Wednesday, April 15, 2009

"Luke... help me take this mask off"

Yep, seperti yg gw janjikan dari dulu2, akhirnya selese juga nonton trilogi original Star Wars. Sori kalo agak lama nge review nya, dikarenakan rutinitas sekolah yg sekarang lagi suntuk2nya dan pulang langsung tidur sampe pagi, jadi ga sempet2 lagi untuk nonton. Dan hari ini, gw sengaja pulang cepet dari sekolah untuk nyempetin nonton ini biar ga kemaleman. Gak usah ber tele2 lagi, here it is the 6th episode...

Star Wars: Episode VI: Return of the Jedi (1983) adalah sekuel kedua dalam trilogi Star Wars. Setelah ending di Empire Strikes Back yang menyisakan banyak pertanyaan, seperti *SPOILER* nasib Han Solo yg dibekukan carbonite atau kelanjutan konflik batin antara Darth Vader dan Luke Skywalker.

Dalam Episode ke VI ini, ngelanjutin apa yg ditinggalkan Eps V. Diceritakan bahwa Empire sedang membangun kembali Death Star. Darth Vader dan Emperor himself (orang yang bertanggung jawab menjebloskan Vader ke 'Dark Side') pun masih punya tujuan khusus dengan Luke Skywalker. Di lain pihak, Luke dan temen2nya berusaha untuk membebaskan Han dari tangan Jabba the Hutt. Sayangnya, rencana awalnya berjalan tidak lancar, sehingga Leia tertangkap dan dijadikan tawanan Jabba. Sedangkan Chewie (Chewbacca), Han, Lando dan Luke sendiri juga ikut tertangkap dan terancam untuk dimakan sama sebuah monster (yak gw lupa namanya, pokoknya mereka bakal mati painfuly slow). Tapi untungnya berkat rencana Luke, mereka semua terbebas.

Setelah kembali ke markas Rebellions, mereka lalu membuat strategi untuk memusnahkan seluruh Empire dan juga Death Star nya. Han, Leia, Chewie serta C3P0 dan R2D2 pergi menuju planet yg terdapat pengendali pengamanan di Death Star. Mereka berusaha untuk memusnahkan markas Empire disana supaya pengamanan di Death Star bisa di deactivated. Di planet itu, mereka mendapat bantuan dari kaum Ewok, semacam beruang kecil2 aneh gitu hahaha Luke sendiri menyerahkan diri kepada Darth Vader dengan tujuan agar bisa membawa kembali Darth Vader menjadi baik lagi. Berhasilkah para Rebellions menghancurkan Death Star & Empire? Sukseskan Luke dalam mengembalikan jati diri Darth Vader?

Bisa dibilang, Eps ini kurang begitu 'greget' dari 2 Episode pertama. Entah kenapa ada beberapa adegan yang kurang begitu gw suka karena kayak terlalu lama aja, trus kesannya ber tele2 banget. Misalnya waktu di markas nya Jabba, kayaknya sih bisa dipersingkat lagi. Atau adegan2 Ewok yang sebenernya ga terlalu penting.

Selain itu kayaknya, banyak bagian yang kesannya cheesy dan terlalu kanak2 (caelah.... hahaha). Selain kaum Ewok tadi yang sok imut itu, penggunaan alien2 asing di markas Jabba juga sedikit annoying. Penggunaan muppet2 nya terlalu berlebihan. Apalagi pas mereka nari2 ga jelas. What theeee??? Tapi walaupun gitu, ga bisa dibilang juga kalo Eps VI ini film yang jelek.

Dalam film ini juga terdapat iconic figures lainnya, kayak Jabba the Hutt yang lumayan mencuri perhatian di awal2 film (walaupun ia pernah 'numpang lewat' di film pertama) serta ya, Princess Leia in Golden Bikini, yes, golden. Siapa sih yg ga tau bagian ini. One of the sexiest outfits ever put in a character. Selain itu juga ada si misterius Emperor yang muncul untuk pertama kalinya.

Adegan2 nya juga banyak sih yang bisa dibilang memorable. Seperti waktu Darth Vader dan Luke adu lightsaber. Efek lightsaber yang sekarang udah alus banget bener2 membantu dalam memperbaik adegan ini. Terus juga final space battle antara Rebellions dan Empire di Death Star. Oiya juga pas bagian ending, 'arwah' Obi-Wan, Yoda serta Anakin Skywalker (who is he?? nonton aja deh) menatap Luke seakan bilang 'Good Job and Good Luck' buat dia, bikin merinding hahaha Eh trus satu lagi, pas Luke membakar jasad you-will-know-who di bagian ending juga, cinematography nya keren banget tuh.

In conclusion: sebagai sebuah film individu, film ini bisa dikategorikan sebagai film yang bagus. Tapi, sorry to say, sebagai sekuel Star Wars, film ini kurang bisa mengimbangi 2 film awalnya, walaupun cuman dikit sih beda nya. Mungkin ada beberapa yang kecewa karena film ini ga begitu kuat, tapi pasti mereka berubah pikiran setelah ngeliat Episode I. Tapi film ini ga bisa gitu aja dilewatkan.. PS: di DVD gw, arwah Anakin di akhir diganti sama Hayden Christensen.. okay, again, what the???

Rating: 7.8/10

No comments:

Post a Comment