Sunday, April 12, 2009

"No, try not! Do! Or do not! There is no try..."

Well well, I changed my blog header. Like it? Me too. Hahahaha it kinda represents my interest, motion picture, and my idol, john mayer. Its grey, one of my favorite colors, because I see myself as a 'grey' person, I dont see people in black and white (watch one of the episodes of Grey's Anatomy) hahaha ga nyambung. Seperti yang gw janjikan pada post sebelumnya, gw akan mereview another Star wars movie. Sekarang, gilirannya episode ke 5.

3 tahun setelah film pertama dirilis, keluarlah sekuel nya, yaitu yang Episode ke V. Episode ini dianggap oleh hampir semua orang dan kritikus film serta fanboys2 Star Wars sebagai film terbaik dari keseluruhan installment Star Wars. Dan gw pun setuju, this is definitely my most favorite of them all.

Star Wars: Episode V - The Empire Strikes Back (1980), sama seperti judulnya berintikan revenge dari Empire yang pada film sebelumnya Death Star nya diancurin. Diceritakan bahwa Empire yang sekarang sepenuhnya dipimpin oleh Darth Vader berusaha untuk mencari markas Rebellions dan menuntut balas atas kekalahan mereka di film pertama.

Di tengah2 masa revenge dari Empire, Luke Skywalker (Mark Hamill) terpaksa memisahkan diri dari temen2 pemberontak nya serta Han Solo (Harrison Ford) dan Leia (Carrie Fisher) untuk mencari Jedi master bernama Yoda untuk belajar menjadi Jedi. Pada awalnya, Yoda menolak mengajar Luke, tapi karena keinginan kuat Luke dan bujukan dari 'arwah' Obi-Wan, Yoda pun akhirnya mau.

Unfortunately, di masa2 training Luke menjadi Jedi master, Han dan Leia 'kucing-kucingan' dengan Empire yang membuat mereka terpaksa meminta bantuan Lando Calrissian (Billy Dee Williams), teman lama Han untuk bersembunyi sementara waktu. Tapi sayangnya, ternyata Darth Vader menemukan mereka dan menggunakan mereka untuk menjadi umpan dalam menangkap Luke. Sebenernya kenapa Darth Vader menginginkan Luke? You'll have to figure it out for yourself.

Dibandingkan dengan film sebelumnya, cerita di Episode ke V ini lebih kelam, kompleks dan belibet. Tapi itu ga ngebuat gw dan mungkin semua penonton jadi bingung, tapi bahkan jadi lebih seru dan menegangkan nontonnya. Dari segi cerita nya, film ini bener2 bernilai plus. Jalinan cerita nya yang dibagibagi menjadi petualangan Han dan Leia, training Luke serta kepemimpinan Darth Vader digulir secara menarik. Dalam film pertama, Eps IV, mungkin memang udah di set sebagai 'perkenalan' ke dalam dunia Star Wars, jadi dalam Eps V ini bener2 cerita nya diperdalem dari mulai interest Darth Vader ke Luke, sampe hubungan antara Han dan Leia.

Dalam film ini, porsi Darth Vader sebagai penguasa bener2 terlihat. Kekejamannya serta sikap otoriter nya pun terasa kental di film ini. Bisa dibilang Darth Vader baru menjadi icon Star Wars sebenernya dari film ini. Dia lebih banyak bergerak dan berstrategi, mungkin dikarenakan Death Star hancur dan membuat pemimpin serta beberapa orang dari Empire mati, jadi Darth Vader lah yang sekarang pegang kendali.

Di film ini banyak banget munculnya iconic moments atau pun iconic figures yang membuat Star Wars menjadi lebih memorable. Contohnya adalah, the one and only, Yoda. Master Jedi kecil berwarna hijau ini bener2 iconic banget dengan Star Wars. Struktur kata dalam ucapannya pun menjadi ciri khas nya. Selain itu, ada juga Imperial Walkers yang mungkin sama seperti penggunaan Mammoth di Lord of the Rings: Return of the King.

Belom lagi saat Leia mengucapkan 'I love you' ke Han, serta Han membalas dengan kata2 'I know', adegan tersebut disinyalir ga ada di script, tapi ternyata karena kata2nya itulah membuat adegan itu menjadi lebih romantis dan bener2 menunjukkan sifat dari Han Solo. Dan juga one of the most shocking revelations in movie history serta twist yang ga ter duga2 (di masa itu, sekarang sih udah jadi rahasia umum hahaha) tentang hubungan Darth Vader dengan Luke ditampilkan dalam sebuah adegan dan dialog yang sangat legendaris.

Cerita nya masih dibuat oleh George Lucas, tetapi kursi sutradara diambil alih oleh Irvin Kershner. Kudos buat mereka berdua karena telah membuat film terbaik dari saga Star Wars.

In conclusion: seperti yang gw bilang diatas, film ini memang film Star Wars terbaik diantara 3 trilogi original nya (okay, lets just forget the new ones, jauuuh standardnya). Untuk lo yang baru nonton Star Wars eps IV, lo pasti akan suka sama Eps. V karena memang ceritanya melanjutkan film pertama tetapi dengan cerita yang lebih seru. Film ini juga melahirkan banyak adegan2 serta tokoh2 yang menghidupkan Star Wars. Jadi bener2 bisa dibilang Eps V adalah film sakral dalam dunia per-Star Wars-an hahahaha oke itu lebay.

Rating: 9.1/10

2 comments:

  1. This star wars is my all time favorite movie. Ga akan lekang dimakan waktu deh.

    ReplyDelete
  2. cepet juga lo prim hahaha emang, terharu nih gw nontonnya wkakakaka lebay....

    ReplyDelete