Friday, April 10, 2009

"Close the blast doors!!" .... "Open the blast doors!!"

I am one of the big fans of Star Wars. Well specifically, the originals, not that stinky and boring new ones. Walaupun gw nonton Star Wars terbilang sangat telat. Kira2 pas SMP, temen gw, Fadhil minjemin 3 vcd langsung, dari episode IV sampe VI. Gw masih inget kata2nya; "Jangan sampe rusak ya, jangan kebaret cd nya" hahaha lucu juga ingetnya. Sekarang, a few years later, gw beli 3 dvd nya, dan akhirnya gw nonton semua lagi. And yes, after watching those coolio movies, I was totally freakin amazed!

Hmm untuk menulis sinopsis film ini, its just like a disgrace to the human race hahaha lebay. Tapi sebenarnya, siapa sih yg ga tau Star Wars?? The newborns? Ya itu bisa dimaafkan. Hampir semua orang pasti tau Star Wars. Untuk kalian yg ga tau (shame on you, people! hahahaha ga deng), Star Wars (1977) atau yang lebih lengkapnya, Star Wars Episode IV: A New Hope, adalah sebuah film tentang perang di galaksi yang berada jauh disana. Wakakakaka apa coba

Oke, serius sekarang. Sebenernya susah banget sih menjelaskan film ini secara rinci, but I'll try. Film ini menceritakan mengenai keadaan di suatu galaksi yang lagi panas2nya. Maksudnya lagi ada konflik, antara Rebellions dan Empire. Empire bisa diartikan sebagai organisasi jahat yang mencoba mengambil alih galaksi itu. Sedangkan pasukan2 Rebellions adalah para pemberontak2 yang memiliki misi menjatuhkan Empire dan kembali membawa perdamaian di galaksi mereka. Diceritakan pula, Princess Leia (Carrie Fisher) salah satu pemimpin Rebellions tertangkap oleh Empire dan disekap oleh the evil Darth Vader. Darth Vader sendiri adalah seorang mantan Jedi Knights, 'manusia2 super' yang memiliki force (kekuatan batin) yang sebenernya adalah pelindung galaksi mereka. Jedi Knights sendiri bisa diartikan nabi gitu atau samurai lah.

Nah, sebelum tertangkap, Leia mengirim 2 robot, C3P0 dan R2D2, untuk meminta bantuan kepada Obi-Wan Kenobi, salah satu Jedi Knights yang udah pensiun dan mengasingkan diri di planet Tatooine. Sesampainya disana, kedua robot itu tanpa sengaja malah terbawa ke rumah Luke Skywalker (Mark Hamill). Luke gak sengaja ngedenger pesan dari Leia, dan ia kemudian membawa 2 robot itu ke Ben Kenobi (Alec Guinness), yang ternyata bener dialah Obi-Wan yang dicari. Singkat cerita, Luke membantu Obi-Wan untuk menyelamatkan Leia. Seiring perjalanannya, mereka berkenalan dengan Han Solo (Harrison Ford), pilot pesawat yang berjiwa satria tapi matre, sombong dan seenaknya. Dan juga teman setia dan mungkin peliharaanya, Chewbacca.

Apa yang gw tangkep setelah nonton installment film paling legendaris sepanjang masa ini adalah bener2 takjub. Cerita nya digulir dengan sangat kompleks, tapi gw surprisingly bisa ngikutin dengan baik, walau waktu itu gw masih smp. Detil cerita, ini siapa, ini kemana, dan segala macem nya sangat baik dan ruwet banget kalo mau dijabarin satu2. Tapi dibawakan dengan cara yang lembut dan mudah dimengerti (rambut kali lembut haha).

Selain itu visualisasi George Lucas, sang sutradara dan penulis naskah serta orang dibalik kecemerlangan Star Wars sangat amat brilian dan kreatif. Alien2 yang digambarkan menarik banget dan macem2. Planet2 yang ditampilin, nama2 planetnya, nama2 creature2 aneh nya bener2 keren dan macem2. Sama baik nya seperti saat JK Rowling menulis Harry Potter. Kreativitas nya bener2 dilebarin abis.

Salah satu ciri khas dari film ini mungkin bisa diliat dari cara fade in/fade out ke scene2 berikutnya. Rapi dan konsisten. Gw suka banget. Walaupun entah kenapa kalo di film lain, gw ga terlalu suka, tapi kalo di Star Wars biasa aja, dan rasanya ada yg kurang kalo ga pake fade in/fade out hahahaa parah ini super lebay.

Visual effect yang dipake pun untuk ukuran segitu bener2 gemilang lah (kayak nama temen gw aja haha). Kendaraan Luke yang melayang diudara itu keliatan asli banget. Boro2 Indonesia jaman segini bisa bikin kayak gitu, bikin uler gede kepalanya manusia udah bisa dianggep achievement hahaha. Walaupun efek Lightsaber (pedang nya Jedi) masih kurang begitu halus, tapi udah cukup rapi dan cool bgt.

In conclusion: sumpah, ga ada kata lagi kalo mau nge review Star Wars. No other words but great, extraordinary, fantastic, cool, awesome, perfect scifi film. Walaupun mungkin ada kurang2nya, tapi tetep ga bisa mengimbangi betapa fenomenal nya dan betapa memorable nya film ini. Aaah jadi pengen ada di taun 77, menjadi saksi sejarah kelahiran Star Wars and living with the hype...... Oiya, tungguin review Eps V & VI yow!

Rating: 8.9/10

6 comments:

  1. baca review lo jadi pengen ntn yang episode IV lagi riz. Foto yang pertama kayak kenal tuh, oiya poster itu tergantung di kamar gw ahaha(nyebelin abis)

    ReplyDelete
  2. tau nih, mana kado poster nya? hahahahaha

    ReplyDelete
  3. Traktir dulu riz baru gw kasih hahahahahah :p

    ReplyDelete
  4. idola banget deh harisson ford zaman itu. sedih ngebandinginnya sama yang nomer hayden christensen dari nomer 1-3 D:

    ReplyDelete
  5. ah gw jadi pengen nonton star wars lagi, pernah tuh pas liburan gitu gw sehari penuh nonton star wars 1-6 minus yg ke-3 (karena baru keluar) haha

    ReplyDelete
  6. @dani: ya ntar gw traktir angin ya hahahha

    @mita: iya ya mit, udah star wars, indiana jones pula, dewa bgt tuh dulu pasti, memang episode2 baru memang perusak

    @nabila: hahaha seru emang nab kalo langsung marathon, jadi masih on fire gitu haahahaha

    ReplyDelete