. Sayangnya disini menjadi satu-satunya nominasi untuk Moonrise Kingdom (and no Production Design at all). Tidak ada Perks maupun Master juga bisa diprediksi dari kemarin-kemarin. Not enough buzz.
  • Walaupun Skyfall tidak mendapatkan Best Picture seperti yang sebagian orang impikan, film ini mendapat juga beberapa nominasi; seperti Sound Mixing serta Original Song. Anna Karenina dan The Hobbit juga mendapatkan multiple nods dalam sisi teknis. And none for The Dark Knight Rises. EXILED!
  • Amour sepertinya kandidat terkuat dalam Best Foreign Language Film (d'oh!). Absennya film asal Perancis, Intouchables, yang telah mendapat banyak buzz belakangan ini serta banyak yang memprediksikan untuk meraih nominasi bagi saya hal yang tidak begitu mengecewakan. I didn't really like the movie. Biasa aja.
  • Another happy surprises: Munculnya ParaNorman dalam kategori Best Animated Feature (it's so underrated), masuknya Searching for Sugar Man dalam Best Documentary Feature serta film kartun pendek Paperman yang muncul sebelum Wreck-It Ralph dalam nominasi Best Animated Short.
Well. Walaupun banyak sekali complaint yang saya punya, tetapi film-film atau nama-nama 'pengganti' jagoan saya tersebut sebenarnya juga tidak bisa saya katakan buruk. Amour and Beasts are both amazing films. Anna Karenina, The Hobbit, Mirror Mirror, Snow White and the Huntsman (yang meraih Visual Effect dan Cosutme) pun bagi saya memang baik dalam bidang-bidang teknis. We can't have everything we wanted. Dan saya sendiri cukup puas dengan nominasi tahun ini. It looks like it's Lincoln vs. Life of Pi vs. Silver Linings Playbook for the win right now. Kita tunggu saja beberapa minggu lagi, dengan awards dan guilds yang satu persatu membacakan hasil pemenang. Oh, what an exciting race!

18 comments:

  1. Best Pict mungkin akan jadi perebutan antara Argo, Lincoln, dan ZDT (bisa jadi Ben Affleck hilang dari Best Dir tetapi Argo menang sbg Best Pict? haha, but I got this feeling that Lincoln is more 'relevant' to win it :D), Amour mungkin akan lebih pantas jadi Best Foreign Language. To be honest emang Argo kalo menurut gw jadi lemah dari segi latar belakang karna munculnya Lincoln dan ZDT yang sama2 punya latar belakang historis yg kuat. Tanpa latar belakang ini gw kira Argo jadi terkesan biasa-biasa aja. Alan Arkin juga kayaknya biasa-biasa aja ya, haha, tapi entah kenapa jadi overrated bgt. Gw rasa Best Supporting Actor akan jadi milik Seymour Hoffman atau Cristoph Waltz. Hilangnya TDKR dari jajaran kategori teknis juga jadi pertanyaan besar, argh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berdasarkan status, film menang Best Pict tanpa nominasi Best Director itu hampir gak mungkin. Setau gw baru satu film (Driving Miss Daisy) yang bisa kayak gitu selama 85 taun Oscar. Tapi ya karena taun ini agak 'special', mungkin simpati ke Argo dan ZDT bakal berdampak ke film2 tersebut. Gw sih kayaknya punya feeling Argo bisa jadi film kedua yg menang tanpa nominasi Best Director, krn faktor simpati. Kalo ZDT mungkin simpatinya ke arah Best Actress.
      Kalo ngikutin status pula, kompetisi paling sengit sekarang Lincoln, Life of Pi sama Silver Linings Playbook. Life of Pi dpt 11 nominasi, seengaknya punya backingan banyak walaupun kurang di segi akting. Sedangkan Silver Linings Playbook dapet semua nominasi di kategori utama (pict, dir, script, actor, actress + supp actor + supp actress dan editing) plus juga SLP dibacking Harvey Weinstein yg udah terkenal punya kampanye paling heboh di Oscar (dia salah satu faktor kenapa King's Speech bisa ngalahin Social Network).
      Wah kalo alasan lemah dari latar belakang, sepertinya gak mungkin Amour dinominasikan sebanyak 7 nominasi, masuk Best Picture dan Adapted Screenplay pula hehe kalo Arkin juga buat gw misteri Illahi lah hahaha Supporting Actor at this point, semua bisa menang, blm bisa diprediksi. Yah untuk TDKR...mungkin memang kurang disambut sama para voter :(

      Delete
    2. dan mungkin simpati untuk Best Director akan tertuju ke Spielberg ya? antara Ang Lee sama Spielberg sih, tapi kayaknya lagi-lagi akan lebih ada "preferensi" ke Spielberg. Life of Pi gw kira justru akan lebih divote untuk masalah teknis (atau kalo beruntung, sinematografi juga berpeluang), sementara SLP... hmm, kalau bukan karena backingan Weinstein, entah kenapa film ini kayaknya kurang punya packaging yang spektakuler sih, imho, dan kalo SLP sampai menang, gw kira Oscar akan jadi sangat heboh. haha. Moonrise Kingdom juga kayaknya agak kurang dapat perhatian, sayangnya. Kita tunggu hasil Golden Globe dulu, haha :D

      Delete
    3. Pi kemungkinan besar bgt menagn visual effect. cinem mungkin, tapi saingannya Lincoln sama Skyfall jadi mungkin agak berat. Yep, abis Globes mulai agak jelas ntar siapa2 aja yg mungkin menang

      Delete
  2. yang konyol, ga nyampe 12 jam... Affleck and Argo malah menang di BFCA..what a mess??
    dan Bigelow...panteslah banyak yg misuh2
    Argh...takutnya Spielbergh nih yg dapet Best Director, semoga sih engga,Lincoln besar karena akting & script-nya Kushner, bukan karena directing-nya Spielbergh (imho)

    ReplyDelete
    Replies
    1. LOL dan pas Affleck dpt pialanya: "I would like to thank the Academy.." hahaha saya sih pengen malah Spielberg bisa menang, teknisnya sih menurut saya disusun dgn baik jg sama Spielberg. Walaupun kalo mau diurutkan berdasarkan 'directing', dari nominasi taun ini saya bakal milih Ang Lee.

      Delete
    2. haha- ngena banget tuh si Affleck "This is the one that counts"
      Sebelumnya ane ngira di Oscar si Affleck lah yg bakal menang and ngalahin 'frontrunner' si Kathryn, lha ini..malah dua-duanya ga masuk? :P
      Ane belum liat SLP, jadi belom bsa nentuin jagoin siapa..meski O'Russel mungkin ga visioner amat filmnya, but..don't mess with Harvey ? He can do everything..

      Delete
    3. Harvey Weinsten aka The Oscar Whisperer LOL

      Delete
    4. Auntie Meryl called him "God"
      LOL

      Ane malah paling penasaran sama supporting actor , ga ada gambaran sypa yg bkal menang mengingat semua previous winners (walau ane condong ke PSH,personally....ah, dying to see The Master !)
      kita liat aja besok pagi Globe ke siapa, ane liat Goldderby dkk pada mrediksi DiCaprio di Globe,,we'll see

      Delete
  3. Selama 85 tahun Oscar tuh, yang namanya snub pasti selalu ada alesan kenapa tuh snub bs terjadi. Ya kayak Bigelow mungkin krn ZDT yg kontroversial, jg kyk Fassbender taun lalu yg mungkin krn film semacem Shame agak susah diterima Oscar. Tapi Affleck? Why oh why. Padahal dia tuh udah kuat bgt tahun ini. Misteri bgt
    Steven Spielberg yes dia bagus directingnya, tp buat gw 2 directing paling bagus itu adalah Affleck & Bigelow. Pdhl orang2 udah yakin ini dua bakal "berantem" di Oscar, eh malah di snub. Pengen bgt liat Affleck menang Oscar. Masa George Clooney yg taun lalu dapet nominasi bisa, si Affleck gabisa huhu.
    Gw cinta banget sama Argo. Banget bangetan. Tapi gw masih bingung 1/2 mati gimana caranya si Alan Arkin bisa dapet perhatian segede itu. Ya mungkin faktor campaign + dia udah tua kali ya. Tapi plis deh, dia ngapain sih di Argo? Kayak figuran tau gak sih dia di Argo. Bener2 nyuri spotnya si DiCaprio, bahkan Javier Bardem jauh lebih layak. Kalo inget taun lalu pas masa2nya orang marah ada McCarthy di Oscar, kayaknya sah2 aja dia dibandingin Arkin -_- Bener2 nominasi paling underserving tahun ini.
    DDL most likely will win his 3rd Oscar, tp entah kenapa gak fair aja gitu rasanya, dia lagi dia lagi. Haha. Dan bukan hanya itu, for me personally lebih suka aktingnya Bradley Cooper di SLP, buat gw dia lebih bagus dan lagi karakternya yg orisinil. Jennifer Lawrence jg bagus loh, tp kayaknya ketutup si Chastain. Dan Lawrence banyak yg nganggep walaupun dia mainnya keren, tp karakternya lebih ke supporting role. 2tahun lalu gw benci Harvey gara2 King's Speech, skrg suka bgt sama SLP, haha. 4 nominasi buat SLP di akting, gw yakin paling engga 1 bakal menang. Mungkin Robert de Niro or Cooper. Argo bisa lah best picture *berdoa*. Karna emg Argo buat gw film paling bagus taun ini.
    Not a fan of Beasts, bahkan buat gw itu film overrated. Sampe directornya dapet nom segala pula, errr. Juga not a fan of Wallis, kalo diliat dari sisi "young breakthrough perf" gw lebih suka Tom Holland dr The Impossible. Bagus bgt dia.
    Oscar tahun ini seru jg ya, tapi kok unpredictable bgt ya? Siapa2 aja yg menang bs jd tanda tanya. Yg jadi loser tahun ini? Gw jg masih nebak2. Kemungkinan besar Beasts bakal jd this year's Oscar big loser. Ato mungkin Django / Les? Tau deh, misteri sekali. (sorry kepanjangan haha udah lama gak buka2 blog :p)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah dan apa kabar lo haha jarang bgt skrg ngepost lagi...
      Kalo lineup nya Spielberg, Bigelow, Lee, sama Affleck gw pasti pilih Affleck sama Bigelow di top 2. Dan jelas kalo lineup kayak gitu, Spielberg yg paling 'bawah'. Hahaha memang Arkin itu biasa aja, pas di Little Miss Sunshine jg, heran dia bisa menang. Gw blm nntn SLP sih, mungkin ntar jadi blm bisa komentar apa2 ttg film itu. Whaa kalo gw sih Wallis jauuuh lebih bagus dari Holland :p hehe kayaknya sih bener Beasts gak bawa pulang2 apa ntar, Django sama LesMis mungkin dpt di teknikal, but we'll se..

      Delete
    2. Haha iya nih udah setahun gak ngepost, niat nulis tiba2 menghilang. Oscar tahun ini yg menang bener2 susah diprediksi buat gw. Director gw bingung mau jagoin siapa, antara Spielberg/Lee. Siapapun yg menang gw gak terlalu excited. Iya Alan Arkin itu emg biasa. Anehnya dia menang/dapet nominasi di film2 yg gw suka (LMS & Argo). Dan lagi2 Supp Actor jg tau deh siapa yg menang. Bisa jd Hoffman/De Niro. Supp Act sih pengennya antara Field/Hathaway. Blm nonton Les Mis sih (baru nonton 10menit, gatahan lanjutinnya, apalagi liat si Crowe nyanyi lol). Best Pic masih tanda tanya. Tp gw rada ngerasa Argo bisa menang, haha. Besok Globe semoga Affleck menang nih!

      Delete
  4. oiya dan kalo dihubung2in lucu juga, ZDT ada hubungannya ttg Irak, kalo Argo ttg Iran. Dua2nya di tahun yg sama. Dan dua directornya ga masuk Oscar. Lol. Orang Irak & Iran seneng kali ya, haha

    ReplyDelete
  5. Ahhh, sepertinya harus setuju dengan pendapat diatas,,,,ALAN ARKIN, memang biasa saja di ARGO, tidak seperti hype sebelum nonton filmnya. Justru malah kaget ketika lihat SAM ROCKWEL di SEVEN PSYCOPATH-nya amartin Mc Donagh, dia mempunyai performa gila, namun tak dilirik di AWARD sama sekali.

    Alan Arkin ketika mendapat Best Suooprting Actor di LMSS sepertinya ketiban durian saat itu. Kala itu EDDY MURPHY hype-nya lebih terdengar di DREAMGIRLS, namun setelah keluar NORBIT (Eddy M dengan lima khatrakter konyol), hilanglah itu semua. Akhirnya dia disnub, dan ALAN ARKIN-lah yang ketiban rejeki..IMO.

    Please, review SEVEN PSYCOPATH, mas Fariz,, Salam kenal Ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seven Psychopats kayaknya kurang di-push di award season ini, baru download filmnya nih, mungkin nanti bakal di review juga :)

      Delete
    2. Sebelumnya Matin McDonagh pernah bikin IN BRUGES bersama Colin Farrel. Lumayan masuk Golden Globe.Ini kolaborasi mereka kedua kalinya.

      Delete
  6. Jujur yah entah kenapa tahun ini susah banget buat nebak siapa yang bakal menang di salah 1 kategori Oscar. :\

    ReplyDelete
  7. Stelah nonton semua film nominee Best Picture taun ini, yes emang Argo paling layak menang Best Picture..semua dalam film itu tersusun dgn rapi, mulai dari directoring, script, akting castnya, sampe scoring..Lincoln? Yg keren dari film ini emg cuma akting castnya IMO, selebihnya terlihat agak 'basi'(so sorry Spielberg), beda sama Argo yg berani ngasih terobosan dan gaya baru dalam industri perfilman..tapi ngeliat kebiasaan taun2 lalu, emang agak susah ya buat suatu film menang Best Picture kalo Directornya gak masuk nominee.. :(

    I also noticed to Anne Hathaway's performance in Les Mis, trnyata doi cuma kebagian 1/4 scene doang di film itu, man, wasn't that too short even for supporting role? Mungkin kalo doi gak memainkan ekspresi luar biasa dan NYANYI pulak, Sally Field lah yg harusnya menang taun ini, soalnya aktingnya pas bgt di Lincoln..
    Dan buat Supporting Actor gw pngen bgt Christoph Waltz yg bw pulang Oscar, tapi doi baru menang ya 3 taun yg lalu, mungkin gak sih menang klo kyk gtu? Yauda Tommy Lee Jones dan De Niro masih layak diperhitungkan, tapi tetep Waltz jauh lebih asik di Django! *maksa*

    Best Actress gw concern ke Lawrence sama Riva, Chastain mnurut gw aktingnya masih kurang nampol dibanding Lawrence yg lengkap bgt di SLP mulai dari akting marah2,sedih,nangis,ketawa,sampe ngedance dgn gerakan perut yg sangat seksi itu..tapi seandainya Riva menang (sperti di BAFTA) pun, still okay, seenggaknya emg layak dan tributr buat oma yg udah 85 taun itu
    Best actor, no comment, 3rd Oscar for Day-Lewis..

    ReplyDelete