Tuesday, April 21, 2009

"This Ryan better be worth it"

Kalo misalnya lo dihadepin dalam sebuah pilihan: untuk menyelamatkan satu orang (yang sama sekali ga lo kenal & sama sekali lo ga tau dia ini worth to be saved ato enggak), tapi untuk melaksanakan misi itu, lo harus berusaha susah payah bahkan bisa2 lo ngorbanin diri lo sendiri hanya untuk satu orang itu aja. Apa yang bakal lo lakuin? Itu mungkin yang mau diangkat film ini.

Saving Private Ryan (1998)
bercerita mengenai perjuangan 8 orang tentara Amerika saat PD II, yang diantaranya adalah Capt. John Miller (Tom Hanks), Mike Hovart (Tom Sizemore), Richard Reiben (Edward Burns), Stanley Mellish (Adam Goldberg) dan Timothy Upham (Jeremy Davies) untuk mencari dan membawa pulang Pvt. James Ryan (Matt Damon). James adalah anak bungsu dari 4 bersaudara. Ketiga kakaknya telah tewas dalam perang tersebut, hal inilah yang membuat Jendral Marshall memutuskan untuk membawa pulang James.

Di tengah2 misi ini, 2 dari 8 tentara itu tewas. The accidents made the rest of them questioning the mission. Apakah James bener2 pantes untuk diselametin? Cukup pantes untuk mengorbankan nyawa mereka dalam misi ini? Dan bagaimana sikap mereka setelah mereka akhirnya menemukan James dan ternyata ia tidak mau meninggalkan pos nya.

The movie reminds me of Platoon, which I saw few weeks ago (or months). Jujur, dari segi cerita, Platoon bisa dibilang lebih dalem cerita nya. Tapi cerita film ini juga bagus, mempertanyakan hal yang sangat standar, lo bakal nyelametin siapa? Film ini ternyata berjalan dengan sangat halus, karena gak nyangka gw film nya ternyata lama banget, dan gw kira baru beberapa menit. Bahkan keliatannya kurang lama hahaha

Hands down, gw setuju kalo film ini berada dalam tingkat teratas film2 perang terbaik yang pernah dibuat. Hats off juga buat Stephen Spielberg, sang sutradara. Siapa sih yang ragu sama kehebatan sutradara terbaik saat ini? Film ini bisa dibilang masterpiece Spielberg setelah Schindler's List.

Dalam bidang akting, semua aktor mampu membawakan peran nya dengan cukup baik. Tom Hanks lagi2 bisa membuktikan bahwa ia adalah A-List Actor di Hollywood. Perannya sebagai seorang kapten yang harus berusaha tegar dan berwibawa di depan anak buah nya. Bahkan, Edward Burns, salah satu aktor yang paling gw ga suka karena suara nya yang sangat annoying, cukup bisa berperan.. lumayan lah.

Gw gak lebay, kalo sinematografi nya BEAUTIFULLY CAPTURED. Anjr!t, gw liat shot2 nya semua artistik dan gila banget deh. Jujur, sekarang ga lebay. Too many scenes which were totally totally memorable. Selain itu juga suara nya yang bener2 'real' bisa bikin kita ngerasa ada di perang itu. Warna nya juga gw suka banget, abu2 gelap gloomy gitu hahaha

Selain poin2 diatas, 20 menit pertama dalam film ini bisa dibilang adalah sebuah adegan perang yang paling realistis dan terbaik yang pernah dibuat. Adegan pelabuhan mereka di Normandy dengan 'sambutan' dari tentara Jerman dituturkan bener2 seperti nyata. Bullets everywhere, dead bodies everywhere. Tingkat gory nya bener2 bisa bikin muntah (ada yang usus nya keluar, tangannya ilang, tinggal setengah badan, dan lain2..). Selain adegan awal itu, adegan2 perang lain juga sangat menarik perhatian. Gw pernah baca dimana gitu, kalo veteran2 perang gak mampu dan ga tahan nonton film ini dikarenakan betapa real nya film ini menangkap suasana perang dunia ke dua beberapa taun silam (gila bahasa gw hahaha).

In conclusion: this is one of the best movies ever made. 5 Ocar (Director, Cinematography, Sound, Sound Effect, Editing) ditangan bener2 well-deserved, sayang ga menang Best Picture, harusnya menang tuh, daripada Shakespeare In Love (walaupun SiL ga jelek2 bgt). Untuk yang ga kuat sama adegan2 yg cukup gory, gw kasih warning aja, kalo film ini bener2 menunjukan beberapa adegan yang bisa membuat lo bergidik ngeri (bukan karena hantu tapi hahaha). Satu lagi film yang memiliki alasan untuk tidak melakukan perang. Pretty good story, VERY COOL AND AMAZING in technical sets, good acting too. Highly recommended...

Rating: 8.8/10

4 comments:

  1. terbayar deh nonton hampir 3 jam....

    ReplyDelete
  2. hahaha iya fi, gw bener2 ga nyadar lo film nya selama itu

    ReplyDelete
  3. Oh My God!! this movie is awesome!! I've seen it more than 10times and still got tears on my eyes. I wanted to write about it but something else keep showing up and always delayed it.

    This movie is my number one movie of all Tom hanks' movie (he is my fav actor based on acting ability, Keanu is my fav based on physic :))

    ReplyDelete
  4. hmmm kykny keren nih!! jadi pengen nonton hehehe, btw ada rekomendasi tempat beli dvd kopian tapi bagus??

    ReplyDelete